Orangutan Sangat Cerdas Soal Konstruksi

HORISON
PENELITI memfilmkan orangutan di Sumatera selama setahun.*
BBC.CO.UK/PRLM
PENELITI memfilmkan orangutan di Sumatera selama setahun.*

MANCHESTER, (PRLM).- Orangutan menunjukkan keahlian teknis yang tinggi saat membangun sarang, kata para peneliti. Tim peneliti yang dipimpin ilmuan dari Universitas Manchester mengikuti dan memfilmkan orangutan di hutan Sumatera.

Tim juga membongkar sarang orangutan untuk melihat bagaimana sarang dibangun. Hasil studi mereka yang dipublikasikan di jurnal PNAS mengungkap bahwa orangutan memilih cabang tebal untuk penyangga dan ranting tipis sebagai alas.

Roland Ennos dari Universitas Manchester, anggota senior tim riset mengatakan pada BBC, perilaku itu menunjukkan bahwa hewan tersebut memiliki "kecerdasan dalam penggunaan peralatan dan konstruksi."

"Mereka menunjukkan pengetahuan teknik yang besar dalam cara mereka membangun sarang," kata Ennos.

Mahasiswa program doktor Adam van Casteren yang memimpin riset ini, menghabiskan satu tahun di utara Sumatera untuk mengikuti dan mempelajari orangutan. Bersama koleganya, Julia Myatt, dari Royal Veterinary College London, ia memfilmkan orangutan membangun sarang hanya dalam waktu lima hingga enam menit.

Sesudah hewan tersebut bangun tidur dan meninggalkan sarangnya di pagi hari, Van Casteren memanjat pohon, terkadang hingga ketinggian 30 m, untuk mengukur sarang tersebut. "Saya membongkar setiap sarang dan membawanya ke tenda untuk diuji," kata Van Casteren pada BBC.

Tes mekanis menunjukkan bahwa orangutan "memilih cabang pohon berdasarkan struktur properti."

"Orangutan jantan beratnya mencapai 80 kg. Mereka bersarang di tempat yang tinggi sehingga sarang tersebut harus memiliki struktur kuat. Orangutan tidak hanya melihat cabang pohon atau ranting, tetapi mereka melihat material bangunan," kata Van Casteren.(bbc/A-147)***

Baca Juga

21 Persen Pegawai Baru Google Adalah Wanita

HORISON

CALIFORNIA, (PRLM).- Google Inc mengatakan bahwa 21 persen dari pegawai baru untuk bidang teknologi tahun lalu adalah perempuan, menaikkan jumlah keseluruhan perempuan di posisi teknis satu persen, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keberagaman.

Apple Kecam Google dan Facebook Terkait Privasi

HORISON

NEW YORK, (PRLM).- Pimpinan Apple, Tim Cook, secara halus menyerang Facebook dan Google karena "melahap" data pribadi pengguna.

Dalam pidatonya, Cook mengatakan berbagai pihak seharusnya tidak "memperdagangkan privasi dengan keamanan".

Hari Ini, 50 tahun Edward White Berjalan di Angkasa Luar

HORISON
ASTRONOT  Edward White mengapung di gravitasi mikro ruang angkasa lima puluh tahun yang lalu saat aksi berjalan di angkasa luar dilakukan pada tanggal 3 Juni 1965.*

WASHINGTON DC. (PRLM).- Hari ini adalah 50 tahun saat astronot Edward Higgins White menjadi orang Amerika Serikat pertama yang melangkah ke kekosongan ruang angkasa.

iPhone 6s Akan Dirilis September?

HORISON

CUPERTINO, (PRLM).- Apple memang belum pernah meluncurkan secara resmi iOS 9 dan kabarnya jadwal peluncuran iOS versi terbaru itu berbarengan dengan iPhone generasi mendatang, demikian dilaporkan laman GSMarena.