Aher Persilakan Apindo Tempuh Mekanisme Seputar Penolakan UMK Jabar 2013

EKONOMI

BEKASI, (PRLM).-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mempersilakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat menempuh mekanisme yang berlaku seputar penolakannya terhadap surat keputusan mengenai besar Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) tahun 2013 di Jabar.

"Silakan saja ikuti prosedur yang ada. Kalau memang keberatan, bisa mengajukan penangguhan. Namun hingga saat ini belum ada yang mengajukan," kata Heryawan di sela kunjungannya di Kota Bekasi, Senin (26/11).

Seperti diberitakan sebelumnya, Apindo Jabar menolak pemberlakuan UMK tahun 2013 yang disahkan gubernur pekan lalu. Apindo beralasan, mekanisme penetapan UMK banyak yang menyalahi prosedur.

Baik penetapan UMK yang melampaui besar angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL) hasil survey, maupun perubahan mendadak yang dilakukan beberapa daerah.

Pemerintah Provinsi Jabar memastikan angka yang ditetapkan tidak dapat dirubah dikarenakan sudah disahkan. Penolakan

Apindo itu disikapi Heryawan dengan santai. Meskipun muncul penolakan, ia tetap optimistis, pelaksanaan pembayaran UMK di lapangan tetap sesuai penetapan.

"Sebab sudah ada tim pengawas yang akan memantau pelaksanaan pembayaran UMK. Jika ada pelanggaran, mereka yang akan segera melapor untuk ditindaklanjuti," katanya.

Demikian pula dengan kemungkinan relokasi dari sejumlah perusahaan asing yang merasa besar UMK yang diberlakukan di daerah industri tahun depan terlalu tinggi.

"Lihat saja nanti. Tapi saya tidak terlalu khawatir," ujarnya. (A-184/A-89)***

Baca Juga

Perizinan tidak Sinergi Penyebab Dwelling Time Lambat

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia, Widjiyanto menilai wajar jika akhir-akhir ini masalah lambatnya dwelling time di Indonesia semakin menjadi sorotan karena maraknya oknum yang menyalahgunakan proses dwelling time sudah lama terjadi dan harus segera dibenahi.

Harga Daging Sapi Membuat Keresahan Masyarakat

EKONOMI

BANDUNG,(PRLM).- Menjelang peringatan kemerdekaan ke-70 tahun Indonesia, bangsa ini di warnai dengan tingginya harga daging sapi dan kebutuhan pokok lain. Hal ini menunjukkan setelah 70 tahun merdeka, Indonesia belum terbebas dari merdeka pangan.

Carmelita Hartoto, Srikandi Industri Pelayaran Indonesia

EKONOMI
Carmelita Hartoto, Srikandi Industri Pelayaran Indonesia

JAKARTA, (PRLM).-Presiden Executive Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Hanafi Rustandi menilai, kesiapan Carmelita Hartoto untuk kembali maju sebagai Ketua Umum Indonesian National Shipowner's Association (INSA) periode 2015-2019, dinilai pantas.

Harga Sayur Mayur Naik 100 Persen, Setelah Kenaikan Daging Sapi

EKONOMI

SUKABUMI, (PRLM).- Warga di Kota Sukabumi, Senin (11/8/2015) tidak hanya mengeluhkan kenaikan harga daging sapi. Tapi keluhan serupa seiring kenaikan harga sejumlah komoditas sayuran di pasar tradisional di Kota Sukabumi.