Bursa Tenaga Kerja Paling Banyak Cari Lulusan SMA/SMK

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Penyerapan tenaga kerja lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan tingkat Diploma, ternyata menempati urutan teratas di Kota Bandung dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi. Hal itu menjadi kecenderungan penyerapan tenaga kerja di Kota Bandung dalam beberapa tahun terakhir.

Demikian yang terlihat dalam Bursa Kerja 2012 di Lucky Square, Jln. Terusan Jakarta, yang dibuka pada Rabu (17/10) pagi. Dari sekitar 2.300 lowongan pekerjaan, sekitar sembilan puluh persen diisi oleh kebutuhan terhadap lulusan SMA, SMK, dan setingkat Diploma.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bandung Kamalia Purbani menuturkan, hal tersebut lebih disebabkan pada kebutuhan tenaga operasional di sebuah perusahaan lebih banyak daripada di tingkat manager ke atas. "Misalnya kalau ada pendirian sebuah gerai baru, pegawai teknisnya pasti jauh lebih banyak daripada level pimpinan, jadi bukan karena mayoritas lulusan di Kota Bandung setingkat SMA dan diploma," kata Kamalia, ketika ditemui di sela-sela Pembukaan Bursa Kerja 2012 kemarin.

Berdasarkan pendataan Disnakertrans, pada tahun ini terdapat 116.798 warga Kota Bandung yang menganggur. Akan tetapi, jumlahnya di lapangan diperkirakan jauh lebih besar, karena tidak semua didata oleh BPS dan Disnakertrans.

Target penyerapan tenaga kerja tahun ini, dikatakan Kamalia, sekitar 3.000 orang. Penyerapan tenaga kerja dilakukan dengan mengadakan pelatihan, dan pembukaan kesempatan dalam bursa tenaga kerja. "Tapi tidak semuanya ditargetkan masuk ke sektor formal, karena di Kota Bandung ini potensi industri kreatifnya sangat besar, sehingga banyak juga yang menargetkan terserap oleh sektor non formal berupa sektor wirausaha," tuturnya. (A-175/A-147)***

Baca Juga

Kajati Tanggapi Serius Kicauan Bupati Sumedang

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kicauan Bupati Sumedang Ade Irawan di persidangan rupanya ditanggapi serius oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar, Feri Wibisono.

Selokan di Depan SDN Kayuambon 2 Jadi Tempat Sampah

BANDUNG RAYA
Selokan di Depan SDN Kayuambon 2 Jadi Tempat Sampah

NGAMPRAH, (PRLM).- Sejumlah sampah rumah tangga menumpuk di selokan di Jalan Kenangan, RT 1 RW 12, Kampung Pangragajian, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sungai Cihaur Jadi Tempat Pembuangan Sampah

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Sungai Cihaur di Jalan Raya Cimareme-Padalarang, Kabupaten Bandung Barat saat ini menjadi tempat pembuangan sampah. Tak hanya mengotori sungai, tumpukan sampah juga mengganggu kenyamanan warga sekitar.

Pembatasan Truk Berat Kurangi Kemacetan

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Masyarakat dan para pengguna jalan di sekitar Jalan Raya Cimareme-Batujajar menyambut baik pembatasan jam operasional kendaraan berat pengangkut barang.