399 BPBD Terbentuk di Indonesia

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, pemerintah membentuk BNPB di tingkat pusat dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di provinsi dan kabupaten/kota untuk penyelenggaraan penanggulangan bencana di seluruh Indonesia.

Sejak diundangkannya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, hingga saat ini sudah terbentuk 399 BPBD di seluruh Indfonesia, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (18/9).

Menurut Sutopo, ke-399 BPBD itu terdiri dari 33 BPBD provinsi dan 366 BPBD kabupaten/kota.

Dari 399 BPBD tersebut, 283 BPBD dibentuk melalui Peraturan Daerah dan 116 BPBD dibentuk melalui Peraturan Bupati/Walikota. Dengan demikian masih terdapat 131 kabupaten/kota yang belum membentuk BPBD, ujarnya.

Sutopo mengatakan, dengan makin meningkatnya kejadian bencana di Indonesia maka pemerintah daerah perlu didorong untuk membentuk BPBD di daerahnya. "Begitu pula peningkatan kapasitas BPBD juga perlu terus ditingkatkan sehingga mampu menanggulangi bencana di daerahnya," kata Sutopo. (kominfo/A-26).***

Baca Juga

Eksekusi Mati

Terpidana Mati Mary Jane Dipindah ke LP Nusakambangan

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).-Terpidana mati kasus narkoba, Mary Jane Fiesta Veloso asal Philipina akhirnya dipindah dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta ke Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (24/4/2015) dini hari.

Dompet Dhuafa Kirim Tim Kemanusiaan ke Nepal

NASIONAL

TANGERANG SELATAN, (PRLM).- Lembaga Kemanusiaan Dompet Dhuafa segera mengirimkan tim kemanusiaan ke Nepal merespon gempa bumi 7,9 skala richter yang terjadi pada Sabtu (25/4) waktu setempat. Dikabarkan, gempa tersebut menewaskan hingga mencapai 2.000 jiwa.

Pangdivif-2 Kostrad Pimpin Ziarah ke TMP Suropati

NASIONAL

MALANG, (PRLM).- Dalam rangka memperingati ke-54 Divif-2 Kostad, prajurit, PNS, ibu-ibu Persit melaksanakan ziarah ke TMP Suropati Malang. Jawa Timur. Ziarah tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Divisi Infanteri-2 Kostrad Mayjen TNI Bambang Haryanto.

Eksekusi Mati

Delapan Terpidana Mati Dieksekusi, Mary Jane Veloso Ditunda

NASIONAL

NUSAKAMBANGAN, (PRLM).- Delapan terpidana mati kasus narkoba telah diekskusi di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (29/4/2015) pada pukul 00:35 WIB. Sementara terpidana asal Filipina, Mary Jane Veloso, dilaporkan tidak termasuk dieksekusi.