742 Koperasi di Kab. Bandung tak Aktif

EKONOMI

SOREANG,(PRLM).- Jumlah koperasi di Kab. Bandung sampai Mei 2012 mencapai 1.555 koperasi, namun koperasi yang aktif hanya 813 koperasi dan tak aktif 742 koperasi. Untuk itu, koperasi-koperasi harus diberdayakan agar aktif kembali dan bisa melayani masyarakat.

"Pemkab Bandung berupaya mendorong agar koperasi-koperasi bisa tumbuh dan maju. Namun semuanya tergantung kepada pengurus dan anggota koperasi," kata Sekda Kab. Bandung, H. Sofian Nataprawira, MP, dalam Rakerda Dekopinda Kab. Bandung, Rabu (19/12).

Dari data Dekopinda Kab. Bandung, di Kecamatan Baleendah jumlah koperasi sebanyak 82 buah dengan 48 koperasi berstatus aktif dan tak aktif 34 koperasi, "Sedangkan di Kec. Pangalengan jumlah koperasi sebanyak 119 buah dengan koperasi aktif 45 buah dan koperasi tak aktif 74 buah," ujarnya.

Sedangkan di Kec. Soreang jumlah koperasi sama dengan Kec. Pangalengan yakni 119 buah, namun dengan koperasi yang aktif 78 buah dan tak aktif 41 koperasi. Untuk pendirian koperasi baru sebaniak 31 buah.

Lebih jauh Sofian mengatakan, pendirian koperasi harus dijadikan ibadah bukan sebatas urusan materi, "Kalau pengurus dan anggota koperasi sekadar mencari hal-hal berbau materi, maka kondisinya seperti ini dengan banyaknya koperasi yang tak aktif," katanya.(A-71/A-107)***

Baca Juga

Laba Bersih BNI Tumbuh 17,7%

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mencatat laba bersih Kuartal I 2015 sebesar Rp 2,82 triliun, tumbuh 17,7% dibandingkan laba bersih periode yang sama tahun 2014.

Harga Bawang Merah Turun, Sedangkan Cengek dan Bawang Naik

EKONOMI

SOREANG, (PRLM).-Sejumlah bahan pokok di Kabupaten Bandung mengalami kenaikan harga dalam beberapa hari terakhir. Kenaikan signifikan dialami komoditas cabai rawit, bawang putih dan gula pasir curah.

PT KAI Pastikan Reaktivasi Rel KA Potensial Dikembangkan

EKONOMI

SOLO, (PRLM).- PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan akan mereaktivasi jalur rel yang potensial, terutama untuk pengembangan pariwisata KA sekaligus untuk pelayanan KA perintis.

OJK harapkan ISEI Kian Bersinergi

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Kantor Regional 2 Otoritas Jasa Keuangan Jabar berharap Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Wilayah Jabar semakin bersinergi. Sehingga, dengan sinergitas tersebut pengetahuan masyarakat Jabar mengenai keuangan kian meningkat.