399 BPBD Terbentuk di Indonesia

JAKARTA, (PRLM).- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, pemerintah membentuk BNPB di tingkat pusat dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di provinsi dan kabupaten/kota untuk penyelenggaraan penanggulangan bencana di seluruh Indonesia.

Sejak diundangkannya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, hingga saat ini sudah terbentuk 399 BPBD di seluruh Indfonesia, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (18/9).

Menurut Sutopo, ke-399 BPBD itu terdiri dari 33 BPBD provinsi dan 366 BPBD kabupaten/kota.

Dari 399 BPBD tersebut, 283 BPBD dibentuk melalui Peraturan Daerah dan 116 BPBD dibentuk melalui Peraturan Bupati/Walikota. Dengan demikian masih terdapat 131 kabupaten/kota yang belum membentuk BPBD, ujarnya.

Sutopo mengatakan, dengan makin meningkatnya kejadian bencana di Indonesia maka pemerintah daerah perlu didorong untuk membentuk BPBD di daerahnya. "Begitu pula peningkatan kapasitas BPBD juga perlu terus ditingkatkan sehingga mampu menanggulangi bencana di daerahnya," kata Sutopo. (kominfo/A-26).***

Baca Juga

Lava Bantal Bisa Jadi Destinasi Wisata Andalan

YOGYAKARTA, (PR).- Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X mendorong pengembangan lebih lanjut kawasan wisata lava bantal di Kecamatan Berbah, Sleman sehingga diharapkan situs geoheritage itu bisa menjadi destinasi wisata andalan.

Simposium Tandingan Ingin Buat Rekomendasi Pembanding

JAKARTA, (PR).- Simposium Tragedi 1965 beberapa waktu lalu menyisakan pro kontra dan isu yang berkembang setelahnya. Sebagian pihak merasa tidak puas dan menuding simposium yang digelar oleh Lembaga Ketahanan Nasional itu menghidupkan kembali bibit Partai Komunis Indonesia.

Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa 6,5 Skala Richter

JAKARTA, (PR).- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, pendataan dampak gempa 6,5 skala Richter yang terjadi pada Kamis 2 Juni 2016 sekitar pukul 5.56 WIB masih terus dilakukan oleh BPBD setempat hingga saat ini.