Aksi Buruh Macetkan Jalan Nasional

SEJUMLAH pengendara motor terjebak kemacetan di Jalan Raya Ciwangi, Sadang, Kab Purwakarta, Rabu (3/10/12). Kemacetan sepanjang 3 km terjadi di beberapa ruas jalan utama di Purwakarta seiring dengan aksi mogok kerja masal puluhan ribu buruh.*
CECEP WIJAYA SARI/PRLM
SEJUMLAH pengendara motor terjebak kemacetan di Jalan Raya Ciwangi, Sadang, Kab Purwakarta, Rabu (3/10/12). Kemacetan sepanjang 3 km terjadi di beberapa ruas jalan utama di Purwakarta seiring dengan aksi mogok kerja masal puluhan ribu buruh.*

PURWAKARTA, (PRLM).- Sejumlah ruas jalan nasional di Kabupaten Purwakarta macet menyusul aksi mogok kerja masal puluhan ribu buruh dari berbagai serikat pekerja di Purwakarta, Rabu (3/10/12). Kemacetan di antaranya terjadi di Jalan Raya Ciwangi, Sadang, dan Jalan Raya Bungursari sepanjang 3 km.

Di Jalan Raya Ciwangi, kemacetan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB dan berlangsung sekitar satu jam. Ini terjadi akibat aksi pemblokiran di ruas jalan tersebut sehingga menyebabkan kemacetan tak terhindarkan.

Arus lalu lintas di jalan yang menghubungkan Purwakarta dan Cikampek tersebut sempat tersendat akibat penumpukan kendaraan. Ruas jalan yang sejatinya digunakan untuk dua lajur menjadi satu lajur. Sejumlah pengendara motor yang hendak menuju daerah kota dari arah Cikampek terpaksa berputar arah untuk mengindari kemacetan.

Aksi puluhan ribu buruh di Purwakarta kemarin berlangsung di dua titik, yakni di kawasan industri Bukit Indah City (BIC) dan Gedung DPRD Purwakarta. Massa buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Purwakarta itu menuntut penghapusan sistem kerja alih daya (outsourcing) dan pergantian kerja waktu tertentu (PKWT).

Ketua FSPMI Purwakarta, Fuad BM mengungkapkan, hingga kini masih banyak perusahaan yang masih memberlakukan sistem outsourcing yang merugikan buruh. Dari 35 perusahaan di kawasan BIC dengan total sekitar 25.000 perkerja, menurut dia, baru 10 perusahaan di antaranya yang menghapuskan sistem tersebut.(A-192/A-88)***

Baca Juga

Pontren Husnul Khatimah Ingin Mencerahkan Dunia

KUNINGAN, (PR).- Dengan mendayagunakan kedahsyatan potensi membaca dan menulis, Pondok Pesantren Husnul Khatimah (Pontren HK) Kab. Kuningan bertekad meningkatkan kualitas kegiatan belajar-mengajar (KBM) sehingga para lulusannya kian banyak melanjutkan studinya di berbagai negara.

Polisi Tangkap Kurir Ganja dan Sabu di Karawang

KARAWANG, (PR).- Seorang penjual narkoba jenis ganja danb sabu dibekuk jajaran Satuan Anti Narkoba Kepolisian Resor Karawang, akhir pekan lalu. Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti 80 bungkus daun ganja kering dan 3 paket sabu.

Hanya 45 Persen Irigasi di Cianjur Kondisinya Mantap

CIANJUR, (PR).- Rencana pembangunan irigasi di Kabupaten Cianjur pada tahun anggaran 2016 nilainya diperkirakan mencapai Rp 50 miliar lebih. Dana untuk pembangunan itu bersumber dari bantuan dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), serta bantuan provinsi.