Penetapan Biaya Haji Tahun Depan Pada Maret 2013

MEKKAH, (PRLM).- Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) musim haji tahun depan (1434 H/2013) direncanakan telah ditetapkan pada Maret 2013. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (30/10/12).

“Bulan Januari, Kementerian Agama akan menyampaikan draf BPIH, sehingga selanjutnya pada Maret, BPIH 2013 (1434H) sudah dapat ditetapkan,” ujarnya.

Sebagaimana dikutip dari Media Center Haji (MCH), Selasa (30/10), Suryadharma juga meminta agar DPR bisa membahas BPIH lebih awal. Dengan penetapan BPIH yang lebih cepat, kata dia, diharapkan calon jemaah haji bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk melunasi biaya tersebut.

“Dengan begitu, kuota yang tersisa atau tak terserap akan jauh lebih kecil,” katanya.

Menag menyebutkan, ada sejumlah komponen biaya yang akan dipertimbangkan dalam BPIH 2013. “Ada biaya-biaya yang harus diperhitungkan jauh-jauh hari, seperti soal kontrak rumah (pemondokan),” tuturnya.

Dikatakan dia, masalah kontrak rumah atau pemondokan menjadi pertimbangan utama. Suryadharma mengungkapkan, saat ini kontrak rumah atau pemondokan dilakukan per tahun. Pada 2013, diharapkan kontrak pemondokan dapat dilakukan dalam jangka panjang.

Suryadharma juga menyebutkan adanya komponen harga tiket pesawat yang turut berpengaruh pada ongkos naik haji tahun depan. (A-94/A-88)***

Baca Juga

PERMOHONAN dispensasi pernikahan yang diajukan kepada Pengadilan Agama (PA) Kab. Sleman banyak dilakukan siswa SMP.*

Jumlah Pernikahan Dini Gunungkidul Tertinggi di DIY

YOGYAKARTA, (PR).- Kasus pernikahan dini di Kabupaten Gunungkidul terus menurun setiap tahun, meskipun demikian jumlahnya masih tergolong tinggi. Pemerintah pun terus melakukan upaya untuk menekan tingginya angka pernikahan di usia muda.

Ibadah Nyepi, Pulau Bali Hening Tanpa Polusi

DENPASAR, (PR).- Provinsi Bali tampak hening dan tanpa polusi pada Selasa, 28 Maret 2017. Hal ini menyusul umat hindu melaksanakan ibadah Tapa Brata Penyepian menyambut Tahun Baru Saka 1939.

Mentan Janji Bantu Culvator untuk Petani Pisang

SOLO, (PR).- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memberi perhatian khusus terhadap budidaya pisang di kawasan lereng Gunung Lawu sisi barat, di Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar.