Aktivis Kesundaan Protes Penghilangan Basa Sunda

PENDIDIKAN

BANDUNG, (PRLM).- Puluhan pengunjuk rasa menyatakan penolakannya terhadap Kurikulum 2013 yang meniadakan pelajaran Basa Sunda sebagai muatan lokal. Mereka berunjuk rasa di Jln. Diponegoro. Kota Bandung, Senin (31/12), di depan Gedung Sate.

Unjuk rasa itu dilakukan dalam bentuk aksi budaya yang diikuti berbagai elemen masyarakat. Di antaranya mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Sunda, Komunitas Iket Sunda Sawawa, Paguyuban Sundawani Wirabuana, dan berbagai organisasi aktivis kesundaan dari Bandung, Ciamis, Garut, Kuningan, Sumedang, Sukabumi, dan lain-lain.

Aksi budaya itu ditujukan untuk menolak Kurikulum 2013 yang menghilangkan pelajaran daerah. Hal itu dinilai bertentangan dengan UUD 1945 dan UU Sistem Pendidikan Nasional. (A-160/A-147)***

Baca Juga

Dialog Disdik Angkat Tema "Jabar Menghafal"

PENDIDIKAN
NANDANG SUKANDA/PRLM

Subang Butuh Rp 30 M Untuk Memenuhi RKB

PENDIDIKAN

SUBANG, (PRLM).-Kabupaten Subang membutuhkan anggaran sebesar Rp 30 miliar untuk memenuhi kekurangan Ruang Kelas Baru maupun memperbaiki ruang kelas rusak. Sebab saat ini diperkirakan 10 persen dari total 6.000 ruang kelas mengalami rusak ringan hingga berat.

Buku SMA Disisipi Paham Wahabi

PENDIDIKAN

BANDUNG, (PRLM).- Menanggapi beredarnya buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang memuat tentang paham radikalisme, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Asep Hilman meminta kepala sekolah mengeceknya.

Madrasah Keluhkan BOS Belum Cair

PENDIDIKAN

SOREANG,(PRLM).- Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di bawah Kemenag mengeluhkan belum adanya pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) periode Januari-Maret 2015.