Tamae Watanabe Kembali Taklukkan Himalaya

TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*
DAWN/PRLM
TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*

KATHMANDU, (PRLM).- Tamae Watanabe (73) berhasil menaklukkan tingginya Gunung Everest atau yang biasa disebut Himalaya. Nenek kelahiran Jepang ini berhasil sampai di puncak Mount Everest pada Sabtu (19/5/12) pagi waktu setempat.

Aksi nenek tersebut merupakan pemecahan rekor dunia kategori wanita tertua yang berhasil menaklukkan Mount Everest.

Seperti dilansir oleh The Mainichi, Sabtu (19/5), Tshering Sherpa, selaku penyelenggara ekspedisi menuturkan, Tamae Watanabe mendaki bersama 30 orang pendaki lainnya. Awalnya tim dijadwalkan akan mencapai puncak Himalaya pada Selasa (15/5/12) lalu. Namun,angin kencang yang ada di lereng gunung membuat para pendaki terhambat sementara.

Pendakian pun sempat terhenti sebanyak dua kali.

Watanabe dan rekannya mengawali perjalanannya dari wilayah Tibet. Nenek kelahiran 21 November 1938 tersebut berangkat dari Kathmandu pada bulan lalu.

Rekor yang dicetak Watanabe mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak pada 16 Mei 2002 lalu. Saat itu, Watanabe berhasil menginjakkan kakinya di puncak Everest melalui jalur selatan yang dimulai dari Nepal.

Selain Watanabe, ada juga Junko Tabei berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Wanita kelahiran jepang tersebut berhasil menaklukkan Mount Everest pada tahun 1975 silam

Sementara itu, seorang pria Nepal bernama Min Bahadur Sherchan menjadi pemegang rekor dunia pria tertua yang berhasil mendaki Mount Everest. Dia berhasil menginjakan kakinya di puncak Pegunungan Himalaya pada bulan Mei 2008. (CA-11/net/A-88)***

Baca Juga

Lima Fakta Unik Tentang Sepak Bola Islandia

REYKJAVIK, (PR).- Sejarah bagi sepak bola Islandia yang bisa melaju ke delapan besar  Piara Eropa 2016. Mereka masuk dengan mengalahkan negara bergengsi yaitu Inggris dengan skor 2:1.

Nolito Pilih City Daripada Barcelona

LONDON (PR),- Manchester City berharap Nolito (29) segera menandatangani kesepatannya untuk bergabung dengan Pep Guardiola. Pemain timnas Spanyol itu diberi waktu 48 jam untuk menyelesaikan kontraknya.

Bellaetrix Manuputty Dipulangkan ke Klubnya

JAKARTA, (PR).- Waktu enam bulan yang diberikan PBSI kepada pebulutangkis tunggal putri, Bellaetrix Manuputty untuk melakukan pemulihan cedera telah habis.

Kejutan Avermaet Rebut Kaus Kuning TdF 2016

LE LIORAN,(PR).- Pembalap asal Belgia Greg van Avermaet dari tim BMC membuat kejutan dengan merebut kaus kuning setelah sukses solo break sejauh 70 kilometer untuk memenangi etape V balap sepeda Tour de France (TdF), Kamis 7 Juli 2016 dini hari WIB.