Situasi di Suriah Semakin tak Menentu

LUAR NEGERI

DAMASKUS, (PRLM).-Situasi Suriah semakin tidak menentu. Konflik antara pasukan pemerintah dan oposisi masih terus berkecamuk, bahkan mengeskalasi sehingga korban jiwa terus bertambah.

Dilaporkan korban meninggal dalam konflik yang sudah berlangsung selama 22 bulan itu mencapai lebih dari 65.000 orang.

Begitu juga dengan jumlah pengungsi Suriah, setiap hari terus bertambah dan keadaan mereka ini dilaporkan sangat memprihatinkan.

Parahnya, berdasarkan data PBB, mayoritas pengungsi Suriah masih anak-anak.

Menurut koordinator Regional UNHCR (Badan PBB Urusan Pengungsi) untuk Suriah, Panos Moumtzis, Minggu (20/1), jumlah pengungsi anak-anak di luar negeri yang saat ini mencapai 642 ribu orang. Jumlah total pengungsi Suriah saat ini mencapai 1,1 juta orang.

Dengan demikian, lebih dari separuh pengungsi Suriah tersebut masih berstatus anak-anak.

Seperti diketahui, krisis Suriah yang meletup sejak Maret 2011 lalu, telah menyebabkan rakyat Suriah mengungsi ke negara-negara tetangga, seperti Turki, Libanon, Yordania, Irak, Mesir, dan negara-negara di Afrika Utara. (A-133/A-89)***

Baca Juga

Tiga Jenderal Burundi Ditangkap Pasca Kudeta Gagal

LUAR NEGERI

BUJUMBARA, (PRLM).- Pihak berwenang Burundi mengatakan telah menangkap tiga jenderal terkait upaya kudeta hari Rabu (13/5/2015) terhadap Presiden Pierre Nkurunziza.

Sebelas Calon Presiden Partai Republik Berkumpul di Iowa

LUAR NEGERI

IOWA, (PRLM).- Sebelas kandidat calon presiden Partai Republik yang akan bertarung pada pemilu presiden Amerika tahun 2016 berkumpul di negara bagian Iowa hari Sabtu (16/5/2015).

Tiga Tentara Ukraina Tewas oleh Separatis

LUAR NEGERI

KIEV, (PRLM).- Ukraina mengatakan tiga tentaranya tewas dan 17 terluka dalam pertempuran baru dengan separatis pro-Rusia di Ukraina timur, sementara gencatan senjata di wilayah tersebut terus goyah.

Duta Besar Burhan Muhammad Meninggal Dunia

LUAR NEGERI

SINGAPURA, (PRLM).- Kementerian Luar Negeri RI telah kehilangan salah satu Diplomat terbaiknya dengan meninggalnya Duta Besar RI untuk Pakistan, Burhan Muhammad yang menutup usia pada tanggal 19 Mei 2015 pukul 00.50 (waktu setempat) di Singapore General Hospital, Singapura pada usia 58 tahun.