Sebanyak 1.306 Calon Jemaah Haji Kab. Cianjur Siap Diberangkatkan

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).-Sebanyak 1.306 dari 1.323 calon jemaah haji asal Kab. Cianjur, sesuai SK Gubernur Jabar siap diberangkatkan.

Sementara sekitar 20 calon jemaah haji sisanya tidak dapat melunasi biaya perjalanan haji dan beberapa di antaranya ada yang menyatakan pengunduran diri, sehingga batal berangkat. Bahkan, persiapan pemberangkatan calon jemaah haji sudah mencapai 90 persen.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Perjalanan Haji dan Umrah Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Hipni saat dihubungi "PRLM", Minggu (16/9).

Sesuai dengan tahapan yang ada, kata Hipni, saat ini sudah memasuki tahapan verifikasi kelengkapan pemberkasan dokumen. Hal tersebut masih dilakukan, seiiring dengan pelunasan biaya yang dilakukan oleh calon jemaah haji.

“Karena pelunasan tahap kedua baru selesai pada 7 September, sehingga ada beberapa berkas dokumen yang baru bisa dilakukan setelahnya," tuturnya.

Hipni menuturkan jumlah calon jemaah haji tahun ini naik dibandingkan tahun lalu. Berbeda dengan tahun lalu, untuk tahun ini, kuota jemaah yang batal berangkat menjadi kuota nasional dan diberikan kepada lansia. "Cianjur mendapatkan jatah tiga lansia untuk pemenuhan kuota nasional tersebut,” ujarnya.

Calon jemaah yang berhaji, kata Hipni, tahun ini masih didominasi oleh kalangan petani. Namun, terjadi kenaikan jumlah pada PNS/guru yang mencapai hampir 25 persen.

"Untuk PNS/ guru, terjadi kenaikan, karena mungkin ini berkah sertifikasi. Tapi, petani masih jauh di atasnya, menyusul yang lainnya," katanya.(A-186/A-89)***

Baca Juga

Massa FSPMI Kepung PN Purwakarta

JAWA BARAT

PURWAKARTA, (PRLM).- Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Seluruh Indonesia (FSPMI) yang datang dari berbagai daerah mengepung gedung Pengadilan Negeri (PN) Purwakarta, Rabu (29/7/2015).

Akibat Kekeringan, Tanaman Padi tak Bisa Dipanen

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).-Sejumlah petani di beberapa daerah kabupaten Subang seperti Pagaden, Pagaden Barat, Sukamelang, dan Pabuaran hanya bisa pasrah, padi yang mereka tanam beberapa bulan lalu tak bisa dipanen akibat dilanda kekeringan maupun serangan hama.

Bupati Subang Minta Tambahan Debit Air

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).-Bupati Subang Ojang Sohandi mengungkapkan dirinya telah memerintahkan komisi irigasi yang dipimpin Kepala Bappeda Komir Bastaman untuk melakukan koordinasi dengan Perum Jasa Tirta selaku pengelola Tarum Timur untuk meminta penambahan debit air.