Kamera Kini Bebas Ambil Gambar Kabah

LUAR NEGERI
KABAH kini bebas dijadikan latar belakang pemotretan jemaah umrah dari sebelumnya dilarang sama sekali.*
SARNAPI/PRLM
KABAH kini bebas dijadikan latar belakang pemotretan jemaah umrah dari sebelumnya dilarang sama sekali.*

MAKKAH,(PRLM).-Apabila beberapa tahun lalu jemaah haji maupun umrah akan kucing-kucingan untuk mengambil gambar di dalam areal Masjidilharam, maka dalam dua tahun terakhir dibebaskan. Namun, banyak juga jemaah yang mengeluhkan kondisi tersebut karena bisa mengganggu kekhusyuan ibadah.

"Sedang asyik-asyiknya salat di Multazam ternyata sebelahnya cekikikan karena mau difoto," kata seorang jemaah umrah Qiblat Tour, Hendi, Selasa (15/5).

Hal sama juga dikatakan pembimbing umrah Qiblat Tour, KH. Asep Totoh Gozali. "Di Raudah Masjid Nabawi banyak orang bergelantungan di Mihrab nabi lalu difoto. Ini kan sudah mengganggu kekhusyuan jemaah umrah lainnyam" katanya.

Demikian pula saat tawaf kerap terganggu saat ada orang mengambil gambar Kabah. "Bebasnya menggunakan kamera mengurangi kesakralan tempat ibadah di tanah suci. Kini tanah suci layaknya tempat-tempat ibadah lainnya yang kurang dari sisi spiritualitasnya," katanya.

Dia berharap agar pengambilan gambar hanya diperbolehkan di luar areal tawaf Masjidilharam naupun di luar areal Raudah dan komplek makam nabi di Madinah.

"Kalau tak dibatasi akan sulit lagi jemaah haji dan umrah bisa khusyu beribadah. Kita tak bisa melawan kemajuan teknologi, namun bisa mengaturnya," katanya.(A-71/A-107)**

Baca Juga

Gempa Nepal

Pegolf Sumbangkan Hadiah untuk Korban Gempa

LUAR NEGERI

WELLINGTON, (PRLM).- Pegolf nomor satu dunia asal Selandia Baru Lydia Ko mendonasikan semua hadiah yang diperolehnya dalam kejuaraan golf (turnamen LPGA) senilai 243.400 dolar Australia atau sekitar sekitar Rp 2,5 miliar untuk warga Nepal.

Militer Nigeria Bebaskan 150 Lagi Tawanan Boko Haram

LUAR NEGERI

ABUJA, (PRLM).- Militer Nigeria mengatakan telah membebaskan 150 orang lagi yang ditawan oleh kelompok militan Boko Haram.

Kate Middleton Masuk RS untuk Melahirkan Anak Kedua

LUAR NEGERI

LONDON, (PRLM).- Kate Middleton atau The Duchess of Cambridge telah berada di rumahsakit untuk mengawali proses melahirkan anak kedua, Sabtu (2/5/2015).

Malam Pertama Putri Kerajaan yang Baru Lahir di Istana Kensington

LUAR NEGERI
Malam Pertama Putri Kerajaan yang Baru Lahir di Istana Kensington

LONDON, (PRLM).- Duke dan Duchess of Cambridge menghabiskan malam pertama mereka bersama dengan putri yang baru lahir di Istana Kensington.