Akankah Susan Rice Menjadi Menlu AS Pengganti Hillary Clinton?

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Posisi Susan Rice sebagai Menlu Amerika Serikat pengganti Hillary Clinton terancam batal. Pasalnya, Rice yang juga Dubes AS untuk PBB itu dinilai melakukan kesalahan fatal saat menjelaskan serangan teror 9/11 di Benghazi, Libia pada September 2012 lalu yang menewaskan empat diplomas AS itu.

Seperti ditulis Walter Shapiro dalam analisisnya yang dilansir Yahoo News, Jumat (16/11/12), Rice dituding menyembunyikan sesuatu soal apa yang terjadi di Benghazi. Banyak anggota kongres AS percaya bahwa insiden itu terjadi lantaran penjagaan keamanan saat itu sangat lemah. Namun, hal ini dibantah pemerintah Obama yang menyebutkan bahwa kekerasan yang terjadi pada 11 September itu merupakan serangan spontan dari sejumlah ektrimis Libia. Penjelasan yang sama diulang oleh Susan Rice saat perempuan keturunan Afrika itu diwawancarai dalam salah satu TV Amerika.

Hal inilah yang membuat Kongres menilai Rice tidak capable dalam urusan politik luar negeri sehingga jabatan Menlu tidak pantas diberikan untuknya.

Seperti diketahui, Kongres AS saat ini sedang mengadakan hearing untuk mendengarkan kesaksian sejumlah pejabat AS terkait dengan peristiwa teror dua bulan lalu itu. Kongres AS yang didominasi anggota Partai republik itu ingin mengetahui dengan detail tentang apa yang terjadi sebenarnya pada malam 11 September 2012 lalu itu. (A-133/A-108)****

Baca Juga

Putin Tuduh Barat Ingin Kacaukan Rusia

LUAR NEGERI

MOSKOW, (PRLM).- Presiden Rusia Vladimir Putin hari Kamis (26/3/2015) mengatakan kepada pejabat senior keamanan bahwa Rusia harus makin kuat dan menuduh pihak Barat berusaha untuk “mengacaukan” negara itu.

Pemimpin Syiah Houthi Sebut Arab Saudi Sebagai "Tanduk Setan"

LUAR NEGERI

TEHERAN, (PRLM).-Akibat serangan militer Arab Saudi terhadap milisi Syiah Houthi yang kini menguasai sebagian Yaman tersebut, pemimpin milisi Houthi, Abdel-Malek al-Houthi mengecam Saudi dan menyebut negara kaya minyak tersebut sebagai "tanduk Setan".

Israel Akan Kembali Cairkan Pajak Palestina

LUAR NEGERI

TEL AVIV, (PRLM).- Israel mengatakan akan mencairkan dana pajak kepada Otorita Palestina yang sempat dihentikan sejak Januari tahun ini.

Pembekuan pajak itu merupakan tanggapan Israel atas keinginan Palestina untuk bergabung dengan Mahkamah Kejahatan Perang Internasional, ICC.

Puluhan Ribu Massa Gelar Aksi Antiterorisme

LUAR NEGERI
 REUTERS/PRLM

TUNIS, (PRLM).- Puluhan ribuan pengunjuk rasa meramaikan pawai di jalan-jalan ibukota Tunisia, Tunis, untuk menentang aksi terorisme, Minggu 29 Maret.