KPK Terima Pengaduan Korupsi Lewat SMS

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng 10 perusahaan operator seluler membuka jalur pengaduan korupsi melalui pesan singkat (SMS). Melalui cara ini diharapkan pemberantasan korupsi bisa dilakukan secara masif.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan, 10 perusahaan operator seluler menandatangani kerja sama dengan KPK untuk membuka saluran pengaduan korupsi 1575. Mereka adalah PT Telkomsel Tbk, PT Axis Telekom Indonesia, PT Bakrie Telecom Tbk, PT Hutchison Telecomunications Indonesia, PT Indosat Tbk, PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, PT Smartfren Telecom Tbk, PT Smart Telecom, PT Telkom, PT XL Aciata Tbk.

"Sepuluh operator seluler ini menjadi bagian penting dari program pemberantasan korupsi. Mereka adalah pihak swasta yang memiliki keberanian bersama KPK melakukan investasi bersama untuk membangun pemberantasan korupsi," kata Bambang kepada wartawan usai penandatanganan kerja sama di Gedung KPK, Senin (16/7).

Ia mengatakan, dalam kesepakatan itu perusahaan seluler sepakat memberikan nomor akses 1575 untuk menyampaikan semua bentuk informasi tentang korupsi yang diketahui masyarakat. Dengan demikian akan terbangun sistem pemberantasan korupsi bersama masyarakat. Tidak hanya dengan cara menangkap pelakunya, tetapi juga membangun sistem pencegahan.

"Daya jangkau seluler yang mencapai 220 juta menjadi informasi pemberantasan korupsi yang masif. Daya jangkau 220 juta itu artinya hampir rata-rata satu orang penduduk Indonesia punya satu seluler," kata Bambang.

Agus Simorangkir mewakili XL Axiata mengatakan, jaringan operator seluler yang menyebar sampai ke pelosok tanah air dan daerah perbatasan akan mampu menjaring informasi tentang korupsi dari seluruh wilayah Indonesia. "Sampai ke perbatasan-perbatasan antar negara. Titik-titik rawan seperti itu, masyarakat akan mudah menginformasikan demi pencegahan tindak pidana korupsi," katanya. (A-170/A-147)***

Baca Juga

Kawanan Penyu Menepi di Pantai Selatan

NASIONAL
BANTUL, (PRLM).- Sejumlah penyu laut tampak menepi di kawasan Pantai Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedatangan kawanan reptil bercangkang ke pesisir pantai Kota Pelajar, tidak lain adalah untuk bertelur.
 

Kecelakaan di Tol Cipali Bukan Karena Prasarana

NASIONAL
MENTERI  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono saat diwawancara di Istana Kepresidenan, Selasa (7/7/2015).*

JAKARTA, (PRLM).- Terjadinya kecelakaan di km 178 Tol Cipali bukan karena faktor prasarana tol yang tidak memadai. Tol Cikopo-Palimanan sudah laik operasi. Itu sebabnya, para pengemudi harus beristirahat setelah kelelahan dan tidak memaksakan terus melaju kencang di jalan tol.

Gatot dan Sutiyoso 'Berterima Kasih' ke Media

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Sutiyoso berterima kasih pada media massa setelah dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Pacman Kunjungi Mary Jane

NASIONAL
Pacman Kunjungi Mary Jane

YOGYAKARTA,(PRLM).- Petinju internasional asal Filipina Manny Pacquiao memenuhi janjinya untuk menjenguk terpidana mati kasus narkoba asal negaranya Mary Jane di Lapas Wirogunan Yogyakarta Jumat (10/7/2015) pagi.