Perekaman Data e-KTP Kab. Bandung Baru Capai 61,79 Persen

BANDUNG RAYA
PETUGAS merekam sidik jari warga pada perekaman data KTP elektronik (e-KTP) di Kantor Kecamatan Cangkuang, Jln. Raya Banjaran-Soreang, Desa Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jumat (2/11). Perekaman data e-KTP di Kabupaten Bandung hingga akhir Oktober baru ter
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM
PETUGAS merekam sidik jari warga pada perekaman data KTP elektronik (e-KTP) di Kantor Kecamatan Cangkuang, Jln. Raya Banjaran-Soreang, Desa Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jumat (2/11). Perekaman data e-KTP di Kabupaten Bandung hingga akhir Oktober baru tercapai 61 persen.*

SOREANG, (PRLM).- Sampai batas akhir perekaman data untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada Rabu (31/10/12) baru mencapai 61,79 persen atau 1.409.687 orang. Perekaman data untuk e-KTP akan terus dilakukan sampai akhir tahun 2012 ini karena pemerintah pusat memperpanjang kembali batas akhir perekaman data.

“Akibat kekurangan peralatan dan jumlah pendduuk yang besar sehingga sampai saat ini perekaman data e-KTP baru mencapai 61,79 persen,” kata Kepala Bidang di Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kab. Bandung, Indriani, S.Sos, di ruang kerjanya, Jumat (2/11/12).

Lebih jauh Indriani mengatakan,.Kemendagri menetapkan jumlah penduduk Kab. Bandung yang wajib ikut e-KTP sebanyak 2.281.484 orang yang didanai dari pemerintah pusat untuk perekaman datanya. “Sedangkan perekaman data dengan dana APBD Kab. Bandung sebanyak 524.000 orang,” ujarnya.

Dengan target dari Kemendagri yang mengharuskan kabupaten/kota menyelesaikan perekaman data e-KTP maksimal pada akhir Oktober, sehingga berbagai upaya dilakukan Pemkab Bandung untuk meraih target sampai di atas 90 persen. “Namun sampai akhir Oktober baru mencapai 61,79 persen. Kami sudah bekerja keras bahkan operator kadang bekerja sampai dinihari seperti terjadi di Kec. Rancaekek dan Baleendah,” katanya.

Pihak kecamatan, kata Indriani, juga berupaya mengadakan jemput bola kepada masyarakat yang jauh dari kantor kecamatan. “Wilayah Kab. Bandung itu luas dan tersebar penduduknya ke daerah perbukitan atau pegunungan. Kita berupaya mendekatkan pelayanan perekamanan data e-KTP dengan membawa komputer ke balai-balai desa bahkan ke kantor RW,” ucapnya. (A-71/A-108)***

Baca Juga

Anak Yatim Piatu Terima Bantuan Sembako

BANDUNG RAYA
CAMAT Kecamatan Pacet Mochamad Ischaq didampingi Kepala Desa Cikitu, Ade Husein menyerahkan bantuan berupa sembako kepada 100 anak yatim piatu se-Desa Cikitu di GOR Cibutak, Desa Cikitu, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Rabu (6/1/2016).*

Menkominfo Kunjungi Lembaga Pengembangan Inovasi

BANDUNG RAYA
MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara (kanan) didampingi Rektor ITB Kadarsah Suryadi memaparkan pandangannya, saat melakukan kunjungan ke Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Jumat (8/1/2016)

Pria Sulit Menggantikan Peran Istri

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).- Meskipun wanita kerap diidentikkan dengan lemah, namun ternyata wanita paling kuat. Hal itu dibuktikan saat wanita mendidik anak-anaknya maupun mengurus rumah tangga.

Pindah ke Gedung Baru, Pelayanan Masyarakat Malah Bermasalah

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Gedung B dan C di Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat yang mulai digunakan pada awal tahun ini terkesan dibangun tanpa perencanaan matang. Akibatnya, pelayanan masyarakat di beberapa satuan kerja perangkat daerah malah terganggu.