Pemerintah Harus Evaluasi Program Kebun Bibit Rakyat

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Sejak tahun 2010 pemerintah memberikan bantuan Kebun Bibit Rakyat (KBR) sebesar Rp. 50 juta untuk masyarakat dengan target menghasilkan 50 ribu bibit. Namun, pada tahun 2012, terjadi perubahan target dengan bantuan yang sama masyarakat di pulau Jawa ditarget menghasilkan 40.000 bibit dan masyarakat di luar pulau jawa ditarget menghasilkan 25.000 bibit.

“Untuk masyarakat yang senang menanam sengon, target itu mungkin bisa tercapai. Masyarakat senang dan Kemenhut juga senang karena program berjalan sesuai harapan”, kata anggota Komisi IV DPR-RI, Habib Nabiel Almusawa, kepada PRLM, Minggu (13/1/13).

Tetapi bagi masyarakat yang antusiasnya menanam karet seperti di Kalimantan Selatan, target tersebut sangat membebani mereka. “Di sini masyarakat juga bersemangat. Tapi semangatnya untuk mandapatkan uang bantuan sehingga mereka membuat pembibitan dengan menanam pohon apa saja yang penting mencapai target. Karena mencapai target, program KBR dianggap sukses. Tetapi belum tentu bibit itu kemudian oleh mereka ditanam di lahan kritis," katanya.

Kasus lain, mereka benar-benar membibitkan karet. Tetapi untuk mencapai target, maka karet yang dibibitkan itu bukan jenis karet yang berkualitas. Jenis karet itu hanya cocok sebagai batang bawah karet. “Mereka enggan menanam di lahan kritis karena jenis karet itu tidak akan menghasilkan getah karet yang menguntungkan”, katanyanya.

Sebagai gambaran, untuk membuat 1 bibit karet berkualitas siap tanam biaya produksinya berkisar antara Rp. 2.500 hingga Rp. 4.000 dan diperlukan waktu antara 12-18 bulan. Kalau biaya termurah adalah Rp. 2500, maka dengan Rp. 50 juta hanya akan dihasilkan maksimal 20 ribu bibit karet.

“Jadi untuk karet, target maksimal hasil KBR adalah 20 ribu bibit. Untuk hasil tersebut, masyarakat sudah banyak berkorban tenaga dan waktu”, katanya. (A-71/A-108)***

Baca Juga

Jemuran Hiasi Monumen Perjuangan Rakyat

BANDUNG RAYA
PAKAIAN dijemur di pagar kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Jabar, Jalan Dipatukur, Kota Bandung, Selasa (12/1/2016). Fasilitas umum yang dibuat dengan nyaman oleh pemerintah, kadang menjadi rusak dan tidak indah karena kesadaran warga untuk menjaganya mas

Tunjangan Perumahan DPRD Kab. Bandung Ditaksir Rp 808 Juta/Bulan

BANDUNG RAYA
Tunjangan Perumahan DPRD Kab. Bandung Ditaksir Rp 808 Juta/Bulan

SOREANG, (PRLM).- Tahun ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bandung mengajukan tunjangan perumahan untuk pimpinan DPRD maksimal sebesar Rp 18 juta per bulannya, sedangkan tunjangan perumahan anggota mencapai Rp 16 juta per bulannya.

Prajurit Harus Terus Belajar

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Pendidikan Sejurla Alnavud (Sekolah Kejuruan Lanjutan Alat Navigasi Udara) Angkatan ke-26 dan Sejurla Sarharrad (Sekolah Kejuruan Lanjutan Dasar Pemeliharaan Radio) angkatan ke-34, dibuka oleh Komandan Lanud Sulaiman, Olot Dwi Cahyono, di Gedung Balai Prajurit Cendrawasih Lanud

Jalur Baru untuk Refleksi di Lapangan Upakarti

BANDUNG RAYA
Jalur Baru untuk Refleksi di Lapangan Upakarti