Demokrasi di Indonesia Bertentangan dengan Pancasila

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Sistem demokrasi yang dilaksanakan selama ini di Indonesia bertentangan dengan Pancasila. Apabila sistem demokrasi diteruskan akan menghancurkan bangsa Indonesia sendiri.

"Sudah lama politik yang dibangun lebih berdasarkan kekuatan termasuk kekuatan dan kekuasaan materi. Siapa yang paling banyak materi kemungkinan besar akan menang karena bisa mempengaruhi masyarakat," kata Ketua Dewan Pembina Majelis Penegak Pancasila (MPP) Jabar, H. Tubagus Bakti Sudjana, dalam deklarasi MPP di Sabuga ITB, Jumat (8/6).

Sistem demokrasi yang kini dibangun, kata Sudjana, tidak didasari budaya, asas, sifat, dan jatidiri bangsa Indonesia. "Sistem musyawarah yang harusnya dikembangkan bukan adu kekuatan suara apalagi harta," katanya.

Kooptasi partai politik dalam MPR, kata Sudjana, merupakan bentuk penjajahan dan perbudakan gaya baru yang akan melenyapkan kedaulatan bangsa di semua bidang. "MPP Jabar mendesak agar segera dihidupkan dan diimplementasikan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan," katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Diklat Kesamaptaan Bea dan Cukai Berakhir

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Kepala Sub Bagian Pengembangan Pegawai Bea Cukai, Sumarno, menutup Pendidikan dan Latihan Teknis Umum (DTU) Kesamaptaan Bea dan Cukai Tahun Anggaran 2015 yang dilaksanakan di lapangan upacara Skadron Pendidikan (Skadik) 204 Lanud Sulaiman, Bandung, Jumat (20/03/2015).

Thomas Siregar Jadi "Balad Juara of The Month"

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Museum Asia Afrika Thomas Siregar terpilih menjadi 'Balad Juara of The Month', sebuah gelaran program Bandung Indah Plaza dalam mengapresiasi kawula muda Bandung yang berprestasi. Thomas terpilih dari empat nominasi yang berasal dari berbagai latar belakang.

STQ Jabar untuk Hadapi Tingkat Nasional

BANDUNG RAYA
ARMIN ABDUL JABBAR/PRLM

Banjir Jalan Lingkar Bandara Husein

BANDUNG RAYA
HARRY SURJANA/PRLM