Antisipasi Perubahan Iklim

Pemerintah Susun Program Terpadu "Gernasari"

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat akan menyusun program terpadu Gerakan Nasional Sadar Perubahan Iklim atau disebut “Gernasari”.

Deputi Menko Kesra bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial Willem Rampangilei di Jakarta, Rabu (21/11/12) mengatakan, program ini dimaksudkan untuk mendorong pemerintah daerah, khususnya di tingkat provinsi, untuk berpacu melaksanakan program dan kegiatan pengendalian perubahan iklim.

“Gernasari akan mengarah pada penghargaan dan apresiasi dari Pemerintah Pusat atas aksi nyata Pemerintah Daerah untuk mensejahterakan rakyat dalam kondisi iklim yang berubah,” ujarnya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang bertema “Tantangan Kesejahteraan Rakyat dalam Perubahan Iklim”.

Dalam Rakornas ini Ketua Wantimpres Emil Salim tampil menyampaikan “keynote speech”. Hadir pula sejumlah pejabat kementerian dan lembaga, termasuk dari beberapa pemerintah provinsi.
Willem mengungkapkan, program Gernasari rencananya akan diluncurkan pada 2014.

“Penghargaan dan apresiasi diberikan berdasarkan penilaian capaian kinerja pemerintah daerah pada periode tahun sebelumnya,” jelasnya.

Melalui kerja sama antara Kemenko Kesra, Kementerian Keuangan, dan kementerian teknis terkait, diharapkan program ini dapat menggulirkan dana insentif daerah sebagai wujud apresiasi untuk pemerintah daerah yang berprestasi dalam penanganan perubahan iklim.

Dalam paparannya, Willem menuturkan, untuk menghadapi perubahan iklim dan segala dampaknya, dinilai perlu segera mengintegrasikan aspek mitigasi dan adaptasi perubahan iklim ke dalam program-program pembangunan nasional.

“Masyarakat harus dikondisikan untuk lebih siap, tahan, dan kuat terhadap ancaman yang diakibatkan oleh perubahan iklim,” katanya.

Dijelaskan, saat ini sudah banyak program dan kegiatan yang dilakukan, baik di tingkat pusat maupun di daerah dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi dan beradaptasi dengan perubahan iklim. Semua program tesebut diharapkan akan terus bergulir dan saling bersinergi satu sama lain, sehingga menciptakan masyarakat yang tangguh sekaligus sejahtera. (A-94/A-108)***

Baca Juga

Presiden Harus Lantik Budi Gunawan Sebagai Kapolri

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk menghormati dan melaksanakan Undang-Undang. Pengacara senior OC Kaligis mendesak agar Presiden Jokowi segera melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

BNP2TKI Buka Pendaftaran Tenaga Perawat ke Jepang

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Badan Nasional Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) membuka pendaftaran calon TKI untuk jabatan nurse (perawat), dan careworker (perawat orang jompo) ke Jepang. Program G to G ini untuk penempatan tahun 2016.

Dunia Maya Sudah Jadi Instrumen Radikalisasi Baru

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- WNI yang berangkat ke Suriah dan disinyalir bergabung dalam jaringan kelompok oleh Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) diduga adalah korban penyebaran paham radikalisme melalui jaringan
internet.

Wantimpres Temui Presiden Jokowi

NASIONAL
ARIE C. MELIALA/PRLM

JAKARTA, (PRLM).- Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menemui Presiden RI Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (1/4/2015). Dalam pertemuan itu, Jokowi tidak didampingi siapa pun sedangkan wantimpres hadir berdelapan.