Panda Shin Shin Melahirkan di Bonbin Ueno Tokyo

HORISON
PANDA bernama Shin Shin, yang berada di kebun binatang Ueno di Tokyo.*
REUTERS/PRLM
PANDA bernama Shin Shin, yang berada di kebun binatang Ueno di Tokyo.*

TOKYO, (PRLM).- Panda bernama Shin Shin, yang berada di kebun binatang Ueno di Tokyo, pada Kamis (5/7/12) melahirkan seekor bayi, yang menandai kelahiran panda pertama kali dalam 24 tahun di kebun binatang tersebut. Demikian seperti dikutip Reuters, Kamis (5/7/12).

Shin Shin dan pasangannya, Ri Ri, tiba di Tokyo dari China pada Februari 2011 dan mulai dipertontonkan kepada umum tak lama setelah gempa bumi dan tsunami pada bulan berikutnya.

Gambar televisi menunjukkan Shin Shin yang berumur enam tahun sedang menggendong "benda" mungil di dadanya. Pejabat Ueno mengatakan bayi panda itu berteriak dengan keras.

"Ini pertanda sangat baik," kata dokter hewan yang bekerja di kebun binatang itu kepada televisi nasional NHK.

Harapan bagi lahirnya panda muncul setelah dua panda yang dimonitor kamera kawin pada awal tahun ini.

Harapan tersebut meningkat dalam sebulan terakhir ketika Shin Shin memperlihatkan tanda-tanda kehamilan, seperti kehilangan nafsu makan, lebih sering tidur serta mengalami perubahan hormon.

Petugas kebun binatang mengumumkan kemungkinan kehamilan Shin Shin pekan lalu namun tidak ada keterangan ilmiah yang mendukung kemungkinan tersebut, sehingga publik hanya bisa menunggu apakah Shin Shin suatu saat akan melahirkan.

Kelahiran itu sendiri berlangsung pada sore hari namun jenis kelamin bayi yang dilahirkan Shin Shin masih belum diketahui.

Kelahiran bayi Shin Shin merupakan kelahiran panda yang keempat kalinya di Kebun Binatang Ueno serta yang pertama kalinya terjadi karena proses kawin alami, bukan karena inseminasi buatan. (rtr/A-108)***

Baca Juga

LG Mulai Melakukan Unlock Bootloader

HORISON

SEOUL, (PRLM).- LG umumkan soal langkahnya untuk merilis tool bootloader unlock resmi untuk beberapa handset. Ini menunjukkan pabrikan ponsel asal Seoul ini senang dengan developer pihak ketiga, demikian dilaporkan laman GSMarena.

Misteri Hilangnya Danau di Greenland Terpecahkan

HORISON
PENGERINGAN  danau-danau dapat mempercepat kenaikan permukaan laut secara tiba-tiba menyuntikkan volume besar air ke laut dan melancarkan aliran es lepas pantai.*

MASSACHUSETTS, (PRLM).- Tahun lalu, para ilmuwan dibuat bingung setelah danau di atas lapisan es Greenland tiba-tiba lenyap terkuras pada tingkat yang menyaingi Air Terjun Niagara.

Kreativitas Teknologi Anak Muda Menjanjikan

HORISON

YOGYAKARTA,(PRLM).- Kreativitas anak-anak muda dalam menguasai teknologi digital sangat menjanjikan. Kehebatan mereka memerlukan wadah yang bisa menyalurkan ekspresi positif mereka.

Ilmuwan Jajaki Penggunaan Vaksin TB untuk Obati Diabetes

HORISON

WASHINGTON, (PRLM).- Vaksin TBC tengah dijajaki kemungkinannya untuk digunakan sebagai pengobatan diabetes tipe 1, yang disebabkan oleh serangan terhadap jaringan tubuh dan mempengaruhi kebanyakan di antaranya, orang muda.