Cina, Jepang dan Korsel Bangun Perdagangan Bebas

EKONOMI

BEIJING, (PRLM).- Cina, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) mengatakan mereka merencanakan pembicaraan terkait perjanjian perdagangan bebas. Para pemimpin tiga negara besar Asia ini menandatangani perjanjian investasi di Beijing untuk membuka jalan perundingan perdagangan bebas.

Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao, mengatakan kawasan Asia Timur Laut adalah yang paling dinamis di dunia dan perdagangan bebas akan semakin menggenjot kemajuan ini. Namun Wen Jiabao mengakui jalan masih panjang dan masing-masing pihak harus meningkatkan rasa saling percaya.

"Pembentukan (zona perdagangan bebas) akan mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan kita dan mendorong integrasi Asia Timur," kata Wen.

Pembicaraan perdagangan bebas ini direncanakan dimulai akhir tahun ini.

Sementara itu Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak mengatakan, "Pada saat terjadinya krisis (ekonomi), bila negara-negara melakukan langkah proteksionis untuk kepentingan masing-masing, maka pemulihan ekonomi akan berlangsung lama."

Perdagangan antara ketiga negara tumbuh menjadi US$690 miliar tahun 2011, menurut laporan pemerintah Cina.

Cina adalah mitra dagang terbesar Jepang dan Korea Selatan namun ketegangan ekonomi dan politik menghambat kemajuan lebih lanjut. Ketiga negara ini mengadakan pertemuan tahunan di Beijing dengan tuan rumah PM Jiabao.

Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak mengatakan hal lain yang disepakati ketiga negara adalah bahwa provokasi apapun yang dilakukan Kora Utara tidak dapat diterima.

Peluncuran roket yang gagal oleh Korea Utara bulan lalu menyebabkan Dewan Keamanan PBB mengeluarkan sanksi. Pyongyang dikhawatirkan akan melakukan persiapan uji nuklir ketiga.

Cina -anggota tetap Dewan Keamanan PBB, adalah sekutu dekat Korea Utara. Terkait masalah Korea Utara, PM Cina Wen Jiabao mendesak semua pihak "untuk kembali ke jalan dialog dan perundingan."(bbc/A-147)***

Baca Juga

Perusahaan Minyak Negara Arab Saudi Pertimbangkan IPO

EKONOMI

RIYADH,(PRLM).- Perusahaan minyak negara Arab Saudi sedang mempertimbangkan akan menjual saham kepada investor dalam penawaran umum perdana atau IPO (initial public offering) yang bisa menetapkan nilai perusahaan pada 1 triliun dolar atau mungkin jauh lebih besar dari itu.

Pasokan Daging Ayam Minim di Cimahi

EKONOMI

CIMAHI, (PRLM).- Kurangnya pasokan daging ayam potong yang dialami pedagang sejak awal tahun 2016 membuat stok jualan dibatasi di Pasar Atas Jln. Kolonel Masturi Kota Cimahi.

Penjualan pun menurun drastis karena masyarakat keberatan atas harga jual daging ayam yang kelewat mahal.

Diskusi Koperasi Transportasi Kobutri

EKONOMI
KETUA Dekopinwil Jabar Mustofa Jamaludin memaparkan sambutannya, pada diskusi koperasi di Aula Redaksi PR, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (13/1/2016). Diskusi itu mengangkat tema mengenai Koperasi Transportasi Kobutri.*

ECI Kembangkan Ilmu Pengetahuan Khusus bagi Pengusaha

EKONOMI
PINPIN Bhaktiar memberi penjelasan program Entrepreneur Club Indonesia (ECI).*

JAKARTA, (PRLM).- Entrepreneurship adalah proses metamofosis yang terjadi did alam diri seseorang. Perubahan dari pribadi lama kepada pribadi baru yang berani melangkah atas keyakinannya, senantiasa mengembangkan inovasi, memperjuangkan keyakinannya dan menaruh visi bagi kehidupan.