Sejak 26 Tahun Terakhir

Tujuh Badak Sumatra Tertangkap Kamera

NASIONAL
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*
BBC.CO.UK/PRLM
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*

BANDA ACEH, (PRLM).- Para pegiat lingkungan mengatakan tujuh badak yang nyaris punah terekam foto di Taman Nasional Leuser, Aceh, yang merupakan foto pertama dalam 26 tahun terakhir.

"Kami pasang 28 kamera sejak Juli lalu dan dari situ enam bulan kemudian kami dapatkan sekitar 1.000 gambar dan dari gambar itulah kami coba analisis tentang populasi badak ini," kata Jamal Gawi, Direktur Yayasan Leuseur Internasional kepada BBC Indonesia.

Jamal mengatakan dari foto yang ada, terekam satu ekor badak jantan dan enam betina dan populasi badak diperkirakan tidak lebih dari 27 ekor.

Ia mengatakan informasi terakhir tentang adanya badak diperoleh sekitar 26 tahun lalu. "Hasil survei ini merupakan berita gembira tentang konservasi badak," tambahnya.

Upaya selanjutnya, kata Jamal adalah melakukan survei lebih lanjut di tujuh lokasi lain di Leuser yang diperkirakan menjadi habitat binatang yang dilindungi ini.

Langkah meneliti populasi badak, menurut Jamal, dilakukan, pada saat para pegiat lingkungan meneliti populasi harimau tahun 2008. Saat penelitian itu mereka juga menemukan jejak-jejak badak.

Saat ini diperkirakan terdapat hanya 200 ekor badak Sumatra yang terdapat di Indonesia dan Malaysia, setengah dari jumlah 15 tahun lalu.

Sekitar 70% populasi badak punah sejak tahun 1985, terutama karena perburuan dan hilangnya habitat.(bbc/A-147)***

Baca Juga

Kemenlu Raih Opini WTP Tiga Tahun Berturut-turut

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan tahun 2014.

Kuasa Hukum Novel Baswedan Tunjukkan 77 Dokumen Surat

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kuasa Hukum Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan menunjukkan 77 dokumen surat guna memperkuat dalil pembuktian gugatan praperadilan atas Kepolisian Republik Indonesia.

LIPI Akan Gelar Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kemenristekdikti akan menyelenggarakan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (Kipnas) XI/2015. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pada Oktober mendatang.

Pemerintah Didesak Buka Akses Naskah RUU KUHP

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Aliansi Nasional Reformasi KUHP mendesak pemerintah membuka akses publik terhadap naskah Rancangan Undang Undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) 2015. Hal itu dilakukan agar pembahasan rancangan KUHP berkualitas.