Tamae Watanabe Kembali Taklukkan Himalaya

TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*
DAWN/PRLM
TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*

KATHMANDU, (PRLM).- Tamae Watanabe (73) berhasil menaklukkan tingginya Gunung Everest atau yang biasa disebut Himalaya. Nenek kelahiran Jepang ini berhasil sampai di puncak Mount Everest pada Sabtu (19/5/12) pagi waktu setempat.

Aksi nenek tersebut merupakan pemecahan rekor dunia kategori wanita tertua yang berhasil menaklukkan Mount Everest.

Seperti dilansir oleh The Mainichi, Sabtu (19/5), Tshering Sherpa, selaku penyelenggara ekspedisi menuturkan, Tamae Watanabe mendaki bersama 30 orang pendaki lainnya. Awalnya tim dijadwalkan akan mencapai puncak Himalaya pada Selasa (15/5/12) lalu. Namun,angin kencang yang ada di lereng gunung membuat para pendaki terhambat sementara.

Pendakian pun sempat terhenti sebanyak dua kali.

Watanabe dan rekannya mengawali perjalanannya dari wilayah Tibet. Nenek kelahiran 21 November 1938 tersebut berangkat dari Kathmandu pada bulan lalu.

Rekor yang dicetak Watanabe mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak pada 16 Mei 2002 lalu. Saat itu, Watanabe berhasil menginjakkan kakinya di puncak Everest melalui jalur selatan yang dimulai dari Nepal.

Selain Watanabe, ada juga Junko Tabei berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Wanita kelahiran jepang tersebut berhasil menaklukkan Mount Everest pada tahun 1975 silam

Sementara itu, seorang pria Nepal bernama Min Bahadur Sherchan menjadi pemegang rekor dunia pria tertua yang berhasil mendaki Mount Everest. Dia berhasil menginjakan kakinya di puncak Pegunungan Himalaya pada bulan Mei 2008. (CA-11/net/A-88)***

Baca Juga

10 Petinju Jabar ke Semifinal Piala Gubernur Maluku

BANDUNG, (PR).- Sedikitnya 10 petinju pelatda Jawa Barat (Jabar) lolos ke semifinal kejuaraan tinju Piala Gubernur Maluku II/2016. Petinju yang lolos terdiri atas 5 petinju putra dan 5 petinju putri.

Pemprov Jabar Serahkan Uang Kadeudeuh kepada Atlet

Terkait Dana Hibah, DPRD Jabar Panggil Pengurus KONI

BANDUNG, (PR).- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari meminta Komisi V untuk segera memeriksa dan mengawasi dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Barat.

lpi, Liga Pendidikan Indonesia, sepak bola, SMPN 52 Bandung, SMPN 20 Bandung.

SMAN 22 Bandung Belum Terkalahkan di Liga Pendidikan Indonesia 2016

BANDUNG, (PR).- Tim sepak bola SMAN 22 Bandung belum terbendung pada babak penyisihan Grup H Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Kota Bandung 2016 tingkat SMA/Sederajat yang berlangsung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu 6 April 2016).