Aksi Buruh Macetkan Jalan Nasional

SEJUMLAH pengendara motor terjebak kemacetan di Jalan Raya Ciwangi, Sadang, Kab Purwakarta, Rabu (3/10/12). Kemacetan sepanjang 3 km terjadi di beberapa ruas jalan utama di Purwakarta seiring dengan aksi mogok kerja masal puluhan ribu buruh.*
CECEP WIJAYA SARI/PRLM
SEJUMLAH pengendara motor terjebak kemacetan di Jalan Raya Ciwangi, Sadang, Kab Purwakarta, Rabu (3/10/12). Kemacetan sepanjang 3 km terjadi di beberapa ruas jalan utama di Purwakarta seiring dengan aksi mogok kerja masal puluhan ribu buruh.*

PURWAKARTA, (PRLM).- Sejumlah ruas jalan nasional di Kabupaten Purwakarta macet menyusul aksi mogok kerja masal puluhan ribu buruh dari berbagai serikat pekerja di Purwakarta, Rabu (3/10/12). Kemacetan di antaranya terjadi di Jalan Raya Ciwangi, Sadang, dan Jalan Raya Bungursari sepanjang 3 km.

Di Jalan Raya Ciwangi, kemacetan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB dan berlangsung sekitar satu jam. Ini terjadi akibat aksi pemblokiran di ruas jalan tersebut sehingga menyebabkan kemacetan tak terhindarkan.

Arus lalu lintas di jalan yang menghubungkan Purwakarta dan Cikampek tersebut sempat tersendat akibat penumpukan kendaraan. Ruas jalan yang sejatinya digunakan untuk dua lajur menjadi satu lajur. Sejumlah pengendara motor yang hendak menuju daerah kota dari arah Cikampek terpaksa berputar arah untuk mengindari kemacetan.

Aksi puluhan ribu buruh di Purwakarta kemarin berlangsung di dua titik, yakni di kawasan industri Bukit Indah City (BIC) dan Gedung DPRD Purwakarta. Massa buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Purwakarta itu menuntut penghapusan sistem kerja alih daya (outsourcing) dan pergantian kerja waktu tertentu (PKWT).

Ketua FSPMI Purwakarta, Fuad BM mengungkapkan, hingga kini masih banyak perusahaan yang masih memberlakukan sistem outsourcing yang merugikan buruh. Dari 35 perusahaan di kawasan BIC dengan total sekitar 25.000 perkerja, menurut dia, baru 10 perusahaan di antaranya yang menghapuskan sistem tersebut.(A-192/A-88)***

Baca Juga

Dompet Dhuafa Jadikan Masjid Pusat Pemberdayaan

BOGOR, (PR).- Masjid sebagai salah satu tempat ibadah umat Muslim juga memiliki peran penting lainnya. Kehadirannya tidak hanya sebagai bangunan untuk salat, zikir, dan mengaji. Sejatinya, masjid juga dapat menjadi pusat pemberdayaan dan ekonomi.

guru, menanti, realisasi, janji, bupati,

Guru Menanti Realisasi Janji Rudy untuk Perbaiki Sekolah

GARUT, (PR).-Bupati Garut Rudy Gunawan berjanji, pekan depan akan memperbaiki bangunan SD Negeri Dunguswiru II yang salah satu lokalnya ambruk. Pihak sekolah mengharapkan realisasi perbaikan sebelum tahun ajaran baru dimulai.

SATUAN Polisi Pamong Praja memperhatikan sebuah alat berat di lokasi galian tanah pengurugan tol di Ruas Jalan Lingkar Utara Majalengka, Senin (1/9/2014). Di wilayah tersebut ada sejumlah lokasi galian tanah untuk pengurugan tol Cikampek- Palimanan-Kertaj

Satpol PP Tutup Galian Tanah Merah di Pagaden

SUBANG, (PR).- Tim gabungan Satpol PP bersama Unit Tindak Pidana Tertentu Polres Subang menghentikan operasional sekaligus menyegel lokasi penambangan galian tanah merah di Kampung/Desa Jabong Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang.