Kenaikan Gaji PNS 2013 Dibatalkan

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) menegaskan kenaikan gaji pegawai untuk tahun 2013 dibatalkan. Hal ini disebakan pemerintah tahun depan harus menomboki dana pensiun pegawai negeri sipil (PNS) Rp 50 triliun per tahun. Ini menjadi alasan pemerintah tidak bisa menaikkan gaji pokok PNS tahun depan.

"Iuran pensiun tiap tahun yang berasal dari gaji pegawai hanya Rp 10 triliun, sedangkan dana pensiun PNS per tahun mencapai Rp 60 triliun, sehingga Rp 50 triliun harus dibayarkan pemerintah untuk dana pensiun PNS," kata Menteri PAN RB Azwar Abubakar dalam acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI), di kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), di Jakarta, Jumat (14/12/12).

Azwar menekankan Kementerian Keuangan Republik Indonesia juga tidak menyetujui kenaikan gaji PNS pada tahun depan. “Pihaknya telah mengusulkan kenaikan gaji PNS sebesar tujuh hingga delapan persen pada tahun depan. Usulan tersebut ternyata tidak dikabulkan oleh Kementerian Keuangan,” jelasnya.

Ia meminta kenaikan tujuh sampai delapan persen kepada Menteri Keuangan tapi tampaknya tidak berani menaikkan, seraya menambahkan dengan Kementerian Keuangan tidak mengabulkan usulan atas kenaikan gaji PNS, secara otomatis gaji pokok PNS pada tahun depan tidak mengalami kenaikan.

Menteri PAN RB mengungkapkan pula gaji pokok PNS pada tahun depan hampir pasti tidak mengalami kenaikan. (A-88/kominfo)***

Baca Juga

BPN dan Kemenkeu Diminta Serius Tangani Program

BOGOR, (PR).- Presiden Joko Widodo menekankan kepada Badan Perencanaan Nasional dan Kementerian Keuangan agar bisa menjaga keberlanjutan program-program yang telah direncanakan. Jokowi mengatakan saat ini masih ada yang tidak singkron antara perencanaan program dan penganggarannya.

Ini Tanggapan Jokowi Soal Penyadapan SBY

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo tak mau menanggapi soal tuduhan penyadapan pembicaraan telefon antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua MUI Ma'ruf Amin.