Headlines

Sandeq Race, Ajang Promosi Budaya Sulawesi Barat

MUNADY/"PRLM"
MUNADY/"PRLM"
GUBERNUR Sulawesi Barat, H. Anwar Adnan Saleh ingin menjadikan Sandeq Race sebagai agenda nasional.*

MAJENE, (PRLM).- Sandeq Race 2012, adalah lomba perahu layar yang hampir setiap tahun digelar. Selain itu, Sandeq Race ini sebagai budaya rakyat Sulawesi Barat (Sulbar).

Gubenur Sulawesi Barat, H. Anwar Adnan Saleh mengatakan, awal digelarnya Sandeq Race ini berbarengan dengan berdirinya Sulawesi Barat. Sayangnya sampai saat ini Sandeq Race belum menjadi agenda nasional. Walau begitu, kegiatan ini sudah dikenal oleh Australia dan Prancis.

"Diharapkan Sandeq Race ini bisa menjadi agenda nasional dan diakui secara cepat. Kalau tidak dijadikan agenda nasional, saya rasa sayang banget. Sebab kegiatan ini bisa mendatangkan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Sandeq Race merupakan satu-satunya kegiatan yang ada di perairan Sulbar," kata Anwar Adnan seusai melepas peserta lomba Sandeq Race dengan jarak dari Pantai Majene dan finis di Polewali, Selasa (4/9).

Menurut Anwar, rute Sandeq Race hingga sekarang masih menempuh Majene ke Polewali. Tapi, ke depan bisa saja jaraknya diperpanjang hingga ke Makassar. Artinya, kegiatan ini bisa diperluas sehingga lebih menarik. Apalagi perahu sandeq hanya ada di Sulawesi, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Anwar mengatakan, kegiatan Sandeq Race murni untuk menunjang pariwisata. Kegiatan ini jangan dibawa ke ranah politik. Selain itu, bentuknya juga bukan seperti lomba. Jadi lebh mirip ke penampilan perahu sandeq secara massal. Masyarakat pastinya akan lebih tertarik jika pesertanya banyak. "Perlu dipikirkan kegiatan ini bisa digelar dua kali dalam setahun," ujar Anwar.(Mun/A-147)***

Customize This