Untuk Menomboki Dana Pensiun Rp 50 Triliun

Kenaikan Gaji PNS 2013 Dibatalkan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) menegaskan kenaikan gaji pegawai untuk tahun 2013 dibatalkan. Hal ini disebakan pemerintah tahun depan harus menomboki dana pensiun pegawai negeri sipil (PNS) Rp 50 triliun per tahun. Ini menjadi alasan pemerintah tidak bisa menaikkan gaji pokok PNS tahun depan.

"Iuran pensiun tiap tahun yang berasal dari gaji pegawai hanya Rp 10 triliun, sedangkan dana pensiun PNS per tahun mencapai Rp 60 triliun, sehingga Rp 50 triliun harus dibayarkan pemerintah untuk dana pensiun PNS," kata Menteri PAN RB Azwar Abubakar dalam acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI), di kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), di Jakarta, Jumat (14/12/12).

Azwar menekankan Kementerian Keuangan Republik Indonesia juga tidak menyetujui kenaikan gaji PNS pada tahun depan. “Pihaknya telah mengusulkan kenaikan gaji PNS sebesar tujuh hingga delapan persen pada tahun depan. Usulan tersebut ternyata tidak dikabulkan oleh Kementerian Keuangan,” jelasnya.

Ia meminta kenaikan tujuh sampai delapan persen kepada Menteri Keuangan tapi tampaknya tidak berani menaikkan, seraya menambahkan dengan Kementerian Keuangan tidak mengabulkan usulan atas kenaikan gaji PNS, secara otomatis gaji pokok PNS pada tahun depan tidak mengalami kenaikan.

Menteri PAN RB mengungkapkan pula gaji pokok PNS pada tahun depan hampir pasti tidak mengalami kenaikan. (A-88/kominfo)***

Baca Juga

MA Pertimbangkan Sanksi KY Terhadap Hakim Sarpin

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Komisi Yudisial (KY) menjatuhkan sanksi skorsing kepada hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sarpin Rizaldi karena terbukti melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim. Sarpin dihukum tidak boleh menangani perkara selama enam bulan.

TNI Bantah Hercules Jatuh Akibat Kurang Perawatan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Tentara Nasional Indonesia (TNI) kurang sependapat jika dinilai jatuhnya pesawat Hercules di Medan disebabkan oleh kurangnya perawatan pesawat.

Polisi Harus Segera Ungkap Motif Pembunuhan Angeline

NASIONAL
JAKARTA, (PRLM).- Proses penyidikan kasus pembunuhan Angeline (8) hingga saat ini belum tuntas. Dua orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka pun belum berhasil membuat polisi mengambil kesimpulan motif dari pembunuhan sadis tersebut.
 

Gatot, "Selamat Ulang Tahun Jenderal Moeldoko"

NASIONAL

JAKARA, (PRLM).- Setelah pelantikan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Gatot Nurmantyo, hal pertama yang diungkapkannya, ucapan selamat ulang tahun pada mantan Panglima TNI Moeldoko.