Aspek Pemasaran Kopi Perlu Perhatian

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Aspek pemasaran perlu mendapat perhatian agar komoditas kopi dapat terus berkembang. Demikian ujar Kepala Bidang (Kabid) Produksi Perkebunan, Hendy Jatnika, saat dihubungi "PRLM", Jumat (29/6/12).

Menurutnya, bila pengembangan komoditas kopi hanya memperhatikan aspek produksinya saja tanpa memperhatikan pemasaran, petani kopi yang akan terkena dampaknya. "Hasil produksi petani kopi itu akan sia-sia karena tidak ada pasar yang mampu menyerapnya," katanya.

Beberapa upaya yang sedang dilakukan pihaknya untuk membuka pasar kopi antara lain mematenkan merk kopi Preanger melalui sertifikasi indikasi geografis. "Sertifikasi tersebut merupakan suatu tanda yang menunjukkan dari daerah mana barang komoditas yang dimaksud berasal," ujarnya.

Tanda tersebut, menurutnya, mencakup tanda faktor alam, manusia, atau kombinasi dari kedua hal tersebut yang memberi ciri khusus terhadap suatu barang. Dia mengatakan, salah satu komoditas kopi yang berhasil menda patkan sertifikasi geografis saat ini adalah kopi Toraja. (CA-09/A-107)***

Baca Juga

HPP Beras tidak Sesuai Kebutuhan Petani

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Anggota Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasluddin, menilai Harga pembelian pemerintah (HPP) beras yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2015 yang ditandatangani presiden Jokowi masih rendah dibandingkan dengan harga beras di masyarakat.

Menko Ekonomi tak Ingin Rupiah Terlalu Lemah

EKONOMI

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan, ia tidak ingin rupiah diperdagangkan terlalu lemah terhadap dolar setelah nilainya merosot ke titik terendah selama 17 tahun terakhir.

Ciamis Siapkan Sapi Impor Australia Untuk Tekan Lonjakan Harga Daging

EKONOMI
Ciamis Siapkan Sapi Impor Australia Untuk Tekan Lonjakan Harga Daging

CIAMIS,(PRLM).-Harga daging sapi lokal menjelang bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1436 H, diperkirakan bakal mengalami kenaikan sebesar 5- 10 persen atau mencapai Rp 105.000 -Rp 110.000 per kilogram.

Pupuk Kujang Bangun Pabrik di Jawa Timur

EKONOMI

KARAWANG, (PRLM).- PT Pupuk Kujang Cikampek berencana membangun pabrik baru yang diberi nama Kujang 1C guna memenuhi kebutuhan pupuk di wilayah pulau Jawa. Namun pabrik tersebut tidak dibangun di wilayah Jawa Barat melainkan di Blok Cepu, Bojonegoro, Jawa Timur.