Demokrasi di Indonesia Bertentangan dengan Pancasila

BANDUNG, (PRLM).- Sistem demokrasi yang dilaksanakan selama ini di Indonesia bertentangan dengan Pancasila. Apabila sistem demokrasi diteruskan akan menghancurkan bangsa Indonesia sendiri.

"Sudah lama politik yang dibangun lebih berdasarkan kekuatan termasuk kekuatan dan kekuasaan materi. Siapa yang paling banyak materi kemungkinan besar akan menang karena bisa mempengaruhi masyarakat," kata Ketua Dewan Pembina Majelis Penegak Pancasila (MPP) Jabar, H. Tubagus Bakti Sudjana, dalam deklarasi MPP di Sabuga ITB, Jumat (8/6).

Sistem demokrasi yang kini dibangun, kata Sudjana, tidak didasari budaya, asas, sifat, dan jatidiri bangsa Indonesia. "Sistem musyawarah yang harusnya dikembangkan bukan adu kekuatan suara apalagi harta," katanya.

Kooptasi partai politik dalam MPR, kata Sudjana, merupakan bentuk penjajahan dan perbudakan gaya baru yang akan melenyapkan kedaulatan bangsa di semua bidang. "MPP Jabar mendesak agar segera dihidupkan dan diimplementasikan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan," katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Sarapan Sehat Sumbang Kecerdasan Anak

CIMAHI, (PR).- Ada kegiatan berbeda sebelum para siswa memulai pelajaran di SDN Cimahi Mandiri 2 bergegas masuk kelas, di Jalan Dra. Djulaeha Karmita Kota Cimahi, Sabtu 29 April 2017. Mereka mendapat tambahan pengetahuan tentang pentingnya sarapan di pagi hari.

Pembangunan Jalur Puncak II Harus Dilanjutkan

BANDUNG,(PR).- Beberapa kecelakaan yang terjadi di jalur pucak belum lama ini, membuat Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendesak Pemerintah Pusat melanjutkan pembangunan jalur Puncak II Bogor-Cianjur.