Sejak 26 Tahun Terakhir

Tujuh Badak Sumatra Tertangkap Kamera

NASIONAL
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*
BBC.CO.UK/PRLM
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*

BANDA ACEH, (PRLM).- Para pegiat lingkungan mengatakan tujuh badak yang nyaris punah terekam foto di Taman Nasional Leuser, Aceh, yang merupakan foto pertama dalam 26 tahun terakhir.

"Kami pasang 28 kamera sejak Juli lalu dan dari situ enam bulan kemudian kami dapatkan sekitar 1.000 gambar dan dari gambar itulah kami coba analisis tentang populasi badak ini," kata Jamal Gawi, Direktur Yayasan Leuseur Internasional kepada BBC Indonesia.

Jamal mengatakan dari foto yang ada, terekam satu ekor badak jantan dan enam betina dan populasi badak diperkirakan tidak lebih dari 27 ekor.

Ia mengatakan informasi terakhir tentang adanya badak diperoleh sekitar 26 tahun lalu. "Hasil survei ini merupakan berita gembira tentang konservasi badak," tambahnya.

Upaya selanjutnya, kata Jamal adalah melakukan survei lebih lanjut di tujuh lokasi lain di Leuser yang diperkirakan menjadi habitat binatang yang dilindungi ini.

Langkah meneliti populasi badak, menurut Jamal, dilakukan, pada saat para pegiat lingkungan meneliti populasi harimau tahun 2008. Saat penelitian itu mereka juga menemukan jejak-jejak badak.

Saat ini diperkirakan terdapat hanya 200 ekor badak Sumatra yang terdapat di Indonesia dan Malaysia, setengah dari jumlah 15 tahun lalu.

Sekitar 70% populasi badak punah sejak tahun 1985, terutama karena perburuan dan hilangnya habitat.(bbc/A-147)***

Baca Juga

KRI Banjarmasin-592 Ikuti World Expo Milano 2015

NASIONAL

SURABAYA, (PRLM).- Satu hari menjelang keberangkatan untuk melaksanakan operasi Kartika Jala Krida (KJK) yaitu pelayaran muhibah ke luar negeri dalam rangka mengikuti ajang internasional World Expo Milano (WEM) 2015 di Genoa, Italia, KRI Banjarmasin-592 yang dikomandani Letkol Laut (P) Rahmat Ar

Menteri PU-PR Dibawa Blusukan ke Lokasi Penyebab Banjir

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Jumat (1/5/2015) membawa Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono, blusukan ke kawasan pertemuan Kali Pepe dan Kali Anyar yang belum lama ini meluap dan menimbulkan banjir bandang.

Setiap Sakit, Keluarga Miskin Alami Distabilitas Ekonomi

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Belanja atau pengeluaran biaya kesehatan keluarga/rumah tangga di Indonesia relatif rendah, rata-rata hanya 2,1 persen dari total konsumsi. Rumah tangga yang memiliki asuransi kesehatan, cenderung lebih besar pengeluaran biaya kesehatannya.

Kisah Lutung Kelahiran Inggris Beradaptasi di Hutan Jawa

NASIONAL

MALANG, (PRLM).- Dua kelompok lutung yang terdiri dari sembilan ekor tampak kebingungan ketika kandang buatan dibuka. Mereka tak segera keluar dari kandang. Tetapi kemudian mereka mulai melompat ke pohon-pohon yang berada di Hutan Lindung Kondang Merak, Malang, Jawa Timur.