Aktivis Kesundaan Protes Penghilangan Basa Sunda

BANDUNG, (PRLM).- Puluhan pengunjuk rasa menyatakan penolakannya terhadap Kurikulum 2013 yang meniadakan pelajaran Basa Sunda sebagai muatan lokal. Mereka berunjuk rasa di Jln. Diponegoro. Kota Bandung, Senin (31/12), di depan Gedung Sate.

Unjuk rasa itu dilakukan dalam bentuk aksi budaya yang diikuti berbagai elemen masyarakat. Di antaranya mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Sunda, Komunitas Iket Sunda Sawawa, Paguyuban Sundawani Wirabuana, dan berbagai organisasi aktivis kesundaan dari Bandung, Ciamis, Garut, Kuningan, Sumedang, Sukabumi, dan lain-lain.

Aksi budaya itu ditujukan untuk menolak Kurikulum 2013 yang menghilangkan pelajaran daerah. Hal itu dinilai bertentangan dengan UUD 1945 dan UU Sistem Pendidikan Nasional. (A-160/A-147)***

Baca Juga

Netty Heryawan: Pelajar tak Boleh Takut Hadapi UNBK

BUNDA Literasi Jawa Barat, Netty Heryawan menegaskan pelajar SMA/SMK tidak boleh takut menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bulan April mendatang.

6.000 Guru Ikut Membuat Soal USBN 2017

JAKARTA, (PR).- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melibatkan 6.000 guru dalam pembuatan soal Ujian Sekolah Berstandar Basional (USBN) 2017.

PSDKU Diharapkan Percepat Peningkatan APK Jabar

PANGANDARAN, (PR).- Kehadiran Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) diharapkan dapat mempercepat peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK). Jawa Barat diketahui hanya memiliki enam kampus Perguruan Tinggi Negeri, sementara penduduk mencapai lebih dari 46 juta jiwa.