Peternak di Purwokerto Jual Ayam Petelur Peliharaan

PURWOKERTO, (PRLM).- Para peternak ayam petelur di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Bumiayu Banjarnegara, Kebumen dan Purbalingga terancam bangkrut dengan meroketnya harga pakan. Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk membiaya peternakannya.

Kondisi ini menyebabkan populasi ayam di enam wilayah kabupaten terus merosot. Lima bulan lalu populasi ayam petelur mencapai 1,8 juta saat ini tinggal 1.5 juta ayam.

Agus Tjatur, Ketua Posko Ayam Indonesia Kabupaten Banyumas mengatakan, Kerugian yang dialami telah terjadi hampir selama lima bulan terakhir ini.

"Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk menutup ongkos produksi yang terus merugi akibat naiknya harga pakan," jelasnya, Minggu (30/12/12).

Kondisi ini mengakibatkan, populasi ayam petelur di enam wilayah sentra telur menurun.

Jumlah pengusaha peternakan ayam petelur di empat wilayah tersebut kurang lebih 200 pengusaha.

Dengan total populasi 1,8 juta ekor. Namun sekarang jumlah populasi terus menyusut. "Sekarang tinggal menyisakan populasi 1,5 juta ekor," kata Agus.

Sebenarnya pemerintah bisa membantu permodalan dengan kredit perbankan. "Seharusnya ada perbankan khusus untuk pertanian, peternak ayam," jelas Agus

Seperti di Thailand atau di Malaysia sudah ada bank yang sudah memberi pelayanan khusus kepada para petani atau peternak. (A-99/A-88)***

Baca Juga

APBN Tidak Cukup, Pemerintah Harapkan Investasi Riil

JAKARTA, (PR).- Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sama sekali tidak cukup mendanai proyek-proyek infrastruktur. Dalam lima tahun, hanya Rp 1.500 trliun APBN yang dapat dipakai untuk infrastruktur sementara dana yang dibutuhkan dalam lima tahun Rp4.900 triliun sampai Rp5.500 triliun.

Gazan Azka Rebut Juara Kompetisi Wirausaha DSC

JAKARTA, (PR).- Gazan Azka Ghafara (21), pemuda kelahiran Bandung 27 Juli 1995 berhasil menyabet gelar sebagai pemenang utama dalam kompetisi wirausaha Wismilak DSC 2016. Gazan berhak atas hadiah hibah modal Rp 500 juta rupiah dari total yang besarnya Rp 2 miliar.

Pertamina: CSR Jadi Investasi Keberlanjutan Pertumbuhan Perusahaan

JAKARTA, (PR).- Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menegaskan, pihaknya sebagai badan usaha milik negara di sektor energi terintegrasi, memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility) di