Pengusaha Tambang Pasir Besi Harus Punya Dermaga

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan jika pengusaha tambang pasir di Pantai Selatan Jawa Barat sudah mendapat izin dari kepala daerah setempat, perusahaan penambang harus berdampak positif. Manfaat keberadaan perusahaan penambang harus bisa dirasakan masyarakat lokal, pemerintah, dan perusahaan itu sendiri.

Selain itu, kondisi jalan juga menjadi bagian yang penting yang harus diperhatikan perusahaan. "Ini harus diperhatikan, karena kalau nanti jalan rusak malah giliran provinsi yang memperbaikinya. Kalau belum beres urusan tambang pasir ini, jalan jangan diperbaiki dulu. Nanti kita perbaiki malah rusak lagi, begitu seterusnya. Harus ada evaluasi mandiri di antara mereka. Sekarang kalau jalan provinsi rusak lalu saya stop siapa yang mau memperbaiki? Mudah-mudahan nanti dengan kesepahaman, tidak ada lagi yang melewati shelter-shelter ke dermaga," kata Heryawan.

Menurut Heryawan, kondisi yang paling parah terjadi di Tasikmalaya. Perusahaan penambang pasir besi di Sukabumi menurutnya sudah memiliki dermaga sehingga jalan tidak rusak karena pengangkutan dilakukan lewat laut. "Di Garut juga sedang ada izin pembuatan dermaga, sehingga nanti bisa lewat laut, di Tasik yang tidak ada dermaganya sehingga mereka masuk ke jalan provinsi. Tapi sebelum ada perbaikan sistemik kita tidak akan perbaiki jalan provinsinya. Kalai pengusaha yang ada di sana sepakat punya dermaga, selesai," katanya menegaskan.

Meski belum dapat dipastikan waktunya, gubernur berencana akan melihat kembali kondisi kerusakan pantai dan jalan akibat tambang pasir di kawasan pantai selatan (A-199/A-147)***

Baca Juga

Indonesia Berharap Gabung Kembali dengan OPEC di Akhir Tahun

EKONOMI

WINA, (PRLM).- Indonesia berharap dapat bergabung kembali dengan kelompok produsen minyak, OPEC, dalam pertemuan berikut kelompok tersebut enam bulan lagi, menurut Menteri ESDM Sudirman Said.

Anggota OPEC Setujui Indonesia Kembali Bergabung

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Rencana Indonesia untuk bergabung kembali ke dalam kelompok eksportir minyak OPEC telah mendapat persetujuan dari semua anggota OPEC.

27 Perusahaan Raih Predikat Best Insurance 2015

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Media Asuransi memberikan penghargaan Insurance Award 2015 kepada 27 perusahaan asuransi terbaik berdasarkan kinerja keuangan tahun 2014. Kali ini merupakan penyelenggaraan Insurance Award yang ke-9, semenjak Media Asuransi mengadakan acara tahunan ini pada tahun 2007.

Investasi Tiongkok Didorong Serap Pengangguran di Indonesia

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah Indonesia menyambut baik masuknya arus investasi dari negara Tiongkok. Diharapkan investasi yang berasal dari perusahaan-perusahaan asal Tiongkok itu dapat membantu penyerapan angkatan kerja baru, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.