Bursa Tenaga Kerja Paling Banyak Cari Lulusan SMA/SMK

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Penyerapan tenaga kerja lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan tingkat Diploma, ternyata menempati urutan teratas di Kota Bandung dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi. Hal itu menjadi kecenderungan penyerapan tenaga kerja di Kota Bandung dalam beberapa tahun terakhir.

Demikian yang terlihat dalam Bursa Kerja 2012 di Lucky Square, Jln. Terusan Jakarta, yang dibuka pada Rabu (17/10) pagi. Dari sekitar 2.300 lowongan pekerjaan, sekitar sembilan puluh persen diisi oleh kebutuhan terhadap lulusan SMA, SMK, dan setingkat Diploma.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bandung Kamalia Purbani menuturkan, hal tersebut lebih disebabkan pada kebutuhan tenaga operasional di sebuah perusahaan lebih banyak daripada di tingkat manager ke atas. "Misalnya kalau ada pendirian sebuah gerai baru, pegawai teknisnya pasti jauh lebih banyak daripada level pimpinan, jadi bukan karena mayoritas lulusan di Kota Bandung setingkat SMA dan diploma," kata Kamalia, ketika ditemui di sela-sela Pembukaan Bursa Kerja 2012 kemarin.

Berdasarkan pendataan Disnakertrans, pada tahun ini terdapat 116.798 warga Kota Bandung yang menganggur. Akan tetapi, jumlahnya di lapangan diperkirakan jauh lebih besar, karena tidak semua didata oleh BPS dan Disnakertrans.

Target penyerapan tenaga kerja tahun ini, dikatakan Kamalia, sekitar 3.000 orang. Penyerapan tenaga kerja dilakukan dengan mengadakan pelatihan, dan pembukaan kesempatan dalam bursa tenaga kerja. "Tapi tidak semuanya ditargetkan masuk ke sektor formal, karena di Kota Bandung ini potensi industri kreatifnya sangat besar, sehingga banyak juga yang menargetkan terserap oleh sektor non formal berupa sektor wirausaha," tuturnya. (A-175/A-147)***

Baca Juga

BKKBN Kekurangan 65.000 Penyuluh KB

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).-Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Surya Chandra Surapaty mengatakan, pelaksanaan program keluarga berencana di Indonesia saat ini masih terkendala lantaran kekurangan penyuluh di lapangan.

Setda KBB Kebanjiran Proposal Permohonan Dana

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjelang Lebaran ini kebanjiran proposal permohonan dana. Sebagian besar proposal itu berupa permohonan bantuan tunjangan hari raya (THR).

243 CPNS Terima STTPL Prajabatan

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Sebanyak 243 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk kategori I dan II Pemkab Bandung menerima Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL) Prajabatan.

Bermain Masak-masakan di Gang Maleer

BANDUNG RAYA
DUA anak bermain masak-masakan, di salah satu gang di Jalan Maleer V, Kota Bandung, Kamis (2/7/2015). Minimnya lahan dan makin sedikitnya fasilitas bermain menjadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi di kota besar.*