Gandeng Konsultan Jepang

Kroya-Kutoarjo Gunakan Jalur Kereta Api Ganda

NASIONAL

PURWOKERTO, (PRLM).- Direktorat Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan menggandeng konsultan Jepang untuk menggarap proyek pembangunan jalur ganda sepanjang 76 kilometer antara Kroya - Kutoarjo. Proyek double track ini bakal "menggerus" puluhan bangunan milik warga yang dibangun di atas tanah PT Kereta Ai Indonesia (KAI)

"Proyek tersebut akan dimulai 2013, pelaksana proyek yakni Satuan Kerja Peningkatan Jalan KA Lintas Selatan Jawa (Satker PLS) Ditjen Perkeretaapian. Sedangkan konsultan utamanya adalah Japan Transportation Consultans Inc. Pacific Consultans International" kata Menejer Humas PT KAI daerah Operasi 5 Purwokerto Banyumas, Rabu (17/10).

Jalur ganda Kroya -Kutoarjo menurut Surono merupakan bagian dari proyek peningkatan jalan kereta api lintas selatan Jawa Direktorat Perkeretaapian Kementerian Perhubungan fase II. Fase I Kutoarjo – Yogyakarta sepanjang 64 kilometer dan sudah selesai dibangun. Saat ini telah dioperasikan.

Kebutuhan lahan untuk proyek tersebut sekitar 15.453 meter tanah, serta puluhan bangunan dan kios milik warga yang menempati lahan milik PT KAI.Bangunan berupa rumah dan kios diatas lahan PT KAI yang terkena proyek double track ini tidak akan diperpanjang kontrak sewa lahannya dan harus dibongkar,'terangnya.

"Pembebasan lahan dan bangunan ini dijadwalkan selesai pada pertengahan Desember 2012. Sesuai dengan klausul dalam kontrak sewa menyewa. Penyewa harus menyerahkan lahan yang disewanya jika akan dipergunakana oleh PT KAI,"terang Surono.

Sementara terowongan ijo bangunan peninggalan Belanda yang berada di antara Kroya – Kutoarjo, menurut Surono, nantinya tidak akan digunakan lagi. Terowongan sepanjang 600 meter ini terletak di wilayah Desa Bumi Agung Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen.

Untuk jalur ganda nantinya akan dibangun terowongan baru kurang lebih 40 meter di sisi utara terowongan yang ada saat ini. "Terowongan baru ini akan dibuat lebih besar dengan lebar 22 meter, ketinggian 6 meter dan panjang 600 meter yang sekaligus akan digunakan untuk dua jalur rel."jelasnya. (A-99/A-26).**

Baca Juga

PMI Siap Kirimkan Peralatan PenJernih Air ke Nepal

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Palang Merah Indonesia siap mengirimkan peralatan penjernih air dan sanitasi (water sanitation) guna membantu korban gempa di Nepal. Kini, PMI segera melakukan assesment atau penilaian kebutuhan korban.

Eksekusi Mati

Terpidana Mati Zaenal Bagikan Barang Miliknya

NASIONAL

CILACAP, (PRLM).- Menjelang eksekusi mati, terpidana mati kasus narkoba Zaenal Abidin membagi-bagikan beberapa barang berharga miliknya yang dia gunakan selama di penjara Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah kepada anak keluarga dan sahabatnýa.

Eksekusi Mati

Soal Mary Jane, Tunjukkan Hukum Indonesia Memprihatinkan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Adanya bukti baru terpidana mati Mary Jane Fiesta Veloso tak bersalah menunjukkan hukum Indonesia memprihatinkan. Pasalnya, upaya hukum terpidana mati untuk membuktikan dirinya tak bersalah melalui Peninjauan Kembali (PK) justru dibatasi pemerintah.

Transportasi Barang dan Jasa

Bangun Dermaga di Bakauheni Agar Nyambung Tol Trans Sumatera

NASIONAL

SABAHBALAU, (PRLM).- Guna melengkapi pembangunan tol Trans Sumatera, menurut Presiden Joko Widodo, ia memberikan target akhir bulan Mei ini sudah harus dilakukan groundbreaking pembangunan dermaga Pelabuhan Bakauheni, Lampung, sehingga bisa nyambung.