Sebanyak 1.306 Calon Jemaah Haji Kab. Cianjur Siap Diberangkatkan

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).-Sebanyak 1.306 dari 1.323 calon jemaah haji asal Kab. Cianjur, sesuai SK Gubernur Jabar siap diberangkatkan.

Sementara sekitar 20 calon jemaah haji sisanya tidak dapat melunasi biaya perjalanan haji dan beberapa di antaranya ada yang menyatakan pengunduran diri, sehingga batal berangkat. Bahkan, persiapan pemberangkatan calon jemaah haji sudah mencapai 90 persen.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Perjalanan Haji dan Umrah Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Hipni saat dihubungi "PRLM", Minggu (16/9).

Sesuai dengan tahapan yang ada, kata Hipni, saat ini sudah memasuki tahapan verifikasi kelengkapan pemberkasan dokumen. Hal tersebut masih dilakukan, seiiring dengan pelunasan biaya yang dilakukan oleh calon jemaah haji.

“Karena pelunasan tahap kedua baru selesai pada 7 September, sehingga ada beberapa berkas dokumen yang baru bisa dilakukan setelahnya," tuturnya.

Hipni menuturkan jumlah calon jemaah haji tahun ini naik dibandingkan tahun lalu. Berbeda dengan tahun lalu, untuk tahun ini, kuota jemaah yang batal berangkat menjadi kuota nasional dan diberikan kepada lansia. "Cianjur mendapatkan jatah tiga lansia untuk pemenuhan kuota nasional tersebut,” ujarnya.

Calon jemaah yang berhaji, kata Hipni, tahun ini masih didominasi oleh kalangan petani. Namun, terjadi kenaikan jumlah pada PNS/guru yang mencapai hampir 25 persen.

"Untuk PNS/ guru, terjadi kenaikan, karena mungkin ini berkah sertifikasi. Tapi, petani masih jauh di atasnya, menyusul yang lainnya," katanya.(A-186/A-89)***

Baca Juga

Majalengka Berbenah Jelang Penilaian Adipura

JAWA BARAT
TATI PURNAWATI/PRLM

Tiga Bersaudara Pesta Miras, 1 Tewas

JAWA BARAT

PALABUHANRATU, (PRLM).-Tiga bersaudara, warga Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dilarikan ke RSUD Sekarwangi pada Senin (23/3/2015). Satu orang dilaporkan tewas dan dua orang lagi dalam keadaan kritis.

Langsung Bayar Pajak di Tempat

Satlantas Terapkan E-Samsat Keliling pada Razia

JAWA BARAT

SUMEDANG, (PRLM).- Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Sumedang menerapkan e-Samsat keliling dalam operasi razia kendaraan gabungan yang melibatkan Dishub Kominfo dan Dispenda Kab. Sumedang di Bundaran Alamsari, Kec. Sumedang Utara, Rabu (25/3/2015).

Satu Malam Dua Begal Tewas di Lokasi Berbeda

JAWA BARAT

BOGOR, (PRLM).- Dalam semalam, dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (begal) tewas, Rabu (25/3/2015) di dua lokasi yang berbeda. EC (25) tewas setelah mencoba kabur dari kejaran tim buru sergap Polres Bogor Kota.