Jumlah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Meningkat

SOREANG, (PRLM).- Setelah keluar Perda Kewajiban Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) membuat jumlah DTA Kab. Bandung meningkat drastis. Sebelum tahun 2010 jumlah DTA sekitar 1.500 buah, namun kini melonjak pesat menjadi 2.500 buah.

"Peningkatan juga terjadi dalam jumlah guru-guru DTA yang kini berjumlah sekitar 14.000 orang," kata Kasi Pekapontren Kemenag Kab. Bandung, H. Oni Suryana, di ruang kerjanya, Jumat (4/1/2013).

Menurut H. Oni, peningkatan jumlah DTA juga dipicu dengan adanya bantuan kesejahteraan dari Pemkab Bandung yang setiap tahun dianggarkan dalam APBD Kab. Bandung. "Kemenag sebagai lembaga pembina dan pengawas bertanggung jawab DTA berupaya meningkatkan mutu DTA. Misalnya, penyeragaman kurikulum, pembinaan guru, dan pengelolaan administrasi," ujarnya.

Hanya, Oni mengakui kelemahan DTA dalam pengelolaan karena semua DTA berstatus swasta dan swadaya dari masyarakat. "Warga memanfaatkan masjid, musala, atau mendirikan bangunan sederhana untuk DTA sehingga dalam segi pengelolaannya masih lemah," katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Mulai Tahun Ini Unpad Buka Prodi Kedokteran Hewan

BANDUNG,(PR).- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengapresiasi Universitas Padjadjaran (Unpad) yang mulai tahun 2016 ini telah membuka program studi (prodi) baru, yakni Prodi Kedokteran Hewan. Prodi ini berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran Unpad.

250 Mahasiswa Indonesia Tambah Ilmu di Prancis

JAKARTA, (PR).- Institut Prancis di Indonesia (IFI) – Kedutaan Besar Prancis di Indonesia menggelar acara seminar keberangkatan dan persiapan studi bagi calon mahasiswa Indonesia di Prancis pada 12 Juli 2016 di Soehanna Hall Jakarta.

Soal MOS, DPR Apresiasi Permendikbud

JAKARTA, (PR).- Anggota Komisi X DPR RI Yayuk Sri Rahayuningsih mengaku setuju dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang mengeluarkan Peraturan Mendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi Siswa Baru.