Pelajaran Seni Penting untuk Otak Kanan

BANDUNG,(PRLM).-Pendidikan seni tidak boleh dipandang sebelah mata karena sebagai penyeimbang dan pengembanan otak kanan. Selama ini pendidikan di Indonesia lebih kepada otak kiri yang bersifat matematis, dan logis.

"Melalui seni membuat semua pelajaran akan lebih muda diserap oleh para siswa," kata praktisi pendidikan dari Inggris, Alison Victoria, saat seminar "Metode Pendidikan Seni bagi Guru" yang diadakan Kerukunan Istri Bank Jabar Banten (BJB) di aula Kibar, Selasa (19/6).

Menurut Alison, dengan seni bisa membuat seseoang untuk lebih mengekspresikan dirinya dan peduli kepada sesama. "Pendidikan Indonesia memang sering dikekang aturan, namun bukan berarti aturan itu jelek. Aturan Indonesia tak bisa kita campakkan lalu diganti dengan aturan dari Amerika," katanya.

Alison menambahkan, sejak kecil seorang anak harus dibiasakan untuk bisa berdisiplin, namun haru s ada waktu khusus untuk eksplorasi seni. "Bisa saja dalam pelajaran di kelas selama sejam, maka pelajaran bisa selama 40 menit dan sisanya bisa bebas berekspresi," katanya.(A-71/A-107)***

Baca Juga

Kebijakan Guru Mengajar 40 Jam Seminggu Jalan Terus

JAKARTA, (PR).- Kendati kebijakan sekolah lima hari dalam sepekan sedang dikaji ulang, pemerintah tetap akan mulai menerapkan kebijakan menambah jam mengajar guru dari 24 jam menjadi 40 jam dalam seminggu pada tahun ajaran 2017/2018.

70 Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) Ditolak Sekolah

BANDUNG, (PR).- Sedikitnya 70 siswa yang tergolong rawan melanjutkan pendidikan (RMP) asal Kota Bandung mendatangi Ombudsman Perwakilan Jawa Barat di Jalan Kebonwaru. Mereka mengadu karena tak diterima oleh SMAN dan SMKN.

Implementasi Alokasi Siswa Miskin pada PPDB tak Terkontrol

JAKARTA, (PR).-Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sering mengabaikan hak siswa miskin dan masyarakat di lingkungan di sekitar tempat tinggalnya untuk mengenyam pendidikan, ternyata telah menjadi fenomena secara nasional.

Tunggu SKTP, 50 Persen Guru di KBB Belum Terima Tunjangan

NGAMPRAH, (PR).- Tunjangan profesi guru (TPG) di Kabupaten Bandung Barat belum semuanya dibayarkan lantaran masih menunggu Surat Keterangan Tunjangan Profesi (SKTP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dinilai Abaikan Kewajiban, Pemprov Jabar tak Anggarkan PPDB 2017

BANDUNG, (PR).- Langkah Pemprov Jabar yang tidak menganggarkan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017 dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dapat berpotensi malaadministrasi. Pasalnya, PPDB merupakan kegiatan tahunan.