Tujuh Badak Sumatra Tertangkap Kamera

SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*
BBC.CO.UK/PRLM
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*

BANDA ACEH, (PRLM).- Para pegiat lingkungan mengatakan tujuh badak yang nyaris punah terekam foto di Taman Nasional Leuser, Aceh, yang merupakan foto pertama dalam 26 tahun terakhir.

"Kami pasang 28 kamera sejak Juli lalu dan dari situ enam bulan kemudian kami dapatkan sekitar 1.000 gambar dan dari gambar itulah kami coba analisis tentang populasi badak ini," kata Jamal Gawi, Direktur Yayasan Leuseur Internasional kepada BBC Indonesia.

Jamal mengatakan dari foto yang ada, terekam satu ekor badak jantan dan enam betina dan populasi badak diperkirakan tidak lebih dari 27 ekor.

Ia mengatakan informasi terakhir tentang adanya badak diperoleh sekitar 26 tahun lalu. "Hasil survei ini merupakan berita gembira tentang konservasi badak," tambahnya.

Upaya selanjutnya, kata Jamal adalah melakukan survei lebih lanjut di tujuh lokasi lain di Leuser yang diperkirakan menjadi habitat binatang yang dilindungi ini.

Langkah meneliti populasi badak, menurut Jamal, dilakukan, pada saat para pegiat lingkungan meneliti populasi harimau tahun 2008. Saat penelitian itu mereka juga menemukan jejak-jejak badak.

Saat ini diperkirakan terdapat hanya 200 ekor badak Sumatra yang terdapat di Indonesia dan Malaysia, setengah dari jumlah 15 tahun lalu.

Sekitar 70% populasi badak punah sejak tahun 1985, terutama karena perburuan dan hilangnya habitat.(bbc/A-147)***

Baca Juga

KBRI Kuala Lumpur Bertemu Dengan Siti Aisyah

KUALA LUMPUR, (PR).- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur akhirnya bertemu dengan terduga pelaku pembunuh Kim Jong Nam, Siti Aisyah. Pertemuan berlangsung di Kantor Polisi Cyberjaya, Sabtu, 25 Februari 2017.

MANTAN Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dalam konferensi pers di "MMD Initiative" di Jalan Dempo, Matraman Dalam, Jakarta, Rabu (5/3/2014). Mahfud mengatakan momentum seleksi hakim MK harus dimanfaatkan untuk perbaikan MK.*

Uji Materi PP 72 Diminta Dilakukan

JAKARTA, (PR).- Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengaku banyak menerima mediasi dari berbagai kalangan untuk melakukan uji materi terhadap Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyertaan da

Mahasiswa UII Gelar Aksi dan Doa Bersama

YOGYAKARTA,(PR).- Mahasiswa UII Menggelar aksi di halaman Kampus gedung Kahar Mudzakir jalan Kaliurang km. 14, Sleman, Yogyakarta Jumat, 27 Januari 2017.