Tujuh Badak Sumatra Tertangkap Kamera

SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*
BBC.CO.UK/PRLM
SAAT ini terdapat sekitar 200 badak Sumatra di hutan Indonesia dan Malaysia.*

BANDA ACEH, (PRLM).- Para pegiat lingkungan mengatakan tujuh badak yang nyaris punah terekam foto di Taman Nasional Leuser, Aceh, yang merupakan foto pertama dalam 26 tahun terakhir.

"Kami pasang 28 kamera sejak Juli lalu dan dari situ enam bulan kemudian kami dapatkan sekitar 1.000 gambar dan dari gambar itulah kami coba analisis tentang populasi badak ini," kata Jamal Gawi, Direktur Yayasan Leuseur Internasional kepada BBC Indonesia.

Jamal mengatakan dari foto yang ada, terekam satu ekor badak jantan dan enam betina dan populasi badak diperkirakan tidak lebih dari 27 ekor.

Ia mengatakan informasi terakhir tentang adanya badak diperoleh sekitar 26 tahun lalu. "Hasil survei ini merupakan berita gembira tentang konservasi badak," tambahnya.

Upaya selanjutnya, kata Jamal adalah melakukan survei lebih lanjut di tujuh lokasi lain di Leuser yang diperkirakan menjadi habitat binatang yang dilindungi ini.

Langkah meneliti populasi badak, menurut Jamal, dilakukan, pada saat para pegiat lingkungan meneliti populasi harimau tahun 2008. Saat penelitian itu mereka juga menemukan jejak-jejak badak.

Saat ini diperkirakan terdapat hanya 200 ekor badak Sumatra yang terdapat di Indonesia dan Malaysia, setengah dari jumlah 15 tahun lalu.

Sekitar 70% populasi badak punah sejak tahun 1985, terutama karena perburuan dan hilangnya habitat.(bbc/A-147)***

Baca Juga

SILATURAHMI dan pembekalan Perkumpulan Pemberantasan Tuberculosis Indonesia (PPTI) diikuti 245 kader Pengawas Menelan Obat (PMO) TB.*

Kota Solo Berisiko Tinggi Penyebaran Penyakit TB

SOLO, (PR).- Kepala Balai Besar Kesehatan Patu Masyarakat (BBKPM) Solo, dr. Riskiyana S. Putra, mengungkapkan, Kota Solo termasuk salah satu daerah berisiko tinggi dalam penyebaran penyakit tuberculosis (TB).

Cisomang Bisa Dilewati Kendaraan Tonase Maksimal 45 Ton

PURWAKARTA, (PR).- Semua golongan kendaraan sudah dapat melintasi Jembatan Cisomang per 1 April 2017 mendatang. Meski begitu, ada filtering kendaraan yakni dengan beban gandar maksimum 10 ton. Beban kendaraan untuk kendaraan golongan V dengan beban maksimum 45 ton.

Damai Dengan JLJ, Kartika Dewi Cabut Gugatan

JAKARTA, (PR).- PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) dan korban banjir jalan tol Cikunir, Kartika Dewi, telah sepakat untuk melakukan perdamaian. Kuasa hukum Kartika telah mencabut gugatan yang dilayangkan setelah PT JLJ memberikan ganti rugi dan berjanji memperbaiki mutu layanan publik.

TMP dan RMP Konsisten Kawal Sidang Ahok

JAKARTA, (PR).- Taruna Merah Putih (TMP) dan Relawan Merah Putih (RMP) berjanji akan konsisten untuk mengawal sidang Ahok hingga proses sidang berakhir.