Aspek Pemasaran Kopi Perlu Perhatian

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Aspek pemasaran perlu mendapat perhatian agar komoditas kopi dapat terus berkembang. Demikian ujar Kepala Bidang (Kabid) Produksi Perkebunan, Hendy Jatnika, saat dihubungi "PRLM", Jumat (29/6/12).

Menurutnya, bila pengembangan komoditas kopi hanya memperhatikan aspek produksinya saja tanpa memperhatikan pemasaran, petani kopi yang akan terkena dampaknya. "Hasil produksi petani kopi itu akan sia-sia karena tidak ada pasar yang mampu menyerapnya," katanya.

Beberapa upaya yang sedang dilakukan pihaknya untuk membuka pasar kopi antara lain mematenkan merk kopi Preanger melalui sertifikasi indikasi geografis. "Sertifikasi tersebut merupakan suatu tanda yang menunjukkan dari daerah mana barang komoditas yang dimaksud berasal," ujarnya.

Tanda tersebut, menurutnya, mencakup tanda faktor alam, manusia, atau kombinasi dari kedua hal tersebut yang memberi ciri khusus terhadap suatu barang. Dia mengatakan, salah satu komoditas kopi yang berhasil menda patkan sertifikasi geografis saat ini adalah kopi Toraja. (CA-09/A-107)***

Baca Juga

Ekonomi AS Tumbuh 2,3 Persen dari April Hingga Juni

EKONOMI
PETI kemas kargo menimbun di Pelabuhan Los Angeles akibat 30 kapal peti kemas terlantar di luar Pelabuhan di Los Angeles, California, 19 Februari 2015.*

WASHINGTON, (PRLM).- Ekonomi AS menguat hingga 2,3 persen pada bulan April hingga Juni setelah musim dingin yang buruk.

Perlu Ditelusuri Persoalan Di Balik Demo Pekerja Pelabuhan

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Menanggapi aksi demo pekerja JICT yang mengakibatkan distribusi barang di pelabuhan Tanjung Priok lumpuh, Ketua ITF Asia Pasifik, Hanafi Rustandi menegaskan itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian pekerja dan serikat pekerjanya dalam upaya penyelamatan aset negara agar jangan te

CA Technologies Menunjuk Pemimpin Baru untuk Asia Tenggara

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Perusahaan global pengembang perangkat lunak CA Technologies telah mengumumkan penunjukan Nick Lim sebagai wakil presiden untuk memimpin operasional perusahaan di kawasan Asia Tenggara.

Kredit Konsumer Masih Jadi Captive Market Bank Bjb

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) masih menjadikan kredit konsumer sebagai tulang punggung di bisnis lending dan akan dipertahankan sebagai captive market.