Headlines
Gandeng Amadeus,

Garuda Perbaharui Sistem Layanan Penumpang

JAKARTA, (PRLM).- Maskapai penerbangan pembawa bendera nasional, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya melakukan pembenahan dan memperbaharui sejumlah hal dalam rangka menjadi pemain kelas dunia di tingkat global. Hal itu di antaranya dengan menghadirkan sistem baru pelayanan penumpang.

"Teknologi saat ini merupakan komponen penting dalam sebuah infrastruktur maskapai penerbangan, dan hal itu juga dinilai akan membuat Garuda tetap kompetitif di dalam dunia penerbangan," kata Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda M. Arif Wibowo saat melakukan penandatangan bersama Vice President Airline Group Amadeus John Chapman, di Sumba Room Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (21/4).

Sistem Amadeus Altéa merupakan system layanan penumpang (passenger services systems) dengan sistem teknologi dan informasi mutakhir yang mengedepankan fleksibilitas, efisiensi dan dapat diupgrade dengan cepat dan mudah.

Sistem ini terdiri dari beberapa program yang terintegrasi secara penuh seperti program pembukuan/reservasi domestik maupun internasional, data inventori, sistem kontrol keberangkatan, proses check-in, pengaturan bagasi, data ketersediaan tempat duduk, pengaturan tempat duduk, jadwal penerbangan, hingga profil penumpang dan frequent flyers.

Menurut dia, dengan teknologi terbaru dari Amadeus tersebut memungkinkan Garuda untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Hal itu sangat dibutuhkan bagi maskapai Garuda yang kini memegang 32 rute domestik di Indonesia dan 18 rute internasional di kawasan Asia, Timur Tengah, Eropa dan Australia.

"Untuk mengantisipasi potensi peningkatan pasar internasional, Garuda juga akan membuka rute baru dari Denpasar ke Haneda (Tokyo) pada 27 April 2012 dan Jakarta ke Taipei pada 24 Mei 2012," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Airline Group Amadeus Asia Pacific, John Chapman mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem Altea ke dalam Garuda dengan menggunakan masa transisi selama 18-24 bulan.

"Sistem ini diharapkan dapat terimplementasi penuh pada 2014. Proyek ini meliputi pelatihan 6 ribu personel di seluruh, integrasi terhadap lebih dari 36 sistem dan migrasi lebih dari 12 juta pemesanan tiket (booking)," katanya.

Chapman menambahkan, Altea telah digunakan oleh lebih dari 115 maskapai penerbangan besar seperti AirFrance, KLM dan Saudi Arabian Airlines. Dengan penerapan sistem ini, Garuda akan mendapatkan sejumlah manfaat antara lain seperti bisa membagi profil frequent flyer dan data booking dengan maskapai lain yang menggunakan sistem Altea. (A-78/A-89)***

Komentari di Facebook !