Tamae Watanabe Kembali Taklukkan Himalaya

TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*
DAWN/PRLM
TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*

KATHMANDU, (PRLM).- Tamae Watanabe (73) berhasil menaklukkan tingginya Gunung Everest atau yang biasa disebut Himalaya. Nenek kelahiran Jepang ini berhasil sampai di puncak Mount Everest pada Sabtu (19/5/12) pagi waktu setempat.

Aksi nenek tersebut merupakan pemecahan rekor dunia kategori wanita tertua yang berhasil menaklukkan Mount Everest.

Seperti dilansir oleh The Mainichi, Sabtu (19/5), Tshering Sherpa, selaku penyelenggara ekspedisi menuturkan, Tamae Watanabe mendaki bersama 30 orang pendaki lainnya. Awalnya tim dijadwalkan akan mencapai puncak Himalaya pada Selasa (15/5/12) lalu. Namun,angin kencang yang ada di lereng gunung membuat para pendaki terhambat sementara.

Pendakian pun sempat terhenti sebanyak dua kali.

Watanabe dan rekannya mengawali perjalanannya dari wilayah Tibet. Nenek kelahiran 21 November 1938 tersebut berangkat dari Kathmandu pada bulan lalu.

Rekor yang dicetak Watanabe mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak pada 16 Mei 2002 lalu. Saat itu, Watanabe berhasil menginjakkan kakinya di puncak Everest melalui jalur selatan yang dimulai dari Nepal.

Selain Watanabe, ada juga Junko Tabei berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Wanita kelahiran jepang tersebut berhasil menaklukkan Mount Everest pada tahun 1975 silam

Sementara itu, seorang pria Nepal bernama Min Bahadur Sherchan menjadi pemegang rekor dunia pria tertua yang berhasil mendaki Mount Everest. Dia berhasil menginjakan kakinya di puncak Pegunungan Himalaya pada bulan Mei 2008. (CA-11/net/A-88)***

Baca Juga

Sejumlah Atlet Jetski Touring ke Kayong Utara

BANDUNG, (PR).- Sejumlah atlet jetski akan melakukan touring dari Jakarta menuju Selat Karimata, tepatnya di Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimatan Barat.

Lucas Perez, Penyerang Baru Arsenal

LONDON, (PR),- Menjelang penutupan bursa transfer di awal musim 2016/2017, Arsenal resmi mendatangkan dua pemain baru. Salah satu pemain tersebut adalah Lucas Perez. Lucas didatangkan dari Deportivo La Coruna dengan biaya transfer sebesar 17,1 juta poundsterling.

PBI Akan Layangkan Keberatan Keabsahan Mutasi Pemain

BANDUNG, (PR).- Dengan atau tanpa dukungan KONI Jawa Barat, Persatuan Boling Indonesia (PBI) Jabar tetap akan melayangkan keberatan terkait keabsahan Tannya Roumimper yang masuk dalam daftar kontingen boling Jatim untuk PON XIX.

Crutchlow Kuasai Pole MotoGP Inggris

SILVERSTONE, (PR).- Pembalap tuan rumah spesialis lintasan basah Cal Crutchlow (LCR Honda/Inggris) kembali membuktikan kepiawaianya sebagai yang tercepat dan berhak menempati “pole position” pada babak kualfikasi MotoGP Inggris.