Tujuh Badak Sumatra Tertangkap Kamera

SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*
BBC.CO.UK/PRLM
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*

BANDA ACEH, (PRLM).- Para pegiat lingkungan mengatakan tujuh badak yang nyaris punah terekam foto di Taman Nasional Leuser, Aceh, yang merupakan foto pertama dalam 26 tahun terakhir.

"Kami pasang 28 kamera sejak Juli lalu dan dari situ enam bulan kemudian kami dapatkan sekitar 1.000 gambar dan dari gambar itulah kami coba analisis tentang populasi badak ini," kata Jamal Gawi, Direktur Yayasan Leuseur Internasional kepada BBC Indonesia.

Jamal mengatakan dari foto yang ada, terekam satu ekor badak jantan dan enam betina dan populasi badak diperkirakan tidak lebih dari 27 ekor.

Ia mengatakan informasi terakhir tentang adanya badak diperoleh sekitar 26 tahun lalu. "Hasil survei ini merupakan berita gembira tentang konservasi badak," tambahnya.

Upaya selanjutnya, kata Jamal adalah melakukan survei lebih lanjut di tujuh lokasi lain di Leuser yang diperkirakan menjadi habitat binatang yang dilindungi ini.

Langkah meneliti populasi badak, menurut Jamal, dilakukan, pada saat para pegiat lingkungan meneliti populasi harimau tahun 2008. Saat penelitian itu mereka juga menemukan jejak-jejak badak.

Saat ini diperkirakan terdapat hanya 200 ekor badak Sumatra yang terdapat di Indonesia dan Malaysia, setengah dari jumlah 15 tahun lalu.

Sekitar 70% populasi badak punah sejak tahun 1985, terutama karena perburuan dan hilangnya habitat.(bbc/A-147)***

Baca Juga

Ini Pekerjaan Rumah untuk Menpan RB dan Kepala BPN yang Baru

Jakarta, (PR).- Pergantian menteri Kabinet Kerja yang kedua oleh Presiden Jokowi mendapat apresiasi dari Komisi II DPR RI. Perombakan kabinet ini diharapkan mampu menguatkan konsolidasi dan menguatkan program Trisakti Nawacit, sehingga kinerja pemerintah meningkat signifikan.

Eksekusi Mati Dilakukan Tengah Malam Ini

CILACAP, (PR).- Ekskusi hukuman mati terhadap terpidana mati gembong narkoba di Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah dipastikan dilakukan pada Kamis 28 Juli 2016 malam ini.

Indonesia tak Mau Turki Ikut Campur Urusan Dalam Negeri

JAKARTA, (PR).- Pemerintah Indonesia menegaskan kedaulatan Indonesia dan tidak ingin adanya pihak luar mencampuri urusan dalam negeri. Hal ini termasuk berkaitan dengan keberadaan sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.

REVOLVER  Colt .45 yang pernah dimiliki Jenderal George S. Patton terjual seharga US$ 75.000 pada lelang di Los Angeles.*

YLBHI: Eksekusi Mati Cacat Hukum

JAKARTA, (PR).- Ekesekusi mati yang dilakukan pemerintah terhadap tiga terpidana mati yakni Sack Osame, Humprey Jefferson, dan Freddy Budiman beberapa waktu lalu dianggap melanggar sejumlah undang-undang.