Harga Pakan Meroket

Peternak di Purwokerto Jual Ayam Petelur Peliharaan

EKONOMI

PURWOKERTO, (PRLM).- Para peternak ayam petelur di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Bumiayu Banjarnegara, Kebumen dan Purbalingga terancam bangkrut dengan meroketnya harga pakan. Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk membiaya peternakannya.

Kondisi ini menyebabkan populasi ayam di enam wilayah kabupaten terus merosot. Lima bulan lalu populasi ayam petelur mencapai 1,8 juta saat ini tinggal 1.5 juta ayam.

Agus Tjatur, Ketua Posko Ayam Indonesia Kabupaten Banyumas mengatakan, Kerugian yang dialami telah terjadi hampir selama lima bulan terakhir ini.

"Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk menutup ongkos produksi yang terus merugi akibat naiknya harga pakan," jelasnya, Minggu (30/12/12).

Kondisi ini mengakibatkan, populasi ayam petelur di enam wilayah sentra telur menurun.

Jumlah pengusaha peternakan ayam petelur di empat wilayah tersebut kurang lebih 200 pengusaha.

Dengan total populasi 1,8 juta ekor. Namun sekarang jumlah populasi terus menyusut. "Sekarang tinggal menyisakan populasi 1,5 juta ekor," kata Agus.

Sebenarnya pemerintah bisa membantu permodalan dengan kredit perbankan. "Seharusnya ada perbankan khusus untuk pertanian, peternak ayam," jelas Agus

Seperti di Thailand atau di Malaysia sudah ada bank yang sudah memberi pelayanan khusus kepada para petani atau peternak. (A-99/A-88)***

Baca Juga

Polda Jabar Bentuk Tim Khusus Pengawasan Distribusi Beras

EKONOMI

TASIKMALAYA, (PRLM).- Terkait maraknya peredaran beras sintetis, Kapolda Jabar, Mochammad Iriawan, Kamis (21/5/2015) mengatakan, tim sudah dibentuk untuk melakukan penelusuran terkait adanya temuan beras sintetis.

Berlian Tanpa Cacat Terjual Rp 285 Miliar

EKONOMI
PEMBELI batu berharga asal Afrika Selatan ini menyembunyikan jati dirinya.*

NEW YORK, (PRLM).- Sebuah berlian 100 karat tanpa cacat terjual US$22,1 atau sekitar Rp285,7 miliar di rumah lelang Sotheby's di New York, Amerika Serikat, hari Rabu (22/4/2015).

Potensi Perdagangan Asia Afrika Harus Ditindaklanjuti

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Kalangan dunia usaha Jawa Barat meminta pemerintah untuk segera menindaklanjuti sejumlah potensi perdagangan antara Indonesia dengan Afrika. Jalan yang telah terbuka melalui perhelatan peringatan Konferensi Asia Afrika harus dilanjutkan ke tahapan selanjutnya.

2015, Jangan Buru-buru Investasi Saham

EKONOMI

SEMARANG, (PRLM).- Keuntungan investasi saham pada 2015 ini diprediksikan tak akan sebergairah 2014. Hal itu karena belanja infrastruktur Pemerintah pada tahun ini tak segencar tahun sebelumnya.