399 BPBD Terbentuk di Indonesia

JAKARTA, (PRLM).- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, pemerintah membentuk BNPB di tingkat pusat dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di provinsi dan kabupaten/kota untuk penyelenggaraan penanggulangan bencana di seluruh Indonesia.

Sejak diundangkannya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, hingga saat ini sudah terbentuk 399 BPBD di seluruh Indfonesia, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (18/9).

Menurut Sutopo, ke-399 BPBD itu terdiri dari 33 BPBD provinsi dan 366 BPBD kabupaten/kota.

Dari 399 BPBD tersebut, 283 BPBD dibentuk melalui Peraturan Daerah dan 116 BPBD dibentuk melalui Peraturan Bupati/Walikota. Dengan demikian masih terdapat 131 kabupaten/kota yang belum membentuk BPBD, ujarnya.

Sutopo mengatakan, dengan makin meningkatnya kejadian bencana di Indonesia maka pemerintah daerah perlu didorong untuk membentuk BPBD di daerahnya. "Begitu pula peningkatan kapasitas BPBD juga perlu terus ditingkatkan sehingga mampu menanggulangi bencana di daerahnya," kata Sutopo. (kominfo/A-26).***

Baca Juga

Sri Mulyani Potong Rp 133,8 Triliun APBN 2016

JAKARTA, (PR).- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memotong Rp 133,8 triliun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 yang terdiri atas pengurangan belanja kementerian/lembaga Rp 65 triliun dan dana transfer ke daerah Rp 68,8

TAMPAK jajaran perahu nelayan diparkir di pantai timur Pangandaran, Selasa (7/2/12). Kebijakan pemerintah yang bakal mencabut subsidi bahan bakar minyak (BBM), tidak pelak juga membuat khawatir kalangan nelayan di Pangandaran, Kabupaten Ciamis. Mereka min

Bendera Merah Putih Banyak Disalahgunakan Kapal Asing

JAKARTA, (PR).- Penasehat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI), Hanafi Rustandi mengatakan, pemerintah harus melakukan pengawasan ketat terhadap investor asing yang bekerja sama dengan pengusaha pelayaran nasional.

Ancam Mundur, Ini Curhat Menteri Susi Pudjiastuti

JAKARTA, (PR).- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melayangkan curahan hatinya bahwa ia akan terus berusaha sekuat tenaga melindungi aset bangsa di laut berupa kekayaan ikan dari tangan asing.