Aktivis Kesundaan Protes Penghilangan Basa Sunda

BANDUNG, (PRLM).- Puluhan pengunjuk rasa menyatakan penolakannya terhadap Kurikulum 2013 yang meniadakan pelajaran Basa Sunda sebagai muatan lokal. Mereka berunjuk rasa di Jln. Diponegoro. Kota Bandung, Senin (31/12), di depan Gedung Sate.

Unjuk rasa itu dilakukan dalam bentuk aksi budaya yang diikuti berbagai elemen masyarakat. Di antaranya mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Sunda, Komunitas Iket Sunda Sawawa, Paguyuban Sundawani Wirabuana, dan berbagai organisasi aktivis kesundaan dari Bandung, Ciamis, Garut, Kuningan, Sumedang, Sukabumi, dan lain-lain.

Aksi budaya itu ditujukan untuk menolak Kurikulum 2013 yang menghilangkan pelajaran daerah. Hal itu dinilai bertentangan dengan UUD 1945 dan UU Sistem Pendidikan Nasional. (A-160/A-147)***

Baca Juga

Efisiensi Anggaran, Fakultas Keilmuan Serumpun Akan Digabungkan

JAKARTA, (PR).- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mewacanakan penggabungan fakultas yang dianggap memiliki latar keilmuan serumpun. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat biaya operasional kampus.

Merger PTS akan Dipermudah

JAKARTA, (PR).- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan membentuk panitia khusus untuk mengawal percepatan proses penggabungan (merger) beberapa perguruan tinggi swasta (PTS).

KKP Tunjuk SMPN 1 Pangandaran Sebagai Sekolah Pantai Indonesia

PARIGI, (PR).- Untuk menumbuhkan kepedulian dan kecintaan terhadap ekosistem laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menujuk SMP Negeri 1 Pangandaran sebagai Sekolah Pantai Indonesia (SPI). Demikian dikatakan Dodi Budiana Kepala Sekolah SMPN 1 Pangandaran.