399 BPBD Terbentuk di Indonesia

JAKARTA, (PRLM).- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, pemerintah membentuk BNPB di tingkat pusat dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di provinsi dan kabupaten/kota untuk penyelenggaraan penanggulangan bencana di seluruh Indonesia.

Sejak diundangkannya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, hingga saat ini sudah terbentuk 399 BPBD di seluruh Indfonesia, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (18/9).

Menurut Sutopo, ke-399 BPBD itu terdiri dari 33 BPBD provinsi dan 366 BPBD kabupaten/kota.

Dari 399 BPBD tersebut, 283 BPBD dibentuk melalui Peraturan Daerah dan 116 BPBD dibentuk melalui Peraturan Bupati/Walikota. Dengan demikian masih terdapat 131 kabupaten/kota yang belum membentuk BPBD, ujarnya.

Sutopo mengatakan, dengan makin meningkatnya kejadian bencana di Indonesia maka pemerintah daerah perlu didorong untuk membentuk BPBD di daerahnya. "Begitu pula peningkatan kapasitas BPBD juga perlu terus ditingkatkan sehingga mampu menanggulangi bencana di daerahnya," kata Sutopo. (kominfo/A-26).***

Baca Juga

Kerja Sama Infrastruktur Indonesia dan Jepang Terus Didorong

JAKARTA, (PR).- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong kerja sama yang sudah sejak lama dilakukan antara Indonesia dan Jepang dalam pembangunan infrastruktur berkualitas bisa terus berkembang.

Ini Skenario Penyambutan Kedatangan Raja Arab Saudi

DENPASAR, (PR).- Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali menyiapkan sejumlah skenario menjelang kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang dijadwalkan tiba di Bali 4 Maret 2017.

Mahasiswa Malaysia Pemakai Ganja Ditangkap

YOGYAKARTA, (PR).- Satuan Reserse Narkoba Polresta Yogyakarta menangkap dua orang Warga Negara Asing (WNA) atas dugaan kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja, Selasa 28 Februari 2017.