742 Koperasi di Kab. Bandung tak Aktif

EKONOMI

SOREANG,(PRLM).- Jumlah koperasi di Kab. Bandung sampai Mei 2012 mencapai 1.555 koperasi, namun koperasi yang aktif hanya 813 koperasi dan tak aktif 742 koperasi. Untuk itu, koperasi-koperasi harus diberdayakan agar aktif kembali dan bisa melayani masyarakat.

"Pemkab Bandung berupaya mendorong agar koperasi-koperasi bisa tumbuh dan maju. Namun semuanya tergantung kepada pengurus dan anggota koperasi," kata Sekda Kab. Bandung, H. Sofian Nataprawira, MP, dalam Rakerda Dekopinda Kab. Bandung, Rabu (19/12).

Dari data Dekopinda Kab. Bandung, di Kecamatan Baleendah jumlah koperasi sebanyak 82 buah dengan 48 koperasi berstatus aktif dan tak aktif 34 koperasi, "Sedangkan di Kec. Pangalengan jumlah koperasi sebanyak 119 buah dengan koperasi aktif 45 buah dan koperasi tak aktif 74 buah," ujarnya.

Sedangkan di Kec. Soreang jumlah koperasi sama dengan Kec. Pangalengan yakni 119 buah, namun dengan koperasi yang aktif 78 buah dan tak aktif 41 koperasi. Untuk pendirian koperasi baru sebaniak 31 buah.

Lebih jauh Sofian mengatakan, pendirian koperasi harus dijadikan ibadah bukan sebatas urusan materi, "Kalau pengurus dan anggota koperasi sekadar mencari hal-hal berbau materi, maka kondisinya seperti ini dengan banyaknya koperasi yang tak aktif," katanya.(A-71/A-107)***

Baca Juga

Menkeu Yunani Tuding Kreditor "Teroris"

EKONOMI

ATHENA, (PRLM).- Menteri Keuangan (menkeu) Yunani Yanis Varoufakis menuduh kreditur Athena adalah "terorisme" dalam sebuah wawancara, sehari sebelum Yunani melakukan pemungutan suara di referendum berisiko tinggi pada kondisi bailout (gagal bayar utang).

Ratusan Perusahaan di Subang Diingatkan Segera Bayar THR

EKONOMI

SUBANG, (PRLM).- Ratusan perusahaan yang ada di Kabupaten Subang diingatkan agar segera membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawannya masing-masing. Paling lambat harus sudah tuntas pembayarannya H -7.

Lepas Saham HM Sampoerna, Philip Morris Incar Rp 13,35 Triliun

EKONOMI

NEW YORK, (PRLM).-NEW YORK, (PRLM).- Raksasa rokok AS Philip Morris International Inc berencana menjual sahamnya senilai lebih dari 1 miliar dolar AS (Rp 13,35 triliun) di unitnya di Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk.

Perdagangan Saham di New York Sempat Terhenti 4 Jam

EKONOMI

NEW YORK, (PRLM0.- Perdagangan saham di bursa New York dibuka kembali hari Rabu (8/7) setelah dihentikan selama hampir empat jam karena alasan teknis yang tidak diketahui.