Aksi Buruh Macetkan Jalan Nasional

JAWA BARAT
SEJUMLAH pengendara motor terjebak kemacetan di Jalan Raya Ciwangi, Sadang, Kab Purwakarta, Rabu (3/10/12). Kemacetan sepanjang 3 km terjadi di beberapa ruas jalan utama di Purwakarta seiring dengan aksi mogok kerja masal puluhan ribu buruh.*
CECEP WIJAYA SARI/PRLM
SEJUMLAH pengendara motor terjebak kemacetan di Jalan Raya Ciwangi, Sadang, Kab Purwakarta, Rabu (3/10/12). Kemacetan sepanjang 3 km terjadi di beberapa ruas jalan utama di Purwakarta seiring dengan aksi mogok kerja masal puluhan ribu buruh.*

PURWAKARTA, (PRLM).- Sejumlah ruas jalan nasional di Kabupaten Purwakarta macet menyusul aksi mogok kerja masal puluhan ribu buruh dari berbagai serikat pekerja di Purwakarta, Rabu (3/10/12). Kemacetan di antaranya terjadi di Jalan Raya Ciwangi, Sadang, dan Jalan Raya Bungursari sepanjang 3 km.

Di Jalan Raya Ciwangi, kemacetan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB dan berlangsung sekitar satu jam. Ini terjadi akibat aksi pemblokiran di ruas jalan tersebut sehingga menyebabkan kemacetan tak terhindarkan.

Arus lalu lintas di jalan yang menghubungkan Purwakarta dan Cikampek tersebut sempat tersendat akibat penumpukan kendaraan. Ruas jalan yang sejatinya digunakan untuk dua lajur menjadi satu lajur. Sejumlah pengendara motor yang hendak menuju daerah kota dari arah Cikampek terpaksa berputar arah untuk mengindari kemacetan.

Aksi puluhan ribu buruh di Purwakarta kemarin berlangsung di dua titik, yakni di kawasan industri Bukit Indah City (BIC) dan Gedung DPRD Purwakarta. Massa buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Purwakarta itu menuntut penghapusan sistem kerja alih daya (outsourcing) dan pergantian kerja waktu tertentu (PKWT).

Ketua FSPMI Purwakarta, Fuad BM mengungkapkan, hingga kini masih banyak perusahaan yang masih memberlakukan sistem outsourcing yang merugikan buruh. Dari 35 perusahaan di kawasan BIC dengan total sekitar 25.000 perkerja, menurut dia, baru 10 perusahaan di antaranya yang menghapuskan sistem tersebut.(A-192/A-88)***

Baca Juga

Dompet Dhuafa Luncurkan Anjungan Tes Medik

JAWA BARAT

DEPOK, (PRLM).- Lembaga zakat Dompet Dhuafa meluncurkan invoasi dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, utamanya kaum dhuafa dengan meluncurkan Anjungan Tes Medik (ATM).

Korban Trafficking di Jabar Turun

JAWA BARAT

GARUT, (PRLM).- Jumlah korban trafficking asal Provinsi Jawa Barat yang dipulangkan pada pertengahan tahun 2015 ini sebanyak lima orang. Data ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya, bahkan dari tahun ke tahun jumlah korban trafficking ini semakin turun.

Budi Bertekad Bersihkan Tasikmalaya dari Miras

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Maraknya peredaran minuman keras (miras) di Kota Tasikmalaya sudah masuk kategori "Darurat Miras". Untuk menekan agar tidak terus meningkat, Pemerintah Kota Tasikmalaya segera mensahkan Perda Pengendalian Minuman Keras.

Peternak Sapi dan Kambing Mulai Sulit Cari Rumput

JAWA BARAT
SONI (43) warga Desa Kadugeda, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan menyabit rumput untuk pakan ternak domba peliharaannya di sekitar Taman Makam Pahlawan Haurduni Kuningan yang berjarak sekitar 6 Kilometer dari desanya itu, beberapa hari yang lalu.

KUNINGAN, (PRLM).- Masyarakat pemelihara sapi, kambing, dan domba di sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Kuningan, kini mulai kesulitan mendapatkan rumput hijau untuk pakan ternak tersebut.