Salju Turun di Dataran Dieng

BANJARNEGARA, (PRLM).- Cuaca ekstrem di puncak kemarau menyebabkan hujan salju di Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara Jawa Tengah sejak dua hari terakhir. Suhu udara di kawasan mencapai 5 di bawah nol derajat Celsius.

Diperkirakan saat mendekati bulan purnama, suhu semakin ekstrem, "Suhu akan mencapai titik terendah sejak pukul 02.00-06.00 pagi, saat sahur dinginnya sangat menusuk tulang," kata Sekretaris Kelompok Tani Kentang Perkasa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Kabul Suwoto, Selasa (31/7).

Namun pada siang hari suhu udara mencai 24 derajat Celsius suhu ekstrem tersebut sudah terjadi selama dua hari terakhir ini.

Akibat suhu ekstrem itu, lahan pertanian kentang menjadi seperti hamparan salju yang memutih. Penduduk setempat menyebutnya sebagai embun upas atau embun yang membeku. Telah menutup lahan kentang seluas 50 hektare serangan mbus upas menyebabkan tanaman kering seperti terbakar.

"Biasanya kalau terkena embun upas, tanaman kentang akan mati. Daun-daunnya kecoklatan seperti terbakar,” jelasnya.

Untuk menghindari puso, petani menutup tanaman kentangnya dengan plastik tembus cahaya. “Mereka baru melakukannya sekarang, karena agak terlambat mengantisipasi," terangnya.

Kemungkinan embun upas masih akan turun lagi, karena saat ini kondisi suhu esktrem masih terjadi.

Ketua Masyarakat Pariwisata Dieng, Alif Rahman, menambahkan, hamparan salju di Dieng justru menjadi daya tarik untuk wisatawan. Fenomena embun yang membeku dan berwarna putih ini biasanya terjadi pada puncak musim kemarau. Pada siangnya panas, tetapi pada dinihari dingin luar biasa.

Hamparan salju hanya terjadi di wilayah Desa Dieng Kulon. Desa ini merupakan lembah yang dikelilingi pegunungan bekas Gunung Dieng purba. Mbun upas terlihat jelas di sekitar Kawasan Gunung Arjuna. Selain tanaman, bangunan candi juga dikelilingi salju yang sebenarnya embun yang membeku.

“Hamparan putih inilah yang paling dinantikan oleh wisatawan lokal, yang belum pernah melihat salju. Banyak wisatawan yang datang hanya untuk mengetahui hamparan putih seperti salju yang terjadi di Dieng," jelasnya. (A-99/A-26).***

Baca Juga

922.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

JAKARTA, (PR).- Sejak H-10 hingga 1 hari menjelang Hari Idulfitri 1438 Hijriah, PT Jasa Marga mencatat 922.000 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut).

GMT 2016, gerhana, yogyakarta,

Sidak Bangunan Liar Sempadan Pantai

YOGYAKARTA, (PR).- Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hasto Wardoyo, menginspeksi dan memberi peringatan warga yang membangun bangunan di sempadan Pantai Glagah hingga Pantai Congot karena melanggar aturan.