Sebanyak 1.306 Calon Jemaah Haji Kab. Cianjur Siap Diberangkatkan

CIANJUR, (PRLM).-Sebanyak 1.306 dari 1.323 calon jemaah haji asal Kab. Cianjur, sesuai SK Gubernur Jabar siap diberangkatkan.

Sementara sekitar 20 calon jemaah haji sisanya tidak dapat melunasi biaya perjalanan haji dan beberapa di antaranya ada yang menyatakan pengunduran diri, sehingga batal berangkat. Bahkan, persiapan pemberangkatan calon jemaah haji sudah mencapai 90 persen.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Perjalanan Haji dan Umrah Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Hipni saat dihubungi "PRLM", Minggu (16/9).

Sesuai dengan tahapan yang ada, kata Hipni, saat ini sudah memasuki tahapan verifikasi kelengkapan pemberkasan dokumen. Hal tersebut masih dilakukan, seiiring dengan pelunasan biaya yang dilakukan oleh calon jemaah haji.

“Karena pelunasan tahap kedua baru selesai pada 7 September, sehingga ada beberapa berkas dokumen yang baru bisa dilakukan setelahnya," tuturnya.

Hipni menuturkan jumlah calon jemaah haji tahun ini naik dibandingkan tahun lalu. Berbeda dengan tahun lalu, untuk tahun ini, kuota jemaah yang batal berangkat menjadi kuota nasional dan diberikan kepada lansia. "Cianjur mendapatkan jatah tiga lansia untuk pemenuhan kuota nasional tersebut,” ujarnya.

Calon jemaah yang berhaji, kata Hipni, tahun ini masih didominasi oleh kalangan petani. Namun, terjadi kenaikan jumlah pada PNS/guru yang mencapai hampir 25 persen.

"Untuk PNS/ guru, terjadi kenaikan, karena mungkin ini berkah sertifikasi. Tapi, petani masih jauh di atasnya, menyusul yang lainnya," katanya.(A-186/A-89)***

Baca Juga

200 Layang-layang Meriahkan Langit Pantai Batu Namprak

PALABUHANRATU, (PR).- Festival Layang-layang turut mewarnai Ciletuh Pelabuhanratu Geopark Festival 2016, Sabtu dan Minggu, 27-28 Agustus 2016 di Pantai Batu Namprak, Ujung Genteng, Kec. Ciracap Kab. Sukabumi. Sebanyak 200 layang-layang diterbangkan peserta dari enam negara.

Irigasi Jebol, Sawah Terancam Kekurangan Air

CIAMIS,(PR).- Tidak mampu menahan derasanya aliran air , paska turun hujan lebat, saluran irigasi Cikumuntir, Lingkungan Bolenglang, Kertasari, Ciamis jebol. kejadian itu mengakibatkan puluhan hekatre persawahan dan tidak kurang dari seratus kolam ikan terancam kekurangan air.

Warga Cimerak Serahkan Buaya Muara ke BKSDA

PARIGI, (PR).- Seekor buaya muara ditemukan oleh warga di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Buaya tersebut berhasil diamankan oleh warga. Kini hewan yang tergolong dilindungi tersebut berada di Cagar Alam Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangandaran.