Tamae Watanabe Kembali Taklukkan Himalaya

TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*
DAWN/PRLM
TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*

KATHMANDU, (PRLM).- Tamae Watanabe (73) berhasil menaklukkan tingginya Gunung Everest atau yang biasa disebut Himalaya. Nenek kelahiran Jepang ini berhasil sampai di puncak Mount Everest pada Sabtu (19/5/12) pagi waktu setempat.

Aksi nenek tersebut merupakan pemecahan rekor dunia kategori wanita tertua yang berhasil menaklukkan Mount Everest.

Seperti dilansir oleh The Mainichi, Sabtu (19/5), Tshering Sherpa, selaku penyelenggara ekspedisi menuturkan, Tamae Watanabe mendaki bersama 30 orang pendaki lainnya. Awalnya tim dijadwalkan akan mencapai puncak Himalaya pada Selasa (15/5/12) lalu. Namun,angin kencang yang ada di lereng gunung membuat para pendaki terhambat sementara.

Pendakian pun sempat terhenti sebanyak dua kali.

Watanabe dan rekannya mengawali perjalanannya dari wilayah Tibet. Nenek kelahiran 21 November 1938 tersebut berangkat dari Kathmandu pada bulan lalu.

Rekor yang dicetak Watanabe mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak pada 16 Mei 2002 lalu. Saat itu, Watanabe berhasil menginjakkan kakinya di puncak Everest melalui jalur selatan yang dimulai dari Nepal.

Selain Watanabe, ada juga Junko Tabei berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Wanita kelahiran jepang tersebut berhasil menaklukkan Mount Everest pada tahun 1975 silam

Sementara itu, seorang pria Nepal bernama Min Bahadur Sherchan menjadi pemegang rekor dunia pria tertua yang berhasil mendaki Mount Everest. Dia berhasil menginjakan kakinya di puncak Pegunungan Himalaya pada bulan Mei 2008. (CA-11/net/A-88)***

Baca Juga

Tim Dayung Indonesia Punya Masih Bisa Adaptasi

RIO DE JANEIRO, (PR).- Tim rowing Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 masih memiliki waktu sekitar lima hari lagi untuk melakukan adaptasi, menenangkan pikiran, dan mematangkan persiapan. Mereka akan memulai perjuangannya di Rio akhir pekan ini.

Swansea tak Akan Lepaskan Ashley Williams

LONDON, (PR).- Swansea City menolak kontrak seharga 10 juta pounds yang ditawarkan Everton kepada Ashley Williams.

Kabarnya, The Wales dan kapten Swansea ini nyaris mencapai kata sepakat untuk memboyong Williams ke Goodison Park.

Arena Boling PON XIX Masih Terbengkalai

BANDUNG, (PR).- Renovasi arena boling PON XIX Jabar masih belum dilanjutkan. Bahkan, 6 lintasan yang mulai diperbaiki sejak pertengahan April 2016 masih belum bisa digunakan.

Daftar Pemain yang Ramaikan Penutupan Bursa Transfer

LONDON, (PR).- Musim baru Liga Inggris akan berlangsung pekan depan. Klub-klub besar di Liga Eropa akan menutup bursa transfer dengan mendatangkan beberapa pemain sebelum liga dimulai.