Tamae Watanabe Kembali Taklukkan Himalaya

OLAH RAGA
TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*
DAWN/PRLM
TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*

KATHMANDU, (PRLM).- Tamae Watanabe (73) berhasil menaklukkan tingginya Gunung Everest atau yang biasa disebut Himalaya. Nenek kelahiran Jepang ini berhasil sampai di puncak Mount Everest pada Sabtu (19/5/12) pagi waktu setempat.

Aksi nenek tersebut merupakan pemecahan rekor dunia kategori wanita tertua yang berhasil menaklukkan Mount Everest.

Seperti dilansir oleh The Mainichi, Sabtu (19/5), Tshering Sherpa, selaku penyelenggara ekspedisi menuturkan, Tamae Watanabe mendaki bersama 30 orang pendaki lainnya. Awalnya tim dijadwalkan akan mencapai puncak Himalaya pada Selasa (15/5/12) lalu. Namun,angin kencang yang ada di lereng gunung membuat para pendaki terhambat sementara.

Pendakian pun sempat terhenti sebanyak dua kali.

Watanabe dan rekannya mengawali perjalanannya dari wilayah Tibet. Nenek kelahiran 21 November 1938 tersebut berangkat dari Kathmandu pada bulan lalu.

Rekor yang dicetak Watanabe mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak pada 16 Mei 2002 lalu. Saat itu, Watanabe berhasil menginjakkan kakinya di puncak Everest melalui jalur selatan yang dimulai dari Nepal.

Selain Watanabe, ada juga Junko Tabei berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Wanita kelahiran jepang tersebut berhasil menaklukkan Mount Everest pada tahun 1975 silam

Sementara itu, seorang pria Nepal bernama Min Bahadur Sherchan menjadi pemegang rekor dunia pria tertua yang berhasil mendaki Mount Everest. Dia berhasil menginjakan kakinya di puncak Pegunungan Himalaya pada bulan Mei 2008. (CA-11/net/A-88)***

Baca Juga

Liga Prancis

Radamel Falcao Kembali ke Monaco?

OLAH RAGA

MONACO, (PRLM).- Radamel Falcao dikabarkan semakin dekat dengan kepulangan ke Monaco setelah Chelsea menyampaikan niatnya untuk mengakhiri masa pinjaman sang penyerang di Stamford Bridge.

Liga Inggris

Tiago Ilori Kembali ke Liverpool

OLAH RAGA

LIVERPOOL, (PRLM).- Liverpool mengonfirmasi, bek Tiago Ilori sudah resmi kembali dari masa peminjaman di Aston Villa.

Liga Italia

Kejutan, Udinese Tumbang di Kandang Carpi

OLAH RAGA

CARPI, (PRLM).- Carpi membuat kejutan dengan menumbangkan Udinese 2-1 pada lanjutan Serie A Italia, Sabtu (9/1/2016). Tiga poin Carpi sekaligus mengakhiri tren positif Udinese yang baru saja merangkai dua kemenangan beruntun sebelum ini.

Gonvalves Pimpin Kategori Motor Reli Dakar 2016

OLAH RAGA

SALTA,(PRLM).- Memasuki hari istirahat di Salta, Argentina Minggu (10/1/2015) setelah menyelesaikan tujuh etape Reli Dakar, Paulo Goncalves asal Portugal dari tim Honda Racing memimpin klasemen motor.