Harga Sewa Rumah dan Penginapan di Pantai Pangandaran Naik

CIAMIS, (PRLM).- Dibanjiri pengunjung, harga penginapan dan sewa rumah di objek wisata Pangandaran mengalami kenaikan. Selain itu, kemacetan pun menyergap di jalur objek wisata tersebut. Kendati demikian, kenaikan harga itu tak menyurutkan minat wisatawan untuk berlibur.

Jajang (30), warga Bandung mengaku baru tiba di Pangandaran, Selasa (21/8). Ia dengan sejumlah anggota keluarga lainnya sengaja memilih Pangandaran untuk berwisata setelah bersilaturrahmi mengunjungi sanak keluarga.

"Kami tahu kalau libur seperti ini pasti padat sekali dan ongkos pada naik. Tapi, kan sekarang itu momentum yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga sambil liburan," ujarnya, Selasa (21/8).

Diakuinya kepadatan pengunjung pada Lebaran tahun ini menyebabkan harga sewa penginapan naik. Selain itu, ia pun kesulitan untuk mendapatkan kamar kosong.

Ia mencontohkan tarif sewa penginapan yang biasanya dipatok Rp 150.000 per malam kini naik menjadi Rp 300.000. Begitu pula dengan harga sewa rumah penduduk yang kerap menjadi alternatif lain bagi para pengunjung.

"Sewa rumah yang biasanya Rp 500.000 per malam saat ini naik jadi Rp 700.000 per malam. Bahkan, ada yang mencapai jutaan. Tadi saya sudah keliling nyari penginapan tapi ternyata pada penuh," katanya.

Kondisi serupa dipaparkan Iman (32) warga Tasikmalaya. Ia yang datang bersama beberapa anggota keluarganya sejak kemarin mengaku tak kaget dengan kenaikan harga yang terjadi. Pasalnya hal itu lumrah setiap liburan.

"Semua pada naik, tapi kalau buat keluarga lebih enak menyewa rumah penduduk. Karena selain lebih murah juga lebih nyaman untuk keluarga karena tidak harus berbagi dengan tamu yang lain," ucapnya.

Membludaknya jumlah wisatawan menyebabkan jalur utama di objek wisata tersebut mengalami kepadatan. Jalur yang masih terlalu sempit serta banyaknya pejalan kaki membuat arus lalu lintas menjadi tersendat.

"Kalau bisa jalannya diperlebar karena sudah tidak memadai lagi kalau lagi musim liburan seperti ini. Pangandaran harus lebih benahi," ucap Lilis, warga Bekasi.

Paur Human Polres Ciamis Ipda Iis Yeni Idaningsih menuturkan peningkatan volume kendaraan menuju Pangandaran mulai terlihat meningkat sejak Selasa (21/8) pukul 06.00 WIB. Diperkirakan peningkatan mencapai 50 persen.

"Dari hasil pemantauan petugas, mulai terjadi peningkatan pada hari ini. Kepadatan sudah mulai terlihat dari daerah Babakan," ucapnya. (A-188/A-89)***

Baca Juga

SEJUMLAH pegawai negeri sipil (PNS) mengucap ulang saat pengambilan sumpah oleh Bupati Bandung Dadang Naser di Bale Sawala, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Senin (9/3/2015). Sebanyak 49 PNS diangkat dari kategori I terdiri dari

BKD Indramayu Pastikan tak Ada PNS Fiktif

INDRAMAYU, (PR).-Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Indramayu sempat mengalami kesalahan teknis dalam pengiriman data Pegawai Negeri Sipil daerahnya ke pusat. Namun, Sekretaris BKD, Ahmad Syadali memastikan tak ada PNS yang fiktif di daerahnya.

PHK Ratusan Karyawan, PT IMC Tekno Dipanggil Dewan

PURWAKARTA, (PR).- Komisi D DPRD Kabupaten Purwakarta akan memanggil manajemen PT IMC Tekno terkait masalah pemutusan hubungan kerja yang menimpa sekitar ratusan pegawainya. Di samping itu, akan dibahas juga masalah belum terakomodirnya para buruh dalam berserikat di lingkungan perusahaan.

pasars enggol, bekasi, summarecon mall,

Wisata Kuliner di Pasar Senggol Bekasi

KEDATANGAN Alfiana (19) ke Pasar Senggol, Minggu 8 Mei 2016, merupakan kali ketiga ia berkunjung ke gelaran rutin Summarecon Mal Bekasi yang tahun ini mengusung tema "Jelajahi Kuliner Asia".