Aspek Pemasaran Kopi Perlu Perhatian

BANDUNG, (PRLM).- Aspek pemasaran perlu mendapat perhatian agar komoditas kopi dapat terus berkembang. Demikian ujar Kepala Bidang (Kabid) Produksi Perkebunan, Hendy Jatnika, saat dihubungi "PRLM", Jumat (29/6/12).

Menurutnya, bila pengembangan komoditas kopi hanya memperhatikan aspek produksinya saja tanpa memperhatikan pemasaran, petani kopi yang akan terkena dampaknya. "Hasil produksi petani kopi itu akan sia-sia karena tidak ada pasar yang mampu menyerapnya," katanya.

Beberapa upaya yang sedang dilakukan pihaknya untuk membuka pasar kopi antara lain mematenkan merk kopi Preanger melalui sertifikasi indikasi geografis. "Sertifikasi tersebut merupakan suatu tanda yang menunjukkan dari daerah mana barang komoditas yang dimaksud berasal," ujarnya.

Tanda tersebut, menurutnya, mencakup tanda faktor alam, manusia, atau kombinasi dari kedua hal tersebut yang memberi ciri khusus terhadap suatu barang. Dia mengatakan, salah satu komoditas kopi yang berhasil menda patkan sertifikasi geografis saat ini adalah kopi Toraja. (CA-09/A-107)***

Baca Juga

Target Presiden tidak Berubah, Harga Harus Turun

JAKARTA, (PR).- Target Presiden Joko Widodo soal harga-harga kebutuhan pokok jelang puasa dan lebaran tidak berubah. Harga daging, beras, dan minyak harus turun dan tidak boleh seperti pada tahun-tahun sebelumnya yang selalu pasti mengalami kenaikan.

Diversifikasi Bisnis, Kunci Bertahan Dalam Perlambatan Ekonomi

JAKARTA, (PR).- Di tengah perlambatan ekonomi global yang terus berlangsung, perusahaan-perusahaan harus melakukan diversifikasi bisnis agar dapat bertahan. Selain bertahan, dengan upaya diversifikasi itu performa perusahaan justru bisa lebih baik dari pencapaian sebelumnya.

Soal Belanja, Kemenkeu Diminta Jangan Boros dan Manipulatif

JAKARTA, (PR).- Direktur Center for Budget Analiysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai Kementerian Keuangan sebagai bendahara dan pengelola keuangan negara, justru boros dan cenderung manipulatif dalam membelanjakan anggarannya sendiri. Pengadaan yang tidak seusia rencana!