Situasi di Suriah Semakin tak Menentu

DAMASKUS, (PRLM).-Situasi Suriah semakin tidak menentu. Konflik antara pasukan pemerintah dan oposisi masih terus berkecamuk, bahkan mengeskalasi sehingga korban jiwa terus bertambah.

Dilaporkan korban meninggal dalam konflik yang sudah berlangsung selama 22 bulan itu mencapai lebih dari 65.000 orang.

Begitu juga dengan jumlah pengungsi Suriah, setiap hari terus bertambah dan keadaan mereka ini dilaporkan sangat memprihatinkan.

Parahnya, berdasarkan data PBB, mayoritas pengungsi Suriah masih anak-anak.

Menurut koordinator Regional UNHCR (Badan PBB Urusan Pengungsi) untuk Suriah, Panos Moumtzis, Minggu (20/1), jumlah pengungsi anak-anak di luar negeri yang saat ini mencapai 642 ribu orang. Jumlah total pengungsi Suriah saat ini mencapai 1,1 juta orang.

Dengan demikian, lebih dari separuh pengungsi Suriah tersebut masih berstatus anak-anak.

Seperti diketahui, krisis Suriah yang meletup sejak Maret 2011 lalu, telah menyebabkan rakyat Suriah mengungsi ke negara-negara tetangga, seperti Turki, Libanon, Yordania, Irak, Mesir, dan negara-negara di Afrika Utara. (A-133/A-89)***

Baca Juga

WNI di Singapura Terjangkit Virus Zika

SINGAPURA, (PR).- KBRI Singapura telah menerima konfirmasi resmi dari Kementerian Kesehatan Singapura mengenai adanya satu warga negara indonesia yang positif terjangkit virus zika dengan gejala yang ringan sehingga tidak memerlukan rawat inap.

Jokowi Dorong Kerja Sama Bidang Maritim ASEAN-Jepang

JAKARTA, (PR).- Presiden RI Joko Widodo mendorong penguatan kerja sama antara negara-negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara dengan Jepang selaku mitra kawasan.

Polisi Tangkap Pelaku Serangan Teror di Sydney

SYDNEY, (PR).- Otoritas kepolisian New South Wales berhasil menangkap terduga teroris pengikut ISIS yang berencana melakukan serangan teror di Gedung Opera, Sydney pada tanggal 9 September lalu.