Gandeng Konsultan Jepang

Kroya-Kutoarjo Gunakan Jalur Kereta Api Ganda

NASIONAL

PURWOKERTO, (PRLM).- Direktorat Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan menggandeng konsultan Jepang untuk menggarap proyek pembangunan jalur ganda sepanjang 76 kilometer antara Kroya - Kutoarjo. Proyek double track ini bakal "menggerus" puluhan bangunan milik warga yang dibangun di atas tanah PT Kereta Ai Indonesia (KAI)

"Proyek tersebut akan dimulai 2013, pelaksana proyek yakni Satuan Kerja Peningkatan Jalan KA Lintas Selatan Jawa (Satker PLS) Ditjen Perkeretaapian. Sedangkan konsultan utamanya adalah Japan Transportation Consultans Inc. Pacific Consultans International" kata Menejer Humas PT KAI daerah Operasi 5 Purwokerto Banyumas, Rabu (17/10).

Jalur ganda Kroya -Kutoarjo menurut Surono merupakan bagian dari proyek peningkatan jalan kereta api lintas selatan Jawa Direktorat Perkeretaapian Kementerian Perhubungan fase II. Fase I Kutoarjo – Yogyakarta sepanjang 64 kilometer dan sudah selesai dibangun. Saat ini telah dioperasikan.

Kebutuhan lahan untuk proyek tersebut sekitar 15.453 meter tanah, serta puluhan bangunan dan kios milik warga yang menempati lahan milik PT KAI.Bangunan berupa rumah dan kios diatas lahan PT KAI yang terkena proyek double track ini tidak akan diperpanjang kontrak sewa lahannya dan harus dibongkar,'terangnya.

"Pembebasan lahan dan bangunan ini dijadwalkan selesai pada pertengahan Desember 2012. Sesuai dengan klausul dalam kontrak sewa menyewa. Penyewa harus menyerahkan lahan yang disewanya jika akan dipergunakana oleh PT KAI,"terang Surono.

Sementara terowongan ijo bangunan peninggalan Belanda yang berada di antara Kroya – Kutoarjo, menurut Surono, nantinya tidak akan digunakan lagi. Terowongan sepanjang 600 meter ini terletak di wilayah Desa Bumi Agung Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen.

Untuk jalur ganda nantinya akan dibangun terowongan baru kurang lebih 40 meter di sisi utara terowongan yang ada saat ini. "Terowongan baru ini akan dibuat lebih besar dengan lebar 22 meter, ketinggian 6 meter dan panjang 600 meter yang sekaligus akan digunakan untuk dua jalur rel."jelasnya. (A-99/A-26).**

Baca Juga

Kasus Novel Baswedan Bisa Kedaluwarsa

NASIONAL
BENGKULU, (PRLM).- Adanya penyempurnaan surat dakwaan penyidik senior KPK, Novel Baswedan, oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) lantaran penambahan pasal yang sebelumnya telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Klas IA Bengkulu, membuat kasus Novel, bisa kedaluwarsa atau verjaring.

Terima Pendemo, Pratikno Hanya Tampung Aspirasi

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Menteri Sekretaris Negara Pratikno menerima sembilan orang perwakilan tenaga honorer K2 yang melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka. Pratikno menerima mereka di Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Srihardi Torehkan Karya Sejak Masa Revolusi

NASIONAL
MAESTRO Lukis Indonesia Srihardi Soedarsono (tengah) bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan (kiri) saat pembukaan pameran '70 Tahun Rentang Kembara Roso' yang resmi dibuka di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (11/2/2016) malam.*

JAKARTA,(PRLM).- Maestro lukis Indonesia Srihardi Soedarsono telah memulai menorehkan karyanya sejak masa revolusi kemerdekaan Indonesia di tahun 1946.

Revisi UU KPK Bisa Munculkan Dualisme Kepemimpinan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Munculnya peran dewan pengawas dalam draf revisi UU KPK dinilai akan memunculkan dualisme kepemimpinan dalam tubuh komisi antirasuah tersebut. Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai upaya melemahkan KPK melalui jalur hukum telah berlangsung semenjak tahun 2012.