Panda Shin Shin Melahirkan di Bonbin Ueno Tokyo

HORISON
PANDA bernama Shin Shin, yang berada di kebun binatang Ueno di Tokyo.*
REUTERS/PRLM
PANDA bernama Shin Shin, yang berada di kebun binatang Ueno di Tokyo.*

TOKYO, (PRLM).- Panda bernama Shin Shin, yang berada di kebun binatang Ueno di Tokyo, pada Kamis (5/7/12) melahirkan seekor bayi, yang menandai kelahiran panda pertama kali dalam 24 tahun di kebun binatang tersebut. Demikian seperti dikutip Reuters, Kamis (5/7/12).

Shin Shin dan pasangannya, Ri Ri, tiba di Tokyo dari China pada Februari 2011 dan mulai dipertontonkan kepada umum tak lama setelah gempa bumi dan tsunami pada bulan berikutnya.

Gambar televisi menunjukkan Shin Shin yang berumur enam tahun sedang menggendong "benda" mungil di dadanya. Pejabat Ueno mengatakan bayi panda itu berteriak dengan keras.

"Ini pertanda sangat baik," kata dokter hewan yang bekerja di kebun binatang itu kepada televisi nasional NHK.

Harapan bagi lahirnya panda muncul setelah dua panda yang dimonitor kamera kawin pada awal tahun ini.

Harapan tersebut meningkat dalam sebulan terakhir ketika Shin Shin memperlihatkan tanda-tanda kehamilan, seperti kehilangan nafsu makan, lebih sering tidur serta mengalami perubahan hormon.

Petugas kebun binatang mengumumkan kemungkinan kehamilan Shin Shin pekan lalu namun tidak ada keterangan ilmiah yang mendukung kemungkinan tersebut, sehingga publik hanya bisa menunggu apakah Shin Shin suatu saat akan melahirkan.

Kelahiran itu sendiri berlangsung pada sore hari namun jenis kelamin bayi yang dilahirkan Shin Shin masih belum diketahui.

Kelahiran bayi Shin Shin merupakan kelahiran panda yang keempat kalinya di Kebun Binatang Ueno serta yang pertama kalinya terjadi karena proses kawin alami, bukan karena inseminasi buatan. (rtr/A-108)***

Baca Juga

Apple Watch 2 Akan Memiliki Fitur Baterai yang Lebih Besar

HORISON

CUPERTINO, (PRLM).- Saat ini Apple tengah mengerjakan smartwatch terbarunya Apple Watch 2. Dari sisi fitur bisa dikatakan mirip dengan generasi sebelumnya. Mungkin yang membedakan yaitu penggunakan baterai yang lebih besar, demikian dilaporkan laman Slashgear.

Kebahagiaan Ramadan XL

HORISON
VICE President XL Central Region Bambang Parikesit (ketiga kanan), Presiden Direktur PT Sinergi Bangun Indonesia (SBI) Reza Nurhilman (keempat kanan), dan Chief Transformation Officer XL Axiata, Willem Lucas Timmermans (kedua kanan) memperlihatkan Kartu K

Benarkah Pembalut Berklorin Picu Kanker Serviks?

HORISON
JAKARTA, (PRLM).- Beredarnya beragam jenis pembalut yang diduga mengandung klorin di pasaran cukup mengkhawatirkan kaum wanita. Salah satu efek sampingnya adalah kanker servik. Namun hal tersebut dibantah oleh dr Oni Khonsa SpOg.
 

Tulisan Kuno Tiongkok Ditemukan di AS

HORISON
JOHN Ruskamp telah menemukan piktogram Tiongkok kuno di Monumen Nasional Petroglyph di Albuquerque, New Mexico, AS.*

CALIFORNIA, (PRLM).- Penemuan Amerika selama berabad-abad telah dihubungkan ke penjelajah Italia Christopher Columbus, namun tulisan-tulisan kuno yang diukir pada bebatuan di seluruh Amerika Serikat bisa membuat sejarah ini harus ditulis ulang.