Polda Jabar Antisipasi Aksi Teroris Melalui Patroli Cyber Crime

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kepolisian Daerah Jawa Barat, meningkatkan antisipasi aksi teroris. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui patroli cyber crime.

Peningkatan antisipasi itu, dilakukan dengan kejadian penangkapan terduga teroris MK (30) oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, di Cluster Pawenang, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung.

Diketahui, MK merupakan ahli di bidang programer, juga handal dalam meretas (hacker.red).

"Terkait dengan aksi-aksi di bidang IT, Polda Jabar dalam kegiatannya tetap melakukan patroli cyber crime," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Martinus Sitompul, Selasa (4/9/12).

Cara kerja dari patroli cyber crime, Martinus menjelaskan dengan cara memantau para peretas atau ahli IT di wilayah hukum Polda Jabar.

Menurut dia, Unit Cyber Crime Polda Jabar memiliki database para peretas dan ahli IT yang ada di Jabar. Khususnya Kota Bandung.

"Tekhnisnya, kita memonitor terus aktifitas mereka juga kegiatan di dunia mayanya. Patroli tersebut, nantinya dilaporkan ke Mabes Polri," jelasnya.

Dijelaskan dia, apa yang dilakukan tersebut guna mendukung Mabes Polri. Sedangkan tindak lanjutnya oleh Densus 88 Antiteror Mabes Polri.

Dalam kesempatan tersebut, Martinus pun meminta kerjasama dengan segenap pihak. Baik pemerintah, masyarakat, serta civitas akademisi.

"Kami harapkan pihak kampus dapat memonitor mahasiswanya yang handal dan pintar di bidang IT. Di kampus pasti ada datanya. Kita minta kerjasamanya," jelasnya.

Untuk pemerintah dan masyarakat, Martinus berharap dapat melakukan pengawasan juga. Seperti dari tingkat RT/RW hingga kecamatan untuk mendata warga di wilayahnya.

"Kalau ada warga yang mencurigakan, baik pendatang, bertamu atau warganya, dapat sebera melaporkannya ke kantor polisi terdekat, atau anggota bhabinkamtibmas guna dilakukan tindakan selanjutnya," ujarnya. (A-195/A-108)***

Baca Juga

Rumah Sukandar Terbakar, Dua Penghuni Tersambar Api

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Kebakaran melanda rumah milik Sukandar (77) di RT 3 RW 2 No. 127 Margaluyu Kel. Cimahi Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Senin (23/3/2015). Diduga, api berasal dari kompor gas yang menyambar gas elpiji dari selang regulator yang bocor.

Pemprov Desak Usut Oknum Pengadilan yang Bermain

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kasus pemalsuan surat novum lapang Gasibu tidak sampai pada terdakwa Ridha Faridha Rukmiati Siti Jubaedah yang sudah divonis 2 tahun oleh hakim PN Bandung. Namun diperkirakan akan berbuntut panjang karena diduga pemalsuan itu melibatkan oknum pegawai pengadilan.

Ade Akui Usaha Walet dan Tambang Menjadi Penghasilan Paling Besar

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Bupati Karawang nonaktif, Ade Swara dan istrinya, Nurlatifah, menjelaskan pembelian barang dan aset miliknya merupakan uang penghasilan sebelum menjadi bupati. Bahkan Ade Swara menjelaskan bahwa bisnis walet dan tambang bouksit menjadi penghasilan yang paling besar.

Kasus Perceraian di Kab. Bandung Meningkat

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Jumlah kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Agama Kabupaten Bandung terus meningkat setiap tahun. Sepanjang 2014, jumlah kasus perceraian mencapai sekitar 7.000 kasus, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 5.000-an kasus.