Tujuh Badak Sumatra Tertangkap Kamera

SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*
BBC.CO.UK/PRLM
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*

BANDA ACEH, (PRLM).- Para pegiat lingkungan mengatakan tujuh badak yang nyaris punah terekam foto di Taman Nasional Leuser, Aceh, yang merupakan foto pertama dalam 26 tahun terakhir.

"Kami pasang 28 kamera sejak Juli lalu dan dari situ enam bulan kemudian kami dapatkan sekitar 1.000 gambar dan dari gambar itulah kami coba analisis tentang populasi badak ini," kata Jamal Gawi, Direktur Yayasan Leuseur Internasional kepada BBC Indonesia.

Jamal mengatakan dari foto yang ada, terekam satu ekor badak jantan dan enam betina dan populasi badak diperkirakan tidak lebih dari 27 ekor.

Ia mengatakan informasi terakhir tentang adanya badak diperoleh sekitar 26 tahun lalu. "Hasil survei ini merupakan berita gembira tentang konservasi badak," tambahnya.

Upaya selanjutnya, kata Jamal adalah melakukan survei lebih lanjut di tujuh lokasi lain di Leuser yang diperkirakan menjadi habitat binatang yang dilindungi ini.

Langkah meneliti populasi badak, menurut Jamal, dilakukan, pada saat para pegiat lingkungan meneliti populasi harimau tahun 2008. Saat penelitian itu mereka juga menemukan jejak-jejak badak.

Saat ini diperkirakan terdapat hanya 200 ekor badak Sumatra yang terdapat di Indonesia dan Malaysia, setengah dari jumlah 15 tahun lalu.

Sekitar 70% populasi badak punah sejak tahun 1985, terutama karena perburuan dan hilangnya habitat.(bbc/A-147)***

Baca Juga

hambalang, jokowi, bogor,

Pakar dari UI dan ITB Akan Dilibatkan Dalam Proyek Hambalang

JAKARTA, (PR).- Menteri PU dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono mengatakan, sekalipun sudah menyampaikan hasil pengamatan lapangan atas proyek Pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON), kementeriannya belum merekomendasikan apa pun pada Presiden Joko

Ini Harga Tiket KA Setelah BBM Turun

PURWOKERTO, (PR).- Efek penurunan harga premium dan solar mulai 1 April 2016 bakal langsung dirasakan masyarakat pengguna jasa angkutan kereta. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menurukan harga tiket lima kereta api ekonomi bersubsidi dan penyesuaian tarif dua KA lintas selatan.

Pengamat Hukum: Operasi Tangkap Tangan KPK Janggal

JAKARTA, (PR).- Operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berhasil menciduk tiga orang dari pihak BUMN dan swasta di sebuah hotel di wilayah Cawang, Jakarta Timur Kamis, 31 Maret 2016 dianggap janggal.