Manfaatkan 6.554 Ruang Kosong di 37 Pasar untuk Atasi PKL

BANDUNG, (PRLM).- Untuk mengatasi peliknya permasalahan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung, PD Pasar Bermartabat menawarkan solusi penyediaan tempat di beberapa pasar yang ada di Kota Bandung. "Di 37 pasar di Kota Bandung ada sekitar 6.554 ruang dagang kosong. Dan itu sebenarnya bisa dimanfaatkan para PKL untuk berjualan," ujar Direktur Utama PD Pasar Bermartabat, Rinal Siswadi, Selasa (30/10/12).

"Tentu saja kalau ini bisa terwujud bisa mengurangi jumlah PKL yang berdagang di tempat-tempat terlarang. Di satu sisi ruang dagang pun menjadi berkurang dan pasar kembali ramai,” katanya.

Menurut Rinal, banyak pasar tradisional memiliki ruang dagang yang masih kosong, salah satunya Pasar Cicadas yang menyatu dengan Bandung Trade Mall. "Ada sekitar 30 persen ruang dagangnya masih kosong, dan sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh PKL," katanya.

Selain penyediaan ruang dagang, pihaknya pun memberikan kemudahan bagi para PKL yang ingin memiliki kios dagang di pasar-pasar tersebut. “Karena kami sudah kerjasama dengan BTN Syariah yang menyanggupi membantu masalah perbankannya bahkan meringankan para pedagang dengan terlebih dahulu diberi rekomendasi dari PD Pasar,” ujar Rinal.

Dengan rekomendasi dari PD Pasar tersebut dikatakan Rinal setidaknya bisa menjadi bahan masukan bagi BTN Syariah untuk mempermudah memberikan pinjaman. “Tentunya kita pun merekomendasikan pedagang yang betul-betul jadi ada jaminan juga kepada BTN Syariah,” katanya. (A-113/A-88)***

Baca Juga

PEKERJA menyelesaikan proyek renovasi Situs Sejarah bekas LP Banceuy Bandung, Jalan Banceuy, Kota Bandung, Selasa (31/3/2015). Bekas penjara Presiden Soekarno itu, direnovasi dalam rangka menyambut peringatan ke 60 Konferensi Asia Afrika.*

Ridwan Kamil Undang Jokowi ke Bekas Penjara Banceuy

BANDUNG, (PR).- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menawarkan acara ziarah ke situs bekas penjara Soekarno di Banceuy kepada Presiden Joko Widodo. Rombongan akan berjalan kaki selama sekitar 10 menit seusai acara di Gedung Merdeka.