Harga Pakan Meroket

Peternak di Purwokerto Jual Ayam Petelur Peliharaan

EKONOMI

PURWOKERTO, (PRLM).- Para peternak ayam petelur di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Bumiayu Banjarnegara, Kebumen dan Purbalingga terancam bangkrut dengan meroketnya harga pakan. Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk membiaya peternakannya.

Kondisi ini menyebabkan populasi ayam di enam wilayah kabupaten terus merosot. Lima bulan lalu populasi ayam petelur mencapai 1,8 juta saat ini tinggal 1.5 juta ayam.

Agus Tjatur, Ketua Posko Ayam Indonesia Kabupaten Banyumas mengatakan, Kerugian yang dialami telah terjadi hampir selama lima bulan terakhir ini.

"Mereka mulai menjual ayam-ayamnya untuk menutup ongkos produksi yang terus merugi akibat naiknya harga pakan," jelasnya, Minggu (30/12/12).

Kondisi ini mengakibatkan, populasi ayam petelur di enam wilayah sentra telur menurun.

Jumlah pengusaha peternakan ayam petelur di empat wilayah tersebut kurang lebih 200 pengusaha.

Dengan total populasi 1,8 juta ekor. Namun sekarang jumlah populasi terus menyusut. "Sekarang tinggal menyisakan populasi 1,5 juta ekor," kata Agus.

Sebenarnya pemerintah bisa membantu permodalan dengan kredit perbankan. "Seharusnya ada perbankan khusus untuk pertanian, peternak ayam," jelas Agus

Seperti di Thailand atau di Malaysia sudah ada bank yang sudah memberi pelayanan khusus kepada para petani atau peternak. (A-99/A-88)***

Baca Juga

Pengangguran di Yogyakarta Sebanyak 63 Ribu

EKONOMI

YOGYAKARTA, (PRLM). - Sebanyak 63 ribu pengangguran masih ada di Yogyakarta. Jumlah tersebut berdasarakan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pedagang Angkringan Disuntik Dana

EKONOMI
MUKHIJAB/PRLM

YOGYAKARTA, (PRLM).- Lembaga Zakat, Infak dan Sadakah (Lazis) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menondasikan dana bantuan sebesar Rp 60 juta kepada 20 orang anggota masyarakat terpilih sebagai modal untuk mendirikan usaha angkringan

Jepang Sangat Pentingkan Kemitraan dengan Indonesia

EKONOMI

TOKYO, (PRLM).- Mengawali kunjungan resminya di Jepang, Presiden RI dan Ibu Negara melakukan pertemuan dengan Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko di Imperial Palace, Istana Akasaka.

Dinas Koperasi dan UMKM Bali Studi Banding ke Cianjur

EKONOMI
BISRI MUSFTOFA/PRLM

CIANJUR, (PRLM).- Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali menyambangi Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Cianjur di Jalan Gadog 3 Desa Gadog Kecamatan Pacet, Rabu (25/3/2015). Turut dalam rombongan tujuh konsultan PLUT-KUMKM Bali.