399 BPBD Terbentuk di Indonesia

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, pemerintah membentuk BNPB di tingkat pusat dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di provinsi dan kabupaten/kota untuk penyelenggaraan penanggulangan bencana di seluruh Indonesia.

Sejak diundangkannya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, hingga saat ini sudah terbentuk 399 BPBD di seluruh Indfonesia, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (18/9).

Menurut Sutopo, ke-399 BPBD itu terdiri dari 33 BPBD provinsi dan 366 BPBD kabupaten/kota.

Dari 399 BPBD tersebut, 283 BPBD dibentuk melalui Peraturan Daerah dan 116 BPBD dibentuk melalui Peraturan Bupati/Walikota. Dengan demikian masih terdapat 131 kabupaten/kota yang belum membentuk BPBD, ujarnya.

Sutopo mengatakan, dengan makin meningkatnya kejadian bencana di Indonesia maka pemerintah daerah perlu didorong untuk membentuk BPBD di daerahnya. "Begitu pula peningkatan kapasitas BPBD juga perlu terus ditingkatkan sehingga mampu menanggulangi bencana di daerahnya," kata Sutopo. (kominfo/A-26).***

Baca Juga

Demonstrasi dan Suara Bising Membuat Rusa-rusa Monas Stres

NASIONAL
RUSA totol (axis axis) ini sudah hampir 15 tahun menghuni sebagian wilayah Taman Monumen Nasional, Monas, di Jakarta. Dari 40 ekor, kini kawanan hewan cantik ini sudah berbiak menjadi lebih dari 90 ekor.*

JAKARTA, (PRLM).- Suara peluit pawang rusa membangunkan puluhan makhluk berkaki empat di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sontak gerombolan rusa mendekati Sugito, pria yang telah bekerja di kawasan bersejarah tersebut sejak tahun 1980-an.

Transportasi Yogyakarta Dinilai tak Nyaman

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Transportasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dirasa sudah tidak nyaman dan cenderung semrawut. Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pola pengembangan transportasi wilayah, yang rencananya diparipurnakan Jumat (7/8/2015), belum menyelesaikan masalah.

Kongres Diaspora Indonesia III Berlangsung 12-14 Agustus

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kongres Diaspora Indonesia III dijadwalkan berlangsung di Jakarta pada 12 s.d. 14 Agustus 2015 mendatang. Tema yang diusung dalam kongres kali ini adalah “Diaspora Bakti Bangsa”.

Jilid III Komisi Kejaksaan Mau "Terdengar"

NASIONAL
KETUA merangkap anggota Komisi Kejaksaan (dari unsur pemerintah) ‎Sumarno dan anggota Komisi Kejaksaan (dari unsur masyarakat) Indra Sugiarto saat ditemui usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/8/2015).*

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi Kejaksaan yang baru dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyadari kiprah komisi kejaksaan dalam dua periode sebelumnya tidak terlalu terdengar oleh publik.