Empat Desa di Sumedang Hasilkan Sampah 12 Ton per Hari

JAWA BARAT

SUMEDANG, (PRLM).- Produksi sampah dari empat desa di Kecamatan Jatinangor mencapai 12 ton dalam satu hari, namun hal ini diperparah dengan kurangnya armada untuk menarik sampah tersebut.

Hal diatas dikatakan oleh Komar Supriyadi yang menjabat Koordinator Lapangan Komunitas Peduli Sampah Jatinangor (KPSJ) saat diwawancarai di Jatinangor, Selasa (8/1/13).

Sampah-sampah tersebut kata Komar berasal dari Desa Hegarmanah, Desa Cikeruh, Desa Cibeusi dan Desa Sayang.

"Kami hanya memiliki satu truk pengangkut sampah untuk wilayah ini, itupun milik Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sumedang, sedangkan pemanfaat jasa kami untuk membersihkan sampah ini jumlahnya sekitar 400 KK," katanya.

Komar memaparkan lebih jauh bahwa ternyata masih banyak kekurangan segi pelayanan dengan alasan keterbatasan fasilitas, bahkan tingkat kesadaran warga membayar retribusi hanya sekitar 70 persen dari seluruh pemanfaat jasa tersebut.

"Kami mencoba untuk memberikan pelayanan terbaik, namun tetap saja terkendala fasilitas. Besaran Retribusi sampah yang diterapkan kepada pelanggan sebatas kesadaran warga," ujarnya.

Sementara itu Komar menjelaskan bahwa Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) yang berada di Dusun Seke Angkrik, Desa Cibeusi yang lahannya merupakan milik IPDN dinilai tidak refresentatif, karena menurutnya TPS tersebut semrawut sehingga menghambat pengiriman sampah ke tempat tersebut.

Namun kata dia meski demikian, kendala apapun tidak menyurutkan tekad KPSJ untuk sumbangsih menciptakan Jatinangor nyaman bebas sampah. "Semoga pemerintah daerah turut membantu KPSJ terkait fasilitas armada pengangkut sampah," ujarnya. (A-211/A-88)***

Baca Juga

Prajurit Yonif 321 Majalengka Lakukan Serpas

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Pasi-1/Intel Batalyon Infanteri 321 Kostrad Letnan Satu Iyus Ibnu Khajar melepas keberangkatan prajurit Yonif 321 Brigade Infanteri 13 Divisi Infanteri 1/Kostrad yang akan menuju Puslatpur Baturaja, di markas Batalyon Infanteri 321 Kostrad Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Pengemis Manfaatkan Momen Sedekah Ramadan

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Persoalan Gelandangan, Pengemis, dan Orang Terlantar (GPOT) menjadi permasalahan klasik yang sulit ditangani di Kota Tasikmalaya. Bukannya semakin berkurang, jumlahnya diduga kuat terus bertambah seiring perkembangan kehidupan sosial yang dialami oleh Kota Tasikmalaya.

Pencalonan Panglima TNI Jangan Timbulkan Kegaduhan

JAWA BARAT

MAJALENGKA,(PRLM).- Anggota Komisi I DPR RI, Mayjen (Purn) TB Hasanudin berharap tidak ada kegaduhan di negeri ini terkait pencalonan Panglima TNI oleh presiden, yang kembali berasal dari matra TNI Angkatan Darat, Jenderal Gatot Nurmantyo, pengangkatan tersebut sepenuhnya menjadi hak perograti

Pemilik Belum Ambil Dana Ganti Rugi Tol di PN Majalengka

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Dana pembebasan lahan tol Cikampek-Palimanan-Kertajati di Kabupaten Majalengka yang dikonsinyasi di Pengadilan Negeri (PN) Majalengka masih sebesar Rp 7 miliaran belum diambil para pemilik tanah.