Tahun 2013, Persib Bisa Gunakan SOR Gedebage

BANDUNG, (PRLM).- Meski akan selesai pada Desember 2012 mendatang, Persib Bandung dipastikan belum akan bisa menggunakan Stadion Gedebage pada kompetisi mendatang. Hal itu dikarenakan, Stadion Gedebage diperkirakan baru bisa digunakan pada akhir 2013 mendatang.

"Stadion memang sudah jadi pada Desember nanti. Tetapi akses jalan menuju stadion belum lengkap. Sehingga belum bisa langsung digunakan," ujar Kuasa Pengguna Anggaran Pembangunan Stadion Gedebage, Yayat Ahmad Sudrajat di Stadion Gedebage, Selasa (17/7/12).

Dengan demikian, Persib diperkirakan bakal kembali menggunakan Stadion Siliwangi atau Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung di awal musim mendatang.

Diungkapkan Yayat, akses jalan utama menuju Stadion Gedebage adalah jalan tol. Akses jalan tol tersebut rencananya akan dibangun di Tol Padaleunyi KM 149. Namun pembangunan akses tol di KM 149 masih terkendala oleh pembebasan lahan. Saat ini masih ada kendala untuk memebaskan lahan dari Ciwastra hingga Jln. Soekarno-Hatta oleh pemerintah pusat. Sehingga diperkirakan pembangunan akses tol di KM 149 belum bisa diselesaikan pada Desember mendatang.

Sedangkan akses tol yang ada saat ini yaitu di KM 151, tidak diperkenankan menjadi akses menuju stadion kecuali untuk akses kendaraan pembangunan.

"Akses tol di KM 151 memang tidak boleh digunakan untuk jalan umum. Berdasarkan ijin yang telah dikeluarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum, akses tol KM 151 hanya selama proses pembangunan. Dari ijin tersebut, tidak diperbolehkan digunakan sebagai akses jalan menuju stadion untuk pertandingan. Bahkan untuk ujicoba pun tidak diperbolehkan," jelasnya.

Bahkan, lanjut Yayat, perjanjian tersebut telah ditandatangani oleh Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada di atas kertas bersegel.

Jika tetap akan digunakan, kata Yayat, maka akses jalan yang hanya bisa digunakan hanya Jln. Cimincrang. Namun jalan tersebut diperkirakan tidak akan bisa menampung jumlah kendaraan yang bakal menuju stadion. "Dengan demikian, maka harus mengorbankan warga yang tinggal di daerah Cimincrang," tuturnya. Kendati demikian, saat ini tengah dicarikan alternatif jalan keluarnya agar stadion tetap bisa digunakan, khususnya saat peresmian.

Sementara Ketua KONI Kota Bandung, Aan Johana saat memantau langsung membangunan stadion Gedebage kemarin menuturkan, setelah melihat langsung Kondisi Stadion Gedebage, dirinya bangga Kota Bandung akan mempunyai stadion sepakbola yang megah. Namun ada beberapa hal yang perlu dipikirkan pemerintah seperti pengadaan venue lain disekitar stadion dan akses jalan masuk menuju stadion agar tidak mengganggu masyarakat sekitar.

"Saya bangga Bandung akan mempunyai stadion yang megah. Apalagi beberapa provinsi juga melakukan study banding ke Stadion Gedebage karena dianggap bagus. Tapi ada yang perlu dipikirkan pemerintah seperti venue lain dan akses jalan. Harapannya jika ada venue lain, lokasi ini menjadi sport center hingga bisa digunakan untuk even-even besar seperti PON mendatang," katanya.

Tidak itu saja, Aan juga mengaku dalam pengelolaan stadion harus ada pengelola khusus agar lebih profesional. "Dengan stadion yang megah seperti ini, pengelolaannya harus profesional hingga harus ada pengelola khusus," ujarnya. (A-193/A-108)***

Baca Juga

Catatan Sejumlah Mantan Pemain Persib di Tim Barunya

MENGAWALI musim baru, perubahan merupakan hal yang wajar dialami tim sepak bola. Masuknya pemain baru dan keluarnya pemain lama terjadi demi memenuhi kebutuhan tim yang berujung pada target prestasi yang lebih baik.

Partai Tunda Borneo FC vs Persib Digelar 8 November

BANDUNG, (PR).- Kepastian jadwal pertandingan antara Pusamania Borneo FC menghadapi Persib yang sedianya berlangsung pada tanggal 16 September, akhirnya mulai menemui titik terang. Hal ini setelah PT.

Persija Lebih Keras Dibanding Persib

PERSIB mengakhiri puasa kemenangannya saat menekuk Mitra Kukar 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat 27 Oktober 2017 lalu.

#KlipingPR Akhir Dramatis Debut Persib Bandung di Divisi Utama

7 November 1983. PERSIB Bandung mencetak sejarah gemilang pada Kejuaraan Nasional PSSI tahun 1983. Pada tahun itu akhirnya Persib berhasil berkompetisi di divisi utama. Sebagai tim promosi, Persib bisa melaju hingga final.