Tamae Watanabe Kembali Taklukkan Himalaya

OLAH RAGA
TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*
DAWN/PRLM
TAMAE Watanabe (kanan) berfoto bersama rekannya di Gunung Everest.*

KATHMANDU, (PRLM).- Tamae Watanabe (73) berhasil menaklukkan tingginya Gunung Everest atau yang biasa disebut Himalaya. Nenek kelahiran Jepang ini berhasil sampai di puncak Mount Everest pada Sabtu (19/5/12) pagi waktu setempat.

Aksi nenek tersebut merupakan pemecahan rekor dunia kategori wanita tertua yang berhasil menaklukkan Mount Everest.

Seperti dilansir oleh The Mainichi, Sabtu (19/5), Tshering Sherpa, selaku penyelenggara ekspedisi menuturkan, Tamae Watanabe mendaki bersama 30 orang pendaki lainnya. Awalnya tim dijadwalkan akan mencapai puncak Himalaya pada Selasa (15/5/12) lalu. Namun,angin kencang yang ada di lereng gunung membuat para pendaki terhambat sementara.

Pendakian pun sempat terhenti sebanyak dua kali.

Watanabe dan rekannya mengawali perjalanannya dari wilayah Tibet. Nenek kelahiran 21 November 1938 tersebut berangkat dari Kathmandu pada bulan lalu.

Rekor yang dicetak Watanabe mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak pada 16 Mei 2002 lalu. Saat itu, Watanabe berhasil menginjakkan kakinya di puncak Everest melalui jalur selatan yang dimulai dari Nepal.

Selain Watanabe, ada juga Junko Tabei berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Wanita kelahiran jepang tersebut berhasil menaklukkan Mount Everest pada tahun 1975 silam

Sementara itu, seorang pria Nepal bernama Min Bahadur Sherchan menjadi pemegang rekor dunia pria tertua yang berhasil mendaki Mount Everest. Dia berhasil menginjakan kakinya di puncak Pegunungan Himalaya pada bulan Mei 2008. (CA-11/net/A-88)***

Baca Juga

Whistleblower Klaim Terjadi Doping Besar-besaran

OLAH RAGA
TINGKAT kecurangan yang luar biasa telah dilakukan para atlet, menurut seorang peniup peluit (whistleblower).*

MONAKO, (PRLM).- Sebuah bocoran data uji darah dari ribuan atlet telah memunculkan pertanyaan serius tentang penggunaan obat peningkat kinerja di Olimpiade dan acara olah raga profil tinggi lainnya.

Liga Italia

Gonzalo Higuain Tolak Kontrak Baru Napoli

OLAH RAGA

NAPLES, (PRLM).- Gonzalo Higuain menolak meneken kontrak baru yang disodorkan Napoli, demikian diterangkan agen striker Argentina itu.

Liga Inggris

Baba Rahman Sepakat Pindah ke Chelsea

OLAH RAGA

LONDON, (PRLM).- Langkah Baba Rahman untuk bergabung ke Chelsea kian pasti setelah agennya mengindikasikan adanya kesepakatan pribadi dengan The Blues. Proses transfer sekarang hanya tinggal menunggu persetujuan dari Augsburg.

Sepeda Usia Dini Ultra Milk- PR Seri IV Siap Digelar

OLAH RAGA

BANDUNG,(PRLM).- Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-70 (17/8/2015), balap sepeda pembibitan Usia Dini Ultra Milk-Pikiran Rakyat Seri IV akan digelar Minggu (16/8/2015), di Velodrom Munaip Saleh, Cisangkan-Cimahi.