Penetapan Biaya Haji Tahun Depan Pada Maret 2013

NASIONAL

MEKKAH, (PRLM).- Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) musim haji tahun depan (1434 H/2013) direncanakan telah ditetapkan pada Maret 2013. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (30/10/12).

“Bulan Januari, Kementerian Agama akan menyampaikan draf BPIH, sehingga selanjutnya pada Maret, BPIH 2013 (1434H) sudah dapat ditetapkan,” ujarnya.

Sebagaimana dikutip dari Media Center Haji (MCH), Selasa (30/10), Suryadharma juga meminta agar DPR bisa membahas BPIH lebih awal. Dengan penetapan BPIH yang lebih cepat, kata dia, diharapkan calon jemaah haji bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk melunasi biaya tersebut.

“Dengan begitu, kuota yang tersisa atau tak terserap akan jauh lebih kecil,” katanya.

Menag menyebutkan, ada sejumlah komponen biaya yang akan dipertimbangkan dalam BPIH 2013. “Ada biaya-biaya yang harus diperhitungkan jauh-jauh hari, seperti soal kontrak rumah (pemondokan),” tuturnya.

Dikatakan dia, masalah kontrak rumah atau pemondokan menjadi pertimbangan utama. Suryadharma mengungkapkan, saat ini kontrak rumah atau pemondokan dilakukan per tahun. Pada 2013, diharapkan kontrak pemondokan dapat dilakukan dalam jangka panjang.

Suryadharma juga menyebutkan adanya komponen harga tiket pesawat yang turut berpengaruh pada ongkos naik haji tahun depan. (A-94/A-88)***

Baca Juga

Warga Gerebek Dua Pejabat yang Selingkuh

NASIONAL
BANDA ACEH, (PRLM).- Sejumlah warga menggerebek pasangan selingkuh yang diduga tengah bermesum di dalam rumah yang berlokasi di kawasan Lam Ujong Meunasah Manyang, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar.
 

Sidang Tahunan MPR RI Hanya dengan Pidato Presiden

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan sidang tahunan MPR RI yang berlangsung satu hari.

Presiden Jokowi Minta Mathla’ul Anwar Tolak Kekerasan Atas Nama Agama

NASIONAL

PANDEGLANG, (PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Muktamar XIX dan Milad ke-100 Mathla’ul Anwar (MA) dan peringatan 100 tahun hari lahir organisasi tersebut di Alun-alun Kota Pandeglang, Provinsi Banten, Sabtu (8/8/2015).

Cegah Konflik, Perekatnya Nilai-nilai Pancasila dan Penegakan Hukum

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).-Direktur Eksekutif Pusat Studi Kebijakan Publik, Sofyano Zakaria menegaskan, pemerintah Indonesia harus berkomitmen untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan penegakan hukum di tanah air. Hal ini guna mencegah secara dini potensi konflik di beberapa daerah.