KASBI Sumedang Tuntut UMK Baru

JAWA BARAT
RATUSAN buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) menuntut Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) baru terkait Upah Minimum Kab/Kota (UMK) 2013.*
ARIE C. MELIALA/PRLM
RATUSAN buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) menuntut Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) baru terkait Upah Minimum Kab/Kota (UMK) 2013.*

BANDUNG (PRLM).- Ratusan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Sumedang menuntut Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) baru terkait Upah Minimum Kab/Kota (UMK) 2013. Tuntutan ini muncul setelah Bupati Sumedang Don Murdono mengeluarkan surat pencabutan rekomendasi UMK Sumedang yang menjadi dasar gubernur dalam penetapan UMK.

KASBI yang melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (10/12) ini meminta gubernur mengubah nilai UMK dari Rp 1.381.000 menjadi Rp1.408.325. Nilai ini sesuai dengan rekomendasi ketiga yang dikeluarkan Don. Namun, rekomendasi ini ke luar setelah SK ditetapkan gubernur pada 22 November 2012.

Dalam penetapan UMK ini, Don mengeluarkan beberapa kali perubahan rekomendasi. Rekomendasi pertama yang diajukan mendapat penolakan sehingga muncul UMK rekomendasi kedua (Rp. 1.381.000) yang ditetapkan gubernur sebagai UMK Sumedang. Namun, sehari setelah ditetapkan, bupati mencabut rekomendasi keduanya dan mengajukan rekomendasi ketiga (Rp1.408.325).

Adanya pencabutan rekomendasi ini disampaikan Slamet, muncul setelah buruh melakukan audiensi pada bupati pada tanggal 7 November 2012. Pada waktu itu, bupati menjanjikan UMK Sumedang akan berada pada peringkat kedua setelah Kota Bandung. Namun, kenyataannya Sumedang menduduki posisi kelima. "Kami merasa dibohongi bupati sehingga sehari setelah ditetapkan gubernur, kami kejar bupati. Bupati kemudian mencabut usulannya yang kedua, lalu muncul rekomendasi ketiga," kata Slamet.(A-199/A-147)***

Baca Juga

Waeriningsih Adukan Suaminya Karena Lakukan KDRT

JAWA BARAT

MAJALENGKA,(PRLM).-Wartiningsih (30) warga Desa Beberan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon mengalami luka lebam dan lecet di beberapa bagian tubuhnya diduga akibat dianiaya oleh suaminya WS warga Desa Jatimapor, Kecamatan Panyingkiran.

Gunung Guntur Paling Rawan Kebakaran

JAWA BARAT

GARUT,(PRLM).- Sejak awal Juni, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah 5 Garut, membantu Posko penanganan kebakaran kawasan. Dari sejumlah titik yang sering terjadi kebakaran, Gunung Guntur berada di lokasi kawasan yang paling rawan.

Debit Air Sungai Citanduy Tinggal 4 Meter Kubik per Detik

JAWA BARAT
Debit Air Sungai Citanduy Tinggal 4 Meter Kubik per Detik

BANJAR,(PRLM).- Musim kemarau yang berlangsung belum genap tiga bulan itu mengakibatkan debit air Sungai Citanduy semakin surut, mulai memasuki masa kritis. Saat ini debit air yang menjadi andalan pengairan ribuan hektar persawahan, hanya tersisi 4 meter kubuk perdetik.

Mantan Ketua KPU Kota Banjar Dituntut 6 Tahun Penjara

JAWA BARAT

BANDUNG, (PRLM).-Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar Nur Rifai, dituntut 6 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Felly Kasol. Selain itu, terdakwa juga diharuskan membayar uang pengganti Rp 250 juta.