Harga Pakan Meroket

Peternak di Purwokerto Jual Ayam Petelur Peliharaan

EKONOMI

PURWOKERTO, (PRLM).- Para peternak ayam petelur di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Bumiayu Banjarnegara, Kebumen dan Purbalingga terancam bangkrut dengan meroketnya harga pakan. Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk membiaya peternakannya.

Kondisi ini menyebabkan populasi ayam di enam wilayah kabupaten terus merosot. Lima bulan lalu populasi ayam petelur mencapai 1,8 juta saat ini tinggal 1.5 juta ayam.

Agus Tjatur, Ketua Posko Ayam Indonesia Kabupaten Banyumas mengatakan, Kerugian yang dialami telah terjadi hampir selama lima bulan terakhir ini.

"Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk menutup ongkos produksi yang terus merugi akibat naiknya harga pakan," jelasnya, Minggu (30/12/12).

Kondisi ini mengakibatkan, populasi ayam petelur di enam wilayah sentra telur menurun.

Jumlah pengusaha peternakan ayam petelur di empat wilayah tersebut kurang lebih 200 pengusaha.

Dengan total populasi 1,8 juta ekor. Namun sekarang jumlah populasi terus menyusut. "Sekarang tinggal menyisakan populasi 1,5 juta ekor," kata Agus.

Sebenarnya pemerintah bisa membantu permodalan dengan kredit perbankan. "Seharusnya ada perbankan khusus untuk pertanian, peternak ayam," jelas Agus

Seperti di Thailand atau di Malaysia sudah ada bank yang sudah memberi pelayanan khusus kepada para petani atau peternak. (A-99/A-88)***

Baca Juga

Seminar Efisiensi dan Produktivitas Dalam MEA

EKONOMI
ALFONS Oude Lansink dari Universitas Wageningen Belanda memaparkan materi dengan judul "Measuring The Performance of Firms in Manufacturing Industry", pada Seminar Efisiensi dan Produktivitas dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), di Graha Sanusi Unpad, Ja

Peternak Sapi Perah di KBB Semakin Maju

EKONOMI

NGAMPRAH, (PRLM).- Para peternak sapi perah yang telah mengikuti program Fronterra Daily Scholarship di Selandia Baru mampu memproduksi lebih banyak susu berkualitas.

Kurangi Dampak Kebisingan Kegiatan Seismik, Pertamina Perkenalkan Vibroseis

EKONOMI
Kurangi Dampak Kebisingan Kegiatan Seismik, Pertamina Perkenalkan Vibroseis

INDRAMAYU, (PRLM).- Pertamina EP memperkenalkan alat Vibroseis untuk melakukan kegiatan seismik. Teknologi baru tersebut mampu mengurangi dampak kebisingan dibandingkan dengan pengeboran.

Zakat Profesi di Banjar Mencapai Rp 1,7 Miliar

EKONOMI

BANJAR, (PRLM).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Banjar berhasil mengumpulkan zakat profesi sebesar Rp 1,7 milar. Sebagian zakat tersebut disalurkan untuk membantu memperbaiiki rumah tidak layak huni (rutilahu).