Kamera Kini Bebas Ambil Gambar Kabah

KABAH kini bebas dijadikan latar belakang pemotretan jemaah umrah dari sebelumnya dilarang sama sekali.*
SARNAPI/PRLM
KABAH kini bebas dijadikan latar belakang pemotretan jemaah umrah dari sebelumnya dilarang sama sekali.*

MAKKAH,(PRLM).-Apabila beberapa tahun lalu jemaah haji maupun umrah akan kucing-kucingan untuk mengambil gambar di dalam areal Masjidilharam, maka dalam dua tahun terakhir dibebaskan. Namun, banyak juga jemaah yang mengeluhkan kondisi tersebut karena bisa mengganggu kekhusyuan ibadah.

"Sedang asyik-asyiknya salat di Multazam ternyata sebelahnya cekikikan karena mau difoto," kata seorang jemaah umrah Qiblat Tour, Hendi, Selasa (15/5).

Hal sama juga dikatakan pembimbing umrah Qiblat Tour, KH. Asep Totoh Gozali. "Di Raudah Masjid Nabawi banyak orang bergelantungan di Mihrab nabi lalu difoto. Ini kan sudah mengganggu kekhusyuan jemaah umrah lainnyam" katanya.

Demikian pula saat tawaf kerap terganggu saat ada orang mengambil gambar Kabah. "Bebasnya menggunakan kamera mengurangi kesakralan tempat ibadah di tanah suci. Kini tanah suci layaknya tempat-tempat ibadah lainnya yang kurang dari sisi spiritualitasnya," katanya.

Dia berharap agar pengambilan gambar hanya diperbolehkan di luar areal tawaf Masjidilharam naupun di luar areal Raudah dan komplek makam nabi di Madinah.

"Kalau tak dibatasi akan sulit lagi jemaah haji dan umrah bisa khusyu beribadah. Kita tak bisa melawan kemajuan teknologi, namun bisa mengaturnya," katanya.(A-71/A-107)**

Baca Juga

"TIDAK ada lagi pertanyaan apakah kita akan menemukan planet seperti Bumi, tapi pertanyaannya adalah kapan (menemukannya)," kata Steve Howell, ilmuwan proyek misi Kepler.*

Planet yang Dapat Ditinggali Ditemukan di Proxima Centauri

SEBUAH Planet yang diduga dapat ditinggali selain bumi yang terdekat ternyata ada di dekat tata surya kita. Para ilmuwan menyatakan bahwa penelitian terhadap bintang terdekat dengan matahari, Proxima Centauri, menunjukkan adanya planet yang seukuran bumi beredar mengelilinginya.

Gerhana Matahari Cincin bisa Disaksikan Secara Daring

Gerhana matahari cincin terjadi apabila penampang bulan (saat puncak gerhana) tidak menutup seluruh penampang Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran penampang bulan lebih kecil dari penampang Matahari.

Patung Lilin Anggun Hadir di Museum Madame Tussauds

HARI ini, Sabtu 3 September 2016, di Bangkok, Anggun meluncurkan patung lilin sosoknya di Museum Madame Tussauds yang bergengsi di hadapan para penggemar dan media dari Asia dan Eropa. 

Jokowi dan Turnbull Bahas Bicara Soal Sapi

JAKARTA,(PR).- Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di ASEM Villa, Viantiane Laos, Kamis 8 September 2016. Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan peningkatan kerja sama bidang ekonomi dan maritim.