Kamera Kini Bebas Ambil Gambar Kabah

LUAR NEGERI
KABAH kini bebas dijadikan latar belakang pemotretan jemaah umrah dari sebelumnya dilarang sama sekali.*
SARNAPI/PRLM
KABAH kini bebas dijadikan latar belakang pemotretan jemaah umrah dari sebelumnya dilarang sama sekali.*

MAKKAH,(PRLM).-Apabila beberapa tahun lalu jemaah haji maupun umrah akan kucing-kucingan untuk mengambil gambar di dalam areal Masjidilharam, maka dalam dua tahun terakhir dibebaskan. Namun, banyak juga jemaah yang mengeluhkan kondisi tersebut karena bisa mengganggu kekhusyuan ibadah.

"Sedang asyik-asyiknya salat di Multazam ternyata sebelahnya cekikikan karena mau difoto," kata seorang jemaah umrah Qiblat Tour, Hendi, Selasa (15/5).

Hal sama juga dikatakan pembimbing umrah Qiblat Tour, KH. Asep Totoh Gozali. "Di Raudah Masjid Nabawi banyak orang bergelantungan di Mihrab nabi lalu difoto. Ini kan sudah mengganggu kekhusyuan jemaah umrah lainnyam" katanya.

Demikian pula saat tawaf kerap terganggu saat ada orang mengambil gambar Kabah. "Bebasnya menggunakan kamera mengurangi kesakralan tempat ibadah di tanah suci. Kini tanah suci layaknya tempat-tempat ibadah lainnya yang kurang dari sisi spiritualitasnya," katanya.

Dia berharap agar pengambilan gambar hanya diperbolehkan di luar areal tawaf Masjidilharam naupun di luar areal Raudah dan komplek makam nabi di Madinah.

"Kalau tak dibatasi akan sulit lagi jemaah haji dan umrah bisa khusyu beribadah. Kita tak bisa melawan kemajuan teknologi, namun bisa mengaturnya," katanya.(A-71/A-107)**

Baca Juga

Menlu RI Lakukan Enam Pertemuan Bilateral

LUAR NEGERI

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Di sela-sela Pertemuan ASEAN Post Ministerial Conference (PMC), Menlu RI, Retno Marsudi juga melakukan 6 (enam) Pertemuan Bilateral dengan Menlu Korea Selatan, Pakistan, Rusia, Australia, India, dan HRVP Uni Eropa.

Argentina Akan Adili Mantan Presiden Carlos Menem

LUAR NEGERI

BUENOS AIRES, (PRLM).- Mantan Presiden Argentina Carlos Menem dan 12 orang lainnya akan diadili hari Kamis (6/8/2015) atas tuduhan bersekongkol menggagalkan penyidikan serangan bom terhadap pusat komunitas Yahudi tahun 1994.

Pelaku Penembakan di Bioskop di Colorado Dihukum Seumur Hidup

LUAR NEGERI

COLORADO, (PRLM).- Pelaku penembakan dalam bioskop di Colorado, James Holmes, akan menghabiskan sisa hidupnya dalam penjara setelah dewan juri gagal menyepakati hukuman mati di pengadilan distrik di Colorado, Jumat (7/8/2015).

Donald Trump Mengaku tidak Ingat Sering Hina Perempuan

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Kandidat calon presiden dari Partai Republik yang saat ini berada di posisi teratas jajak pendapat, Donald Trump, mengatakan ia tidak ingat pernah menggunakan kata-kata seperti "anjing," "gendut," dan "menjijikkan" untuk menghina perempuan yang menurut Trump menjengkelkan, ta