Koleksi Sepatu Imelda Marcos Dimakan Rayap

KOLEKSI sepatu Imelda Marcos di Museum Nasional Manila yang dimakan rayap.*
AP/PRLM
KOLEKSI sepatu Imelda Marcos di Museum Nasional Manila yang dimakan rayap.*

MANILA, (PRLM).- Ratusan sepatu dan benda-benda peninggalan Imelda Marcos, istri mantan orang kuat Filipina Ferdinand Marcos, rusak karena badai dan dimakan rayap.

Sepatu, tas, dan busana tersebut berjamur setelah dibiarkan begitu saja tak terawat di Istana Presiden dan kemudian di Museum Nasional di Manila.

"Kami berupaya menyelamatkan benda-benda ini," ujar Orlando Abinion, kurator di Museum Nasional, kepada kantor berita AP, hari Minggu (23/09).

"Barang-barang milik Imelda Marcos rusak, baik karena jamur maupun rayap, terutama dalam setahun terakhir," paparnya.

Imelda Marcos dan suaminya melarikan diri ke Amerika Serikat setelah pecah perlawanan rakyat yang mengakhiri kekuasaan Marcos pada 1986.

Ferdinand Marcos meninggal dunia di pengasingan di Hawaii pada 1989. Istri dan anak-anaknya kembali ke Filipina beberapa tahun kemudian.

Barang-barang milik keluarga Marcos, termasuk busana, benda seni, dan sepatu yang berjumlah tak kurang dari 1.220 pasang tidak terbawa saat mereka melarikan diri.

Abinion mengatakan sangat disayangkan baju-baju milik Imleda Marcos rusak "Imelda mengenakan baju-baju tersebut dalam berbagai acara penting dan karenanya memiliki nilai sejarah," katanya.

Imelda Marcos, yang sekarang aktif di dunia politik dan menjadi anggota parlemen tidak bisa dihubungi hari Minggu.

Koleksi legendaris sepatu Imelda menjadi perhatian dunia karena dianggap sebagai simbol gaya hidup mewah keluarga Marcos di saat banyak rakyat Filipina yang hidup miskin.

Penerus Ferdinand Marcos, ikon demokrasi Corazon Aquino, menuduh Ferdinand Marcos mencuri miliaran dollar uang negara ketika berkuasa selama 20 tahun. (bbc/A-26).***

Baca Juga

Samuel Johnson, Sang Penyusun Kamus Bahasa Inggris

JIKA hari ini Anda ingin tahu apa makna dari kata 'lexicographer', Anda tinggal mencarinya di Google kan. Namun, jika Anda hidup beberapa puluh tahun silam, Anda pasti akan mencarinya di kamus.

10 Fakta Menarik Tentang Samuel Johnson

SAMUEL Johnson adalah seorang penulis Inggris yang dikenal sebagai tokoh sastra yang berkontribusi besar dalam perkembangan kesusastraan Inggris.

Asima Chatterjee Muncul di Google Doodle Hari Ini

Ahli kimia Asima Chatterjee muncul pada Google Doodle hari ini, Sabtu, 23 September 2017. Wanita asal India tersebut dikenal karena karyanya dalam bidang kimia organik dan phytomedicine.