Jumlah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Meningkat

PENDIDIKAN

SOREANG, (PRLM).- Setelah keluar Perda Kewajiban Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) membuat jumlah DTA Kab. Bandung meningkat drastis. Sebelum tahun 2010 jumlah DTA sekitar 1.500 buah, namun kini melonjak pesat menjadi 2.500 buah.

"Peningkatan juga terjadi dalam jumlah guru-guru DTA yang kini berjumlah sekitar 14.000 orang," kata Kasi Pekapontren Kemenag Kab. Bandung, H. Oni Suryana, di ruang kerjanya, Jumat (4/1/2013).

Menurut H. Oni, peningkatan jumlah DTA juga dipicu dengan adanya bantuan kesejahteraan dari Pemkab Bandung yang setiap tahun dianggarkan dalam APBD Kab. Bandung. "Kemenag sebagai lembaga pembina dan pengawas bertanggung jawab DTA berupaya meningkatkan mutu DTA. Misalnya, penyeragaman kurikulum, pembinaan guru, dan pengelolaan administrasi," ujarnya.

Hanya, Oni mengakui kelemahan DTA dalam pengelolaan karena semua DTA berstatus swasta dan swadaya dari masyarakat. "Warga memanfaatkan masjid, musala, atau mendirikan bangunan sederhana untuk DTA sehingga dalam segi pengelolaannya masih lemah," katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

NIDK Diharapkan Perbaiki Rasio Dosen - Mahasiswa

PENDIDIKAN

JAKARTA, (PRLM).- Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan rasio dosen - mahasiwa yang terjadi di perguruan tinggi di Indonesia saat ini.

PTN Penyelenggara SNMPTN Bertambah

PENDIDIKAN

JAKARTA,(PRLM).- Jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) yang menyelenggarakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 bertambah. Jika tahun lalu hanya diikuti oleh 65 PTN, tahun ini bertambah 13 PTN sehingga total terdapat 78 PTN yang mengikuti SNMPTN.

Ujian Saringan Masuk Tahap 1 Unpar

PENDIDIKAN
Ujian Saringan Masuk Tahap 1 Unpar

Pontren Al Ikhwan Kembangkan Batik

PENDIDIKAN

BANDUNG,(PRLM).- Pondok pesantren Al Ikhwan Jln. Cigadung Timur mengubah wajahnya dengan menjadi pesantren batik yang disebut ngaji batik. Diharapkan dari pelatihan batik ini akan melahirkan santri maupun warga yang menguasai teknik membatik.