Jumlah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Meningkat

PENDIDIKAN

SOREANG, (PRLM).- Setelah keluar Perda Kewajiban Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) membuat jumlah DTA Kab. Bandung meningkat drastis. Sebelum tahun 2010 jumlah DTA sekitar 1.500 buah, namun kini melonjak pesat menjadi 2.500 buah.

"Peningkatan juga terjadi dalam jumlah guru-guru DTA yang kini berjumlah sekitar 14.000 orang," kata Kasi Pekapontren Kemenag Kab. Bandung, H. Oni Suryana, di ruang kerjanya, Jumat (4/1/2013).

Menurut H. Oni, peningkatan jumlah DTA juga dipicu dengan adanya bantuan kesejahteraan dari Pemkab Bandung yang setiap tahun dianggarkan dalam APBD Kab. Bandung. "Kemenag sebagai lembaga pembina dan pengawas bertanggung jawab DTA berupaya meningkatkan mutu DTA. Misalnya, penyeragaman kurikulum, pembinaan guru, dan pengelolaan administrasi," ujarnya.

Hanya, Oni mengakui kelemahan DTA dalam pengelolaan karena semua DTA berstatus swasta dan swadaya dari masyarakat. "Warga memanfaatkan masjid, musala, atau mendirikan bangunan sederhana untuk DTA sehingga dalam segi pengelolaannya masih lemah," katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Lomba 'Tesis Saya Dalam Tiga Menit' di Prancis

PENDIDIKAN

NANCY, (PRLM).- Sejumlah mahasiswa doktoral Prancis ikut serta dalam lomba untuk menjelaskan riset mereka hanya dalam waktu tiga menit untuk menguji ketajaman dan kefasihannya.

Lomba yang digelar di kota Nancy itu diberi nama 'Tesis saya dalam tiga menit'.

Ratusan Anggota PGM Akan Datangi Kantor Kemenag Jabar

PENDIDIKAN
Ratusan Anggota PGM Akan Datangi Kantor Kemenag Jabar

KUNINGAN, (PRLM).-Ratusan orang perwakilan guru madrasah swasta di Kabupaten Kuningan, akan mendatangi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat pada Selasa (9/6/2015).

139 Prodi di Jateng Terkena Sanksi BANPT

PENDIDIKAN

SOLO, (PRLM).- Di Jawa Tengah terdapat 139 program studi (Progdi) di antara 1.138 Progdi berbagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS), yang tahun 2015 ini tidak diizinkan mewisuda mahasiswa, menerbitkan ijazah, menyelenggarakan ujian skripsi dan sebagainya, karena akreditasinya kadaluwarsa.