Demokrasi di Indonesia Bertentangan dengan Pancasila

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Sistem demokrasi yang dilaksanakan selama ini di Indonesia bertentangan dengan Pancasila. Apabila sistem demokrasi diteruskan akan menghancurkan bangsa Indonesia sendiri.

"Sudah lama politik yang dibangun lebih berdasarkan kekuatan termasuk kekuatan dan kekuasaan materi. Siapa yang paling banyak materi kemungkinan besar akan menang karena bisa mempengaruhi masyarakat," kata Ketua Dewan Pembina Majelis Penegak Pancasila (MPP) Jabar, H. Tubagus Bakti Sudjana, dalam deklarasi MPP di Sabuga ITB, Jumat (8/6).

Sistem demokrasi yang kini dibangun, kata Sudjana, tidak didasari budaya, asas, sifat, dan jatidiri bangsa Indonesia. "Sistem musyawarah yang harusnya dikembangkan bukan adu kekuatan suara apalagi harta," katanya.

Kooptasi partai politik dalam MPR, kata Sudjana, merupakan bentuk penjajahan dan perbudakan gaya baru yang akan melenyapkan kedaulatan bangsa di semua bidang. "MPP Jabar mendesak agar segera dihidupkan dan diimplementasikan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan," katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Abu Gifari: Kemungkinan Besar Pelaku Teror Bom Jakarta dari Kelompok ISIS

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Pihak kepolisian sudah memastikan jika pelaku teror bom di kawasan Jln. H.M Thamrin, Jakarta Pusat, berasal dari kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Meski begitu, polisi masih terus melakukan pendalaman.

Petugas Saksikan Penebangan Pohon Tua

BANDUNG RAYA
TIGA petugas dari Polisi, Satpol PP dan Dinas Bina Marga menyaksikan penebangan pohon besar "mahoni" di pinggir Jalan Raya Majalaya - Pacet, Desa Cipeujeuh, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Minggu (17/1/2016). Penebangan dilakukan antisipasi khawatir r

PIA Skadik 204 Adakan Rapat Paripurna

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Bertempat di ruang rapat Skadron Pendidikan (Skadik) 204 Lanud Sulaiman, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, diadakan rapat paripurna untuk penyerahan kepengurusan baru.

Stok Darah PMI Tinggal untuk Sehari

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Persediaan darah di PMI Kota Bandung, hanya cukup untuk besok Selasa (19/1/2016). Kondisi tersebut terjadi karena PMI Kota Bandung memberikan bantuan darah kepada daerah lain yang membutuhkan.