Pertamina Buka Layanan Pengaduan Pelanggan

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM) - PT Pertamina (Persero) siap membuka layanan pengaduan bagi pelanggan yang kurang medapatkan fasilitas pelayanan memuaskan, baik dari kualitas maupun kuantitas di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) miiik persero tersebut di seluruh Indonesia.

“Pembukaan layanan pengaduan bagi pelanggan SPBU ini diperlukan agar Pertamina bisa memperoleh masukan yang diberikan pelanggan, sehingga perusahan ini dapat terus membenahi dirii dalam rangka menjaga kepuasan konsumen di tanah air,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir, dalam siaran persnya, di Jakarta, Minggu (7/10/12).

Ali menekankan bagi pelanggan yang tidak mendapat layanan fasilitas kepuasan di SPBU Pertamina, maka pelanggan seyogianya dapat menghubungi nomor telepon (no kode area) 500-000, atau mengirimkan email ke pcc@pertamina.com. Selain itu, menurut dia, Pertamina menerapkan prosedur standar pelayanan bagi SPBU. Hal ini merupakan salah satu langkah perseroan dalam menghadapi persaingan di bisnis SPBU guna menjaga kepuasan konsumen agar tidak beralih kepada SPBU lain.

Standar yang diterapkan adalah pelayanan, lanjutnya, petugas SPBU harus melayani dengan Senyum, Salam dan Sapa (3S) dengan. memiliki keterampilan melayani dengan baik.

Estetika juga menjadi salah satu strategi untuk menarik pelanggan, yaitu dengan menetapkan standar format fisik yang konsisten, bersih dan terawat. Untuk menunjukkan sebuah SPBU telah memenuhi standar-standar tersebut, Pertamina memberi sertifikat dan tanda Pasti Pas di SPBU terkait. Pada tahap awal, SPBU yang sudah mendapat sertifikat yang akan diaudit secara ketat setiap bulannya.(kominfo/A-108)***

Baca Juga

Indonesia - Amerika Gali Potensi Kerja Sama Energi

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah Indonesia akan melakukan semua upaya agar dapat terus mengembangkan sektor energi, salah satunya dengan memperkuat kerjasama di bidang energi dengan Amerika Serikat.

Sapi Lokal Belum Mencukupi Permintaan Pasar

EKONOMI

TASIKMALAYA, (PRLM).- Menanggapi terkait mahalnya harga daging sapi di pasaran, Kabid Peternakan, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya, Edi Ruhaedi, Kamis (6/8/2015) menjelaskan, di Kota Tasikmalaya ada sapi lokal.

Mantan TKI Dilatih Wirausaha

EKONOMI

NGAMPRAH, (PRLM).-Guna menekan angka pengangguran, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat gencar memberikan pelatihan kerja dan wirausaha. Salah satunya, pelatihan wirausaha bagi para ibu rumah tangga mantan tenaga kerja Indonesia.

Harga Gabah Tinggi, Produktivitas Malah Menurun

EKONOMI
Harga Gabah Tinggi, Produktivitas Malah Menurun

INDRAMAYU, (PRLM).-Para petani Kabupaten Indramayu mengeluhkan menurunnya produktivitas gabah karena kekeringan pada awal panen musim gadu. Meskipun demikian, harga gabah di tingkat petani sangat tinggi.