Gandeng Konsultan Jepang

Kroya-Kutoarjo Gunakan Jalur Kereta Api Ganda

NASIONAL

PURWOKERTO, (PRLM).- Direktorat Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan menggandeng konsultan Jepang untuk menggarap proyek pembangunan jalur ganda sepanjang 76 kilometer antara Kroya - Kutoarjo. Proyek double track ini bakal "menggerus" puluhan bangunan milik warga yang dibangun di atas tanah PT Kereta Ai Indonesia (KAI)

"Proyek tersebut akan dimulai 2013, pelaksana proyek yakni Satuan Kerja Peningkatan Jalan KA Lintas Selatan Jawa (Satker PLS) Ditjen Perkeretaapian. Sedangkan konsultan utamanya adalah Japan Transportation Consultans Inc. Pacific Consultans International" kata Menejer Humas PT KAI daerah Operasi 5 Purwokerto Banyumas, Rabu (17/10).

Jalur ganda Kroya -Kutoarjo menurut Surono merupakan bagian dari proyek peningkatan jalan kereta api lintas selatan Jawa Direktorat Perkeretaapian Kementerian Perhubungan fase II. Fase I Kutoarjo – Yogyakarta sepanjang 64 kilometer dan sudah selesai dibangun. Saat ini telah dioperasikan.

Kebutuhan lahan untuk proyek tersebut sekitar 15.453 meter tanah, serta puluhan bangunan dan kios milik warga yang menempati lahan milik PT KAI.Bangunan berupa rumah dan kios diatas lahan PT KAI yang terkena proyek double track ini tidak akan diperpanjang kontrak sewa lahannya dan harus dibongkar,'terangnya.

"Pembebasan lahan dan bangunan ini dijadwalkan selesai pada pertengahan Desember 2012. Sesuai dengan klausul dalam kontrak sewa menyewa. Penyewa harus menyerahkan lahan yang disewanya jika akan dipergunakana oleh PT KAI,"terang Surono.

Sementara terowongan ijo bangunan peninggalan Belanda yang berada di antara Kroya – Kutoarjo, menurut Surono, nantinya tidak akan digunakan lagi. Terowongan sepanjang 600 meter ini terletak di wilayah Desa Bumi Agung Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen.

Untuk jalur ganda nantinya akan dibangun terowongan baru kurang lebih 40 meter di sisi utara terowongan yang ada saat ini. "Terowongan baru ini akan dibuat lebih besar dengan lebar 22 meter, ketinggian 6 meter dan panjang 600 meter yang sekaligus akan digunakan untuk dua jalur rel."jelasnya. (A-99/A-26).**

Baca Juga

Pembangunan Pasar Darurat Untuk Pedagang Klewer Berlarut-larut

NASIONAL

SOLO, (PRLM),-Pelaksanaan pembangunan pasar darurat bagi pedagang Pasar Klewer di Alun-alun Utara Keraton Surakarta, sampai saat ini berlarut-larut.

Earth Hour

Sabtu Malam, Semua Lampu Jalan Utama Kota Solo Dipadamkan

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Selama satu jam penuh dari pukul 20.30 sampai 21.30, Sabtu (28/3/2015) besok, seluruh lampu penerangan jalan umum di jantung Kota Solo akan dipadamkan total. Pemadaman, terutama di jalur ulama Jl. Slamet Riyadi, Jl. Jend. Sudirman, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Mayor Kusmanto dan ;l.

PT PPM Pertanyakan Pembayaran Insentif

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- PT Putra Perdana Motor (PPM) yang dilaporkan PT IMTV (BIG TV) merasa tersudutkan. Direktur PT PPM, Tri Wahono Wahyudi memberikan penjelasan untuk meluruskan terkait perselisihan BIG TV dengan sejumlah distributor.

Pemerintah Perketat Sistem Keimigrasian

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Hampir satu jam Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasona Laoly, mengunjungi kantor Imigrasi Surakarta, Selasa (31/3/2015). Yasona melihat satu per satu ruang pelayanan untuk masyarakat di kantor tersebut.