Jumlah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Meningkat

PENDIDIKAN

SOREANG, (PRLM).- Setelah keluar Perda Kewajiban Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) membuat jumlah DTA Kab. Bandung meningkat drastis. Sebelum tahun 2010 jumlah DTA sekitar 1.500 buah, namun kini melonjak pesat menjadi 2.500 buah.

"Peningkatan juga terjadi dalam jumlah guru-guru DTA yang kini berjumlah sekitar 14.000 orang," kata Kasi Pekapontren Kemenag Kab. Bandung, H. Oni Suryana, di ruang kerjanya, Jumat (4/1/2013).

Menurut H. Oni, peningkatan jumlah DTA juga dipicu dengan adanya bantuan kesejahteraan dari Pemkab Bandung yang setiap tahun dianggarkan dalam APBD Kab. Bandung. "Kemenag sebagai lembaga pembina dan pengawas bertanggung jawab DTA berupaya meningkatkan mutu DTA. Misalnya, penyeragaman kurikulum, pembinaan guru, dan pengelolaan administrasi," ujarnya.

Hanya, Oni mengakui kelemahan DTA dalam pengelolaan karena semua DTA berstatus swasta dan swadaya dari masyarakat. "Warga memanfaatkan masjid, musala, atau mendirikan bangunan sederhana untuk DTA sehingga dalam segi pengelolaannya masih lemah," katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Minim, Bantuan untuk Guru PAUD

PENDIDIKAN

SOREANG,(PRLM).- Jumlah lembaga Pendidikan Aanak Usia Dini (PAUD) non formal di Kab. Bandung amat besar mencapai 1.400 buah. Sedangkan jumlah guru PAUD non formal sampai 2.775 orang dengan bantuan dari pemerintah yang masih minim.

Sekolah di Jabar Peserta UN CBT Relatif Sedikit

PENDIDIKAN

BANDUNG, (PRLM).- Jumlah sekolah peserta ujian nasional berbasis komputer di Jawa Barat, masih relatif sedikit. Jumlah sekolah yang menyatakan kesiapannya mengikuti UN berbasis komputer itu baru ada sekitar 57 sekolah.

Ohle Goes to Kampus di Aula Barat ITB

PENDIDIKAN

100 Mahasiswa Ikuti Program Kader Pemimpin Muda

PENDIDIKAN

DEPOK, (PRLM).- Tidak kurang dari 100 kader pemimpin muda yang terseleksi dari seluruh Indonesia akan mengikuti rangkaian Program Persiapan Keberangkatan (PK) sebelum menimba ilmu di Universitas tujuan masing-masing, baik di dalam negeri maupun luar negeri.