30 Persen Ruang Pasar BTM Kosong

Manfaatkan 6.554 Ruang Kosong di 37 Pasar untuk Atasi PKL

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Untuk mengatasi peliknya permasalahan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung, PD Pasar Bermartabat menawarkan solusi penyediaan tempat di beberapa pasar yang ada di Kota Bandung. "Di 37 pasar di Kota Bandung ada sekitar 6.554 ruang dagang kosong. Dan itu sebenarnya bisa dimanfaatkan para PKL untuk berjualan," ujar Direktur Utama PD Pasar Bermartabat, Rinal Siswadi, Selasa (30/10/12).

"Tentu saja kalau ini bisa terwujud bisa mengurangi jumlah PKL yang berdagang di tempat-tempat terlarang. Di satu sisi ruang dagang pun menjadi berkurang dan pasar kembali ramai,” katanya.

Menurut Rinal, banyak pasar tradisional memiliki ruang dagang yang masih kosong, salah satunya Pasar Cicadas yang menyatu dengan Bandung Trade Mall. "Ada sekitar 30 persen ruang dagangnya masih kosong, dan sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh PKL," katanya.

Selain penyediaan ruang dagang, pihaknya pun memberikan kemudahan bagi para PKL yang ingin memiliki kios dagang di pasar-pasar tersebut. “Karena kami sudah kerjasama dengan BTN Syariah yang menyanggupi membantu masalah perbankannya bahkan meringankan para pedagang dengan terlebih dahulu diberi rekomendasi dari PD Pasar,” ujar Rinal.

Dengan rekomendasi dari PD Pasar tersebut dikatakan Rinal setidaknya bisa menjadi bahan masukan bagi BTN Syariah untuk mempermudah memberikan pinjaman. “Tentunya kita pun merekomendasikan pedagang yang betul-betul jadi ada jaminan juga kepada BTN Syariah,” katanya. (A-113/A-88)***

Baca Juga

Pelaku dan Korban Pembunuhan Pernah Mencuri Bersama

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kapolsek Kiaracondong Maria Horet Hera mengungkapkan, tersangka Irwan alias Giwang (23) yang menganiaya Febri Ramadhan alias Rama (22) hingga tewas, diketahui telah memiliki sejumlah catatan kriminal.

Kajati Tanggapi Serius Kicauan Bupati Sumedang

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kicauan Bupati Sumedang Ade Irawan di persidangan rupanya ditanggapi serius oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar, Feri Wibisono.

Selokan di Depan SDN Kayuambon 2 Jadi Tempat Sampah

BANDUNG RAYA
Selokan di Depan SDN Kayuambon 2 Jadi Tempat Sampah

NGAMPRAH, (PRLM).- Sejumlah sampah rumah tangga menumpuk di selokan di Jalan Kenangan, RT 1 RW 12, Kampung Pangragajian, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sungai Cihaur Jadi Tempat Pembuangan Sampah

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Sungai Cihaur di Jalan Raya Cimareme-Padalarang, Kabupaten Bandung Barat saat ini menjadi tempat pembuangan sampah. Tak hanya mengotori sungai, tumpukan sampah juga mengganggu kenyamanan warga sekitar.