Aspek Pemasaran Kopi Perlu Perhatian

BANDUNG, (PRLM).- Aspek pemasaran perlu mendapat perhatian agar komoditas kopi dapat terus berkembang. Demikian ujar Kepala Bidang (Kabid) Produksi Perkebunan, Hendy Jatnika, saat dihubungi "PRLM", Jumat (29/6/12).

Menurutnya, bila pengembangan komoditas kopi hanya memperhatikan aspek produksinya saja tanpa memperhatikan pemasaran, petani kopi yang akan terkena dampaknya. "Hasil produksi petani kopi itu akan sia-sia karena tidak ada pasar yang mampu menyerapnya," katanya.

Beberapa upaya yang sedang dilakukan pihaknya untuk membuka pasar kopi antara lain mematenkan merk kopi Preanger melalui sertifikasi indikasi geografis. "Sertifikasi tersebut merupakan suatu tanda yang menunjukkan dari daerah mana barang komoditas yang dimaksud berasal," ujarnya.

Tanda tersebut, menurutnya, mencakup tanda faktor alam, manusia, atau kombinasi dari kedua hal tersebut yang memberi ciri khusus terhadap suatu barang. Dia mengatakan, salah satu komoditas kopi yang berhasil menda patkan sertifikasi geografis saat ini adalah kopi Toraja. (CA-09/A-107)***

Baca Juga

Holding Energi Jadikan Pengelolaan Migas Terintegrasi

JAKARTA, (PR).- Pembentukan perusahaan induk atau holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor energi dengan menggabungkan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) ke dalam PT Pertamina (Persero) akan membuat infrastruktur gas yang dimiliki kedua perusahaan bisa dimanfaatkan secara optim

Stop Impor Solar, Pertamina Hemat Devisa Negara

JAKARTA (PR).- Keberhasilan PT Pertamina (Persero), badan usaha milik negara di sektor energi terintegrasi, meningkatkan produksi solar hingga melampaui kebutuhan di dalam negeri tidak hanya mengurangi beban anggaran negara, namun juga meningkatkan nilai tambah dari pembelian minyak mentah.

Pertamina Dinilai Mampu Amankan BBM Selama Lebaran

JAKARTA, (PR).- Tiga lembaga nonpemerintah di bidang energi yaitu Pusat Kebijakan Publik (Puskepi), Indonesia Resources Study (IRESS), dan Energy Watch Indonesia (EWI) yang sering bersikap kritis kepada PT Pertamina (Persero), kali ini memberikan penghargaan kepada BUMN itu.