Aspek Pemasaran Kopi Perlu Perhatian

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Aspek pemasaran perlu mendapat perhatian agar komoditas kopi dapat terus berkembang. Demikian ujar Kepala Bidang (Kabid) Produksi Perkebunan, Hendy Jatnika, saat dihubungi "PRLM", Jumat (29/6/12).

Menurutnya, bila pengembangan komoditas kopi hanya memperhatikan aspek produksinya saja tanpa memperhatikan pemasaran, petani kopi yang akan terkena dampaknya. "Hasil produksi petani kopi itu akan sia-sia karena tidak ada pasar yang mampu menyerapnya," katanya.

Beberapa upaya yang sedang dilakukan pihaknya untuk membuka pasar kopi antara lain mematenkan merk kopi Preanger melalui sertifikasi indikasi geografis. "Sertifikasi tersebut merupakan suatu tanda yang menunjukkan dari daerah mana barang komoditas yang dimaksud berasal," ujarnya.

Tanda tersebut, menurutnya, mencakup tanda faktor alam, manusia, atau kombinasi dari kedua hal tersebut yang memberi ciri khusus terhadap suatu barang. Dia mengatakan, salah satu komoditas kopi yang berhasil menda patkan sertifikasi geografis saat ini adalah kopi Toraja. (CA-09/A-107)***

Baca Juga

Triwulan I-2015, Laba BTN Tumbuh 18%

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk mencatat pertumbuhan laba pada triwulan I-2015 mencapai 18 persen.
Secara umum, kinerja perseroan tersebut tercatat lebih baik, sehingga berpeluang dapat mencapai target yang cukup tinggi, yang ditetapkan pada tahun ini.

Aldrin Jabat Ketua ISEI Wilayah Jabar

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Aldrin Herwany yang juga Direktur Laboratorium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran terpilih menjadi Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Kota Bandung/Wilayah Jawa Barat periode 2015-2018.

Kisruh Garam Bukti Industri Garam Dalam Negeri Masih Lemah

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Kisruh garam untuk keperluan industri di dalam negeri mendapat perhatian serius dari anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin.

Piset Mall Kembangkan Sentra UKM

EKONOMI
GENERAL Manager Marketing dan Promosi WG Group Yenny Christiany saat melakukan penilaian terhadap salah satu peserta lomba produk kreatif di Pendopo Kota Bandung, Minggu (3/5/2015).*

BANDUNG, (PRLM).- Potensialnya potensi industri kreatif dan UKM di Kota Bandung disadari benar oleh WG Group, selaku pengelola Piset Mall.