Warga Rancaekek Pertanyakan Keseriusan Pengerukan Sungai oleh BBWS

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Warga Rancaekek, Kabupaten Bandung mempertanyakan progress Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang berjanji akan mengeruk sungai-sungai di kawasan Rancaekek, karena hingga saat ini belum ada upaya yang terlihat dari pihak BBWS dalam menangani permasalahan itu.

"Belum ada progress dari BBWS untuk memberikan penanganan khususnya penanganan pengerukan sungai-sungai di kawasan Rancaekek, seperti Sungai Cikeruh, Citarik, Cimanje yang luapannya menjadi penyebab banjir yang sempat melumpuhkan Rancaekek," kata Anggota Komisi A, Cecep Suhendar, saat diwawancarai di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, di Jalan Raya Soreang, Senin (7/1/13).

Cecep mengatakan bahwa BBWS harus memberitahukan kepada warga tentang progress yang dilakukannya untuk menangani banjir tersebut.

Dalam pekan ini pun kata Cecep warga Rancaekek akan mengundang secara langsung pihak BBWS, BBWS diminta Ikut dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rancaekek, agar warga bisa paham tentang apa yang akan dilakukan oleh pihak BBWS.

Dengan cara tersebut diharapkan kata Cecep warga bisa ikut andil dalam memelihara sungai-sungai yang ada di kawasan Rancaekek tersebut, dengan sukarela.

Sementara itu menurut Kepala BBWS Provinsi Jawa Barat, Hasanudin, mengakui jika pengerukan baru akan dilakukan pada tahun 2013 ini.

"Untuk sementara memang sudah dilakukan beberapa pengererukan darurat, di sungai-sungai yang ada di Rancaekek, dan untuk luapan sungai Cikijing yang berada di depan PT Kahatex kami sediakan pompa-pompa untuk menyedot luapan air," ujarnya saat dihubungi via telepon pada Senin (7/1).

Namun, kata Hasanudin untuk pengerukan dan pembangunan pelebaran yang permanen, baru akan dilakukan tahun 2013. (A-211/A-88)***

Baca Juga

Tim Gabungan Kembali Menggeledah Rumah di Bojong Malaka

BANDUNG RAYA
TIM gabungan kepolisian melakukan penggeledahan di sebuah rumah di Kompleks Bojong Malaka Indah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Selasa (12/1/2016). Rumah yang digeledah tersebut diduga merupakan rumah terduga teroris yang diamankan Densus 88 Antite

SOREANG, (PRLM).- Tim gabungan Polda Jabar, Polres Bandung, Polrestabes Bandung, Unit Jibom Brimob Polda Jabar, dan Densus 88 Antiteror, kembali menggeledah sebuah rumah di Kompleks Bojong Malaka Indah, Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Selasa (12/1/2016).

Pemkab Bandung Sediakan Rp 325 Juta Untuk Fogging Gratis

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Mengantisipasi penyakit yang timbul akibat anomali cuaca khususnya penyakit demam berdarah dangue, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung mengalokasikan Rp 325 juta pada tahun ini untuk program fogging gratis kepada masyarakat.

Anak Hanyut Terseret Limpasan Air

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Tingginya curah hujan membuat air melimpas dari saluran drainase menyeret seorang anak laki-laki yang sedang berjalan kaki melintasi ruas perempatan Jln. Kolonel Masturi Kota Cimahi, Rabu (13/1/2016). Tubuh anak tersebut hanyut masuk ke saluran air dan masih dalam pencarian.

Bebek Berjemur di Sawah yang Masih Ada

BANDUNG RAYA
SEKELOMPOK bebek berjemur di pematang sawah yang masih ada di persimpangan Jln. Tanjungsari Asri - Sindang Sari, Kel. Antapani Wetan, Kota Bandung, Jumat (15/1/2016). Alih fungsi lahan mendesak sawah-sawah produktif di perkotaan.*