Sebanyak 1.306 Calon Jemaah Haji Kab. Cianjur Siap Diberangkatkan

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).-Sebanyak 1.306 dari 1.323 calon jemaah haji asal Kab. Cianjur, sesuai SK Gubernur Jabar siap diberangkatkan.

Sementara sekitar 20 calon jemaah haji sisanya tidak dapat melunasi biaya perjalanan haji dan beberapa di antaranya ada yang menyatakan pengunduran diri, sehingga batal berangkat. Bahkan, persiapan pemberangkatan calon jemaah haji sudah mencapai 90 persen.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Perjalanan Haji dan Umrah Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Hipni saat dihubungi "PRLM", Minggu (16/9).

Sesuai dengan tahapan yang ada, kata Hipni, saat ini sudah memasuki tahapan verifikasi kelengkapan pemberkasan dokumen. Hal tersebut masih dilakukan, seiiring dengan pelunasan biaya yang dilakukan oleh calon jemaah haji.

“Karena pelunasan tahap kedua baru selesai pada 7 September, sehingga ada beberapa berkas dokumen yang baru bisa dilakukan setelahnya," tuturnya.

Hipni menuturkan jumlah calon jemaah haji tahun ini naik dibandingkan tahun lalu. Berbeda dengan tahun lalu, untuk tahun ini, kuota jemaah yang batal berangkat menjadi kuota nasional dan diberikan kepada lansia. "Cianjur mendapatkan jatah tiga lansia untuk pemenuhan kuota nasional tersebut,” ujarnya.

Calon jemaah yang berhaji, kata Hipni, tahun ini masih didominasi oleh kalangan petani. Namun, terjadi kenaikan jumlah pada PNS/guru yang mencapai hampir 25 persen.

"Untuk PNS/ guru, terjadi kenaikan, karena mungkin ini berkah sertifikasi. Tapi, petani masih jauh di atasnya, menyusul yang lainnya," katanya.(A-186/A-89)***

Baca Juga

LSM Akar Layangkan Surat Kritikan Terhadap DPRD

JAWA BARAT
LSM Akar Layangkan Surat Kritikan Terhadap DPRD

KUNINGAN, (PRLM).- Hari lingkungan hidup sedunia tanggal 5 Juni 2015 diisi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Aktivitas Anak Rimba (AKAR) di Kabupaten Kuningan dengan mengirimkan surat peryataan sikap berisi kritikan terhadap Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat.

Remaja Mabuk Digelandang Polisi

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Jajaran anggota Kepolisian Resort Tasikmlaya Kota mengamankan lima remaja belasan tahun, yang kedapatan membawa minuman keras jenis tuak yang sudah dicampur dengan minuman suplemen merek KB rasa anggur dan dikemas dalam plastik di kawasan Jalan HZ.

Irigasi Leuwigoong Mulai Dioperasikan Juli 2016

JAWA BARAT
Irigasi Leuwigoong Mulai Dioperasikan Juli 2016

GARUT, (PRLM).- Demi meningkatkan produksi padi di wilayah Kabupaten Garut, daerah Irigasi Leuwigoong akan dioperasikan pada Juli 2016 mendatang, meski bendungannya telah selesai namun untuk jaringan irigasi masih akan dibangun.

Dibekuk, Penimbun 7 Ton Solar Subsidi

JAWA BARAT
Dibekuk, Penimbun 7 Ton Solar Subsidi

INDRAMAYU, (PRLM).-Satreskrim Polres Indramayu mengungkap penjual solar bersubsidi kepada nelayan Karangsong Kabupaten Indramayu. Dari tangan tersangka, polisi mengamankan 1,3 ton solar bersubsidi yang belum dikirimkan.