Android Telah Digunakan Sebanyak 51,8 Persen Smartphone di AS

NEW YORK CITY, (PRLM).- Perusahaan analis populer Nielsen telah menerbitkan laporan tentang pasar smartphone di Amerika Serikat pada kuartal kedua 2012. Pada kuartal tersebut menunjukkan pertumbuhan yang terus berlanjut dimana sebanyak dua per tiga dari seluruh konsumen menggunakan smartphone, demikian dilaporkan laman GSMarena, Jum'at (13/7/12).

Android kembali mendominasi pasar smartphone dunia, khususnya untuk pasar Amerika Serikat dengan digunakan oleh 51,8 persen semua smartphone yang digunakan di Amerika Serikat dan sebanyak 54,6 persen dibeli lebih dari tiga bulan yang lalu. Dan itu menunjukkan kuartal sebelum diluncurkannya Samsung Galaxy S III.

iOS adalah platform lainnya yang juga mengalami kenaikan dalam jumlah pengguna, pengguna OS mobile besutan Apple Inc., itu sebanyak 34,3 persen untuk pengguna smartphone di Amerika Serikat dan sebanyak 36,3 persen pengguna baru. Kemungkinan akan mengalami penurunan angka penjualan pada kuartal ketiga karena ketersediaan iPhone 4S, tapi akan kembali mengalami kenaikan dengan seiring keluarnya iPhone 5.

Blackberry adalah platform lainnya yang dicatat oleh Nielsen yang terus mengalami penurunan. Sedangkan RIM OS masih memiliki pangsa pasar sebesar 8,1 persen untuk pasar smartphone Amerika Serikat dan hanya meraih pangsa pasar sebesar 4 persen untuk pelanggan baru. Ini artinya untuk masa yang akan datang mungkin hanya dua platform yaitu iOS dan Android yang bersaing untuk menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk smartphone di Amerika Serikat. (Ton/A-108)***