Sejak 26 Tahun Terakhir

Tujuh Badak Sumatra Tertangkap Kamera

NASIONAL
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*
BBC.CO.UK/PRLM
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*

BANDA ACEH, (PRLM).- Para pegiat lingkungan mengatakan tujuh badak yang nyaris punah terekam foto di Taman Nasional Leuser, Aceh, yang merupakan foto pertama dalam 26 tahun terakhir.

"Kami pasang 28 kamera sejak Juli lalu dan dari situ enam bulan kemudian kami dapatkan sekitar 1.000 gambar dan dari gambar itulah kami coba analisis tentang populasi badak ini," kata Jamal Gawi, Direktur Yayasan Leuseur Internasional kepada BBC Indonesia.

Jamal mengatakan dari foto yang ada, terekam satu ekor badak jantan dan enam betina dan populasi badak diperkirakan tidak lebih dari 27 ekor.

Ia mengatakan informasi terakhir tentang adanya badak diperoleh sekitar 26 tahun lalu. "Hasil survei ini merupakan berita gembira tentang konservasi badak," tambahnya.

Upaya selanjutnya, kata Jamal adalah melakukan survei lebih lanjut di tujuh lokasi lain di Leuser yang diperkirakan menjadi habitat binatang yang dilindungi ini.

Langkah meneliti populasi badak, menurut Jamal, dilakukan, pada saat para pegiat lingkungan meneliti populasi harimau tahun 2008. Saat penelitian itu mereka juga menemukan jejak-jejak badak.

Saat ini diperkirakan terdapat hanya 200 ekor badak Sumatra yang terdapat di Indonesia dan Malaysia, setengah dari jumlah 15 tahun lalu.

Sekitar 70% populasi badak punah sejak tahun 1985, terutama karena perburuan dan hilangnya habitat.(bbc/A-147)***

Baca Juga

Penuntasan Kasus BLBI Prioritas Capim KPK

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Terpilihnya sembilan wanita dari berbagai ragam pendidikan dan profesi sebagai tim Panitia Seleksi Komisi Pemberatansan Korupsi (Pansel KPK) dinilai sebagai kejutan.

Evakuasi Korban Hercules Berlanjut Sampai Pagi

NASIONAL
MEDAN, (PRLM).- Proses evakuasi terhadap para jenazah korban Pesawat Hercules C130 yang jatuh di Jalan Djamin Ginting, Medan hingga dini hari ini masih terus berlanjut.
 

130 Pasis Susjemenstra Laksanakan Ujian Taskap

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Menjelang Penutupan Pendidikan yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli 2015, hari ini, Kamis (2/7/2015) sebanyak 130 Perwira Siswa (Pasis) Kursus Managemen Strategik (Susjemenstra) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-10 TP 2015 yang terdiri dari 7 orang perwira k

Memperkuat TNI Jangan Hanya Tambal Sulam

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Anggota Komisi I DPR RI FPDIP Effendy Simbolon menegaskan, jika pihaknya tidak ada keraguan dengan sosok Gatot Nurmantiyo sebagai calon Panglima TNI.