Headlines

Bagian Atas Monumen Tugu Kujang Patah

USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"
USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"
TUGU Kujang patah dan nyaris jatuh di Monumen Tugu Kujang di bundaran Jln. Laswi dan Jln. Anggadireja, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (7/1/2013). Menurut warga sekitar tugu tersebut patah oleh angin kencang beberapa waktu lalu, namun belum ada perbaikan dari instansi terkait. Padahal keberadaannya membahayakan warga yang melintasi kawasan tersebut.*

SOREANG,(PRLM).-Sudah satu bulan lebih kujang yang ada di atas tugu juang Baleendah di Jalan Baleendah potong dan masih menggelayut di atas. Kondisi tersebut dicemaskan oleh warga, karena dikhawatirkan copot sewaktu-waktu.

Suminar (43) salah seorang warga setempat yang berjualan di pinggir jalan depan tugu mengatakan, patahnya kujang tersebut terjadi pada akhir November 2012 lalu ketika hujan deras disertai angin kencang.

“Kujang itu tertiup angin sepertinya lalu patah. Saya baru mengetahui pada pagi harinya. Tetapi kondisinya sekarang lebih parah dari sebelumnya. Ini seperti yang sudah mau copot dan jatuh,” ucapnya ketika ditemui di halaman tugu, Senin (7/1).

Patahnya kujang itu, Suminar menduga dikarenakan lapuk atau tidak kuatnya pondasi. Atau kencangnya tiupan angin ketika hujan.

Tugu juang Baleendah itu sendiri memiliki tinggi sekitar 30 meter dari tanah. Kemudian, tinggi kujangnya sendiri sekitar dua meter. Dan, kini kondisinya kujang tersebut hanya tertahan oleh satu besi cor saja.

Dikhawatirkan apabila terjadi angin kencang atau hujan deras, besi tersebut tidak mampu menahan beban kujang. Dan, akhirnya jatuh ke bawah.

Suminar cemas dengan kondisi seperti itu. Sebab, setiap hari Minggu tugu tersebut selalu dikunjungi oleh banyak orang yang hendak berolahraga.

“Akhirnya petugas di sini memasang pagar pada pintu masuk. Dengan maksud agar tidak ada orang yang naik ke tugu. Sebab, kondisinya masih berbahaya sekarang,” ucapnya.

Namun demikian, walau telah dipasangi pagar dengan tali. Masih saja ada warga yang membandel naik ke atas tugu.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor Baleendah Ajun Komisaris Susianti mengungkapkan apabila dirinya menghawatirkan keselamatan warga. Pasalnya, jika kujang itu tidak segera diperbaiki, akan dapat memakan korban.

“Saya khawatir misal hari Minggu pagi ketika banyak orang, kujang itu jatuh. Singkat kata, saya berharap kujang itu segera diperbaiki sebelum memakan korban,” katanya.

Sementara itu, Camat Baleendah Uka Suska Puji Utama mengatakan telah melaporan kondisi kujang itu. Dan, dia mengungkapkan tugu tersebut akan segera diperbaiki.

“Tugu juang, yakni kujang yang potong akan segera diperbaiki. Dan, kami telah melaporkan, dan berkoordinasi dengan instansi terkait,” jelasnya. (A-195/A-107)