Perekaman Data e-KTP Kab. Bandung Baru Capai 61,79 Persen

BANDUNG RAYA
PETUGAS merekam sidik jari warga pada perekaman data KTP elektronik (e-KTP) di Kantor Kecamatan Cangkuang, Jln. Raya Banjaran-Soreang, Desa Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jumat (2/11). Perekaman data e-KTP di Kabupaten Bandung hingga akhir Oktober baru ter
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM
PETUGAS merekam sidik jari warga pada perekaman data KTP elektronik (e-KTP) di Kantor Kecamatan Cangkuang, Jln. Raya Banjaran-Soreang, Desa Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jumat (2/11). Perekaman data e-KTP di Kabupaten Bandung hingga akhir Oktober baru tercapai 61 persen.*

SOREANG, (PRLM).- Sampai batas akhir perekaman data untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada Rabu (31/10/12) baru mencapai 61,79 persen atau 1.409.687 orang. Perekaman data untuk e-KTP akan terus dilakukan sampai akhir tahun 2012 ini karena pemerintah pusat memperpanjang kembali batas akhir perekaman data.

“Akibat kekurangan peralatan dan jumlah pendduuk yang besar sehingga sampai saat ini perekaman data e-KTP baru mencapai 61,79 persen,” kata Kepala Bidang di Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kab. Bandung, Indriani, S.Sos, di ruang kerjanya, Jumat (2/11/12).

Lebih jauh Indriani mengatakan,.Kemendagri menetapkan jumlah penduduk Kab. Bandung yang wajib ikut e-KTP sebanyak 2.281.484 orang yang didanai dari pemerintah pusat untuk perekaman datanya. “Sedangkan perekaman data dengan dana APBD Kab. Bandung sebanyak 524.000 orang,” ujarnya.

Dengan target dari Kemendagri yang mengharuskan kabupaten/kota menyelesaikan perekaman data e-KTP maksimal pada akhir Oktober, sehingga berbagai upaya dilakukan Pemkab Bandung untuk meraih target sampai di atas 90 persen. “Namun sampai akhir Oktober baru mencapai 61,79 persen. Kami sudah bekerja keras bahkan operator kadang bekerja sampai dinihari seperti terjadi di Kec. Rancaekek dan Baleendah,” katanya.

Pihak kecamatan, kata Indriani, juga berupaya mengadakan jemput bola kepada masyarakat yang jauh dari kantor kecamatan. “Wilayah Kab. Bandung itu luas dan tersebar penduduknya ke daerah perbukitan atau pegunungan. Kita berupaya mendekatkan pelayanan perekamanan data e-KTP dengan membawa komputer ke balai-balai desa bahkan ke kantor RW,” ucapnya. (A-71/A-108)***

Baca Juga

Kawasan Kiaracondong Rentan Jambret

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Akibat minimnya lampu penerangan, seorang pengendara motor berjenis kelamin perempuan hampir dijambret di Jalan Toma dekat pom bensin daerah Ibrahim Adjie, Kecamatan Kiaracondong, Kelurahan Batununggal, sekira pukul 5.00 WIB, Minggu (7/ 6/2015).

Operasi Patuh Lodaya, 1.202 Pelanggar Ditindak Polres Cimahi

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Selama pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2015, sedikitnya 1.202 pelanggaran ditindak Satlantas Polres Cimahi. Tindakan diberikan mulai aksi represif berupa tilang hingga persuasif dengan hukuman menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Petugas Berupaya Padamkan Kebakaran Gerai Laundy

BANDUNG RAYA
PETUGAS pemadam kebakaran bahu membahu memadamkan api yang menghanguskan rumah yang dijadikan gerai  laundry dan pedagang martabak, sekitar pkl. 9.00 WIB di Jalan Tubagus Ismail Raya 14 Kota Bandung, Rabu (10/6/2015).

PKL Dayeuhkolot Minta Tunda Relokasi

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Para pedagang kaki lima di Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung meminta agar pemerintah daerah menunda relokasi yang sejatinya dilakukan Kamis (11/6/2015) ini. Alasannya, sebagian pedagang merasa tidak diajak berembuk sehingga relokasi terkesan mendadak.