Penetapan Biaya Haji Tahun Depan Pada Maret 2013

NASIONAL

MEKKAH, (PRLM).- Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) musim haji tahun depan (1434 H/2013) direncanakan telah ditetapkan pada Maret 2013. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (30/10/12).

“Bulan Januari, Kementerian Agama akan menyampaikan draf BPIH, sehingga selanjutnya pada Maret, BPIH 2013 (1434H) sudah dapat ditetapkan,” ujarnya.

Sebagaimana dikutip dari Media Center Haji (MCH), Selasa (30/10), Suryadharma juga meminta agar DPR bisa membahas BPIH lebih awal. Dengan penetapan BPIH yang lebih cepat, kata dia, diharapkan calon jemaah haji bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk melunasi biaya tersebut.

“Dengan begitu, kuota yang tersisa atau tak terserap akan jauh lebih kecil,” katanya.

Menag menyebutkan, ada sejumlah komponen biaya yang akan dipertimbangkan dalam BPIH 2013. “Ada biaya-biaya yang harus diperhitungkan jauh-jauh hari, seperti soal kontrak rumah (pemondokan),” tuturnya.

Dikatakan dia, masalah kontrak rumah atau pemondokan menjadi pertimbangan utama. Suryadharma mengungkapkan, saat ini kontrak rumah atau pemondokan dilakukan per tahun. Pada 2013, diharapkan kontrak pemondokan dapat dilakukan dalam jangka panjang.

Suryadharma juga menyebutkan adanya komponen harga tiket pesawat yang turut berpengaruh pada ongkos naik haji tahun depan. (A-94/A-88)***

Baca Juga

Himad Purelang: BPN Jangan Lempar Tanggung Jawab

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Sekretaris Umum Himpunan Masyarakat Adat Pulau-pulau Rempang Galang (Himad Purelang) Janer Sinaga mengungkap, pernyataan yang dikatakan Direktur Konflik Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia, Sayuthi, membuat terkejut masyarakat Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Ke

Taruna Merah Putih Kerjasama Donor Darah Dengan PMI

NASIONAL

JAKARTA.(PRLM).-Taruna Merah Putih, organisasi nasional yang memperjuangkan aspirasi pelajar, mahasiswa, pemuda, dan profesional muda, kembali membuat kerjasama program donor darah bersama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Berputar Dulu di Beberapa Negara

PPATK Laporkan Aliran Dana Terorisme dari Australia

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan adanya aliran dana dari pihak di Australia untuk jaringan radikal di Indonesia.

Presiden Jokowi Sibuk Mengrus Rakyat

Dubes Nadjib Sangkal Adanya Penolakan Diplomatik

NASIONAL

CANBERRA, (PRLM).- Presiden Joko Widodo terlalu sibuk dalam tiga minggu terakhir untuk menerima panggilan telefon perdana menteri Australia yang memohon ampunan untuk dua terpidana hukuman mati, menurut seorang duta besar, Kamis (25/3/2015).