Bursa Tenaga Kerja Paling Banyak Cari Lulusan SMA/SMK

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Penyerapan tenaga kerja lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan tingkat Diploma, ternyata menempati urutan teratas di Kota Bandung dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi. Hal itu menjadi kecenderungan penyerapan tenaga kerja di Kota Bandung dalam beberapa tahun terakhir.

Demikian yang terlihat dalam Bursa Kerja 2012 di Lucky Square, Jln. Terusan Jakarta, yang dibuka pada Rabu (17/10) pagi. Dari sekitar 2.300 lowongan pekerjaan, sekitar sembilan puluh persen diisi oleh kebutuhan terhadap lulusan SMA, SMK, dan setingkat Diploma.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bandung Kamalia Purbani menuturkan, hal tersebut lebih disebabkan pada kebutuhan tenaga operasional di sebuah perusahaan lebih banyak daripada di tingkat manager ke atas. "Misalnya kalau ada pendirian sebuah gerai baru, pegawai teknisnya pasti jauh lebih banyak daripada level pimpinan, jadi bukan karena mayoritas lulusan di Kota Bandung setingkat SMA dan diploma," kata Kamalia, ketika ditemui di sela-sela Pembukaan Bursa Kerja 2012 kemarin.

Berdasarkan pendataan Disnakertrans, pada tahun ini terdapat 116.798 warga Kota Bandung yang menganggur. Akan tetapi, jumlahnya di lapangan diperkirakan jauh lebih besar, karena tidak semua didata oleh BPS dan Disnakertrans.

Target penyerapan tenaga kerja tahun ini, dikatakan Kamalia, sekitar 3.000 orang. Penyerapan tenaga kerja dilakukan dengan mengadakan pelatihan, dan pembukaan kesempatan dalam bursa tenaga kerja. "Tapi tidak semuanya ditargetkan masuk ke sektor formal, karena di Kota Bandung ini potensi industri kreatifnya sangat besar, sehingga banyak juga yang menargetkan terserap oleh sektor non formal berupa sektor wirausaha," tuturnya. (A-175/A-147)***

Baca Juga

Konferensi Asia Afrika 2015

NGO Summit Upaya Perangi Kemiskinan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Indonesia masih memiliki 28 juta jiwa yang hidup di bawah garis kemiskinan, angka tersebut cukup besar bila dibandingkan dengan upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah melalui berbagai program pengentasan kemiskinan.

Korpaskhas Ikuti Latihan Penanggulangan Teroris

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) AU kembali mendapat kepercayaan untuk terlibat pada latihan penanggulangan terorisme yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Ny. Banu Jabat Ketua PIA Ranting 04-4/G.II Skadik 204

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Ketua Persatuan Islam Angkatan Udara (PIA) Ardhya Garini Cabang 4/Gabungan II Lanud Sulaiman Ny. Nining Djamaluddin memimpin acara serah terima jabatan Ketua PIA Ranting 04-4/G.II Skadron Pendidikan (Skadik) 204 Lanud Sulaiman dari Ny. Sumarsono kepada Ny. Banu Kusworo.

93 Calon Siswa Tamtama Ikuti Penelitian Personal

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Sebanyak 93 calon siswa (casis) Tamtama Prajurit Karier (PK) tahun Anggaran 2015 mengikuti Tes Penelitian Personel (Litpers) di Gedung Cendrawasih Lanud Sulaiman, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung,Senin (25/4/2015).