Peternak di Purwokerto Jual Ayam Petelur Peliharaan

PURWOKERTO, (PRLM).- Para peternak ayam petelur di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Bumiayu Banjarnegara, Kebumen dan Purbalingga terancam bangkrut dengan meroketnya harga pakan. Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk membiaya peternakannya.

Kondisi ini menyebabkan populasi ayam di enam wilayah kabupaten terus merosot. Lima bulan lalu populasi ayam petelur mencapai 1,8 juta saat ini tinggal 1.5 juta ayam.

Agus Tjatur, Ketua Posko Ayam Indonesia Kabupaten Banyumas mengatakan, Kerugian yang dialami telah terjadi hampir selama lima bulan terakhir ini.

"Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk menutup ongkos produksi yang terus merugi akibat naiknya harga pakan," jelasnya, Minggu (30/12/12).

Kondisi ini mengakibatkan, populasi ayam petelur di enam wilayah sentra telur menurun.

Jumlah pengusaha peternakan ayam petelur di empat wilayah tersebut kurang lebih 200 pengusaha.

Dengan total populasi 1,8 juta ekor. Namun sekarang jumlah populasi terus menyusut. "Sekarang tinggal menyisakan populasi 1,5 juta ekor," kata Agus.

Sebenarnya pemerintah bisa membantu permodalan dengan kredit perbankan. "Seharusnya ada perbankan khusus untuk pertanian, peternak ayam," jelas Agus

Seperti di Thailand atau di Malaysia sudah ada bank yang sudah memberi pelayanan khusus kepada para petani atau peternak. (A-99/A-88)***

Baca Juga

Harga BBM Subsidi Dievaluasi Enam Bulanan

Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Turun 3 Persen

JAKARTA, (PR).- Turunnya harga BBM harus pula diikuti turunnya tarif anggkutan dan meningkatnya kualitas BBM serta adanya perbaikan distribusi terutama di luar pulau Jawa.

BSN Optimistis Produk SNI Mampu Hadapi MEA

JAKARTA, (PR).- Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya optimistis produk-produk Indonesia berstandar, termasuk yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) akan mampu bersaing dalam era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
 
PENGUNJUNG memilih sepatu yang dipamerkan pada UKM Fest 2012, di kampus Unpad, Jln. Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu (19/12/12). Selain pameran, acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad itu

UMKM Terkendala Pembiayaan Ekspor

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menilai, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki potensi dan keunggulan kreativitas dalam menghasilkan produk-produk ekspor.

Sektor Wisata Terus Tumbuh, tak Terpengaruh Krisis Global

PALEMBANG, (PR).- Meskipun krisis global terjadi beberapa kali, jumlah perjalanan wisatawan internasional tetap tumbuh positif. Sumber UN-WTO Tourism Highlight 2014, UN-WTO World Tourism Barometer 2015, dan WTTC 2015 menunjukan perjalanan wisatawan terus meningkat.