399 BPBD Terbentuk di Indonesia

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, pemerintah membentuk BNPB di tingkat pusat dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di provinsi dan kabupaten/kota untuk penyelenggaraan penanggulangan bencana di seluruh Indonesia.

Sejak diundangkannya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, hingga saat ini sudah terbentuk 399 BPBD di seluruh Indfonesia, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (18/9).

Menurut Sutopo, ke-399 BPBD itu terdiri dari 33 BPBD provinsi dan 366 BPBD kabupaten/kota.

Dari 399 BPBD tersebut, 283 BPBD dibentuk melalui Peraturan Daerah dan 116 BPBD dibentuk melalui Peraturan Bupati/Walikota. Dengan demikian masih terdapat 131 kabupaten/kota yang belum membentuk BPBD, ujarnya.

Sutopo mengatakan, dengan makin meningkatnya kejadian bencana di Indonesia maka pemerintah daerah perlu didorong untuk membentuk BPBD di daerahnya. "Begitu pula peningkatan kapasitas BPBD juga perlu terus ditingkatkan sehingga mampu menanggulangi bencana di daerahnya," kata Sutopo. (kominfo/A-26).***

Baca Juga

Penahanan Bupati Empat Lawang Berakhir Ricuh

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Proses penahanan Bupati Empat Lawang, Sumatera Selatan Budi Antoni Aljufri berujung ricuh. Sejumlah pendukung Budi bentrok dengan wartawan yang foto dan gambarnya.

Gatot Resmi Jadi Panglima TNI

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Gatot Nurmantyo resmi menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) sesuai dengan Surat Keputusan Presiden bernomor 46/TNI/2015. Dalam surat yang dibacakan itu, disebut Gatot Nurmantyo diangkat menjadi Panglima TNI.

Tak Berijin, Dua Kapal Ditangkap di Perairan Gunung Kidul

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).-Dalam dua bulan ini tepatnya di akhir Juni dan awal Juli 2015, telah terjadi kasus penangkapan ikan ilegal di perairan Gunungkidul.

Ada Masalah? Laporkan Ke Presiden Melalui Laman laporpresiden.org

NASIONAL
Ada Masalah? Laporkan Ke Presiden Melalui Laman laporpresiden.org
JAKARTA, (PRLM).- Setelah membuka akun twitter pribadi dan fanpage facebook, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuka saluran untuk berkomunikasi dengan masyarakat.