Angka Kematian Ibu (AKI) Kab. Tasikmalaya Tinggi

TASIKMALAYA, (PRLM).- Angka kematian ibu (AKI) di Kabupaten Tasikmalaya tinggi, masuk lima besar tertinggi di Jawa Barat pada tahun 2011 kemarin. Dari segi jumlah kasus kematian ibu (pada masa kehamilan hingga nifas) pun mengalami peningkatan dari tahun 2010 lalu yaitu dari angka 45 kasus menjadi 54 kasus pada 2011 atau naik sebanyak 15 persen.

Adapun kematian dari 38.970 kelahiran tersebut mayoritas terjadi pada masa persalinan (40 persen), lainnya pada waktu nifas (33 persen)dan ketika mengandung (22 persen).

Penyebabnya, banyak faktor di antaranya faktor ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan, dan politik. Pada faktor ekonomi tersebut mempengaruhi pada masalah asupan gizi ibu hamil yang pada akhirnya merembet pada masalah kesehatan ibu. Selain itu pada pendidikan, berkorelasi pada pengetahuan ibu hamil. Lainnya faktor pelayanan kesehatan yang dalam hal ini mencakup ketersediaan layanan atau sarana persalinan dan sumber daya manusia pelayanan kesehatan.

Kepala Bidang Pembinaan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kab. Tasikmalaya, Dadan Hamdani mengatakan, pihaknya harus menekan angka kematian ibu pada tahun 2012 dengan membenahi kekurangan atau penyebab kematian tersebut. Di antaranya, dengan terus memberikan sosialisasi terhadap posyandu dan membentuk kelompok ibu-ibu hamil untuk berbagi informasi mengenai kehamilan.

"Lainnya, sebagai pelengkap layanan persalinan, kami akan menambah sembilan poned di sembilan kecamatan seperti di Sukaresik, Sukahening, Pancatengah, Cineam, Bojongasih, dan Sukaratu. Hal itu guna mendekatkan layanan persalinan kepada masyarakat,"kata dia yang ditemui di kantornya, Jln Tanuwijaya, Kota Tasikmalaya, Jumat (30/3/12). (A-183/A-88)***

Baca Juga

Pontren Husnul Khatimah Ingin Mencerahkan Dunia

KUNINGAN, (PR).- Dengan mendayagunakan kedahsyatan potensi membaca dan menulis, Pondok Pesantren Husnul Khatimah (Pontren HK) Kab. Kuningan bertekad meningkatkan kualitas kegiatan belajar-mengajar (KBM) sehingga para lulusannya kian banyak melanjutkan studinya di berbagai negara.

Polisi Tangkap Kurir Ganja dan Sabu di Karawang

KARAWANG, (PR).- Seorang penjual narkoba jenis ganja danb sabu dibekuk jajaran Satuan Anti Narkoba Kepolisian Resor Karawang, akhir pekan lalu. Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti 80 bungkus daun ganja kering dan 3 paket sabu.

Hanya 45 Persen Irigasi di Cianjur Kondisinya Mantap

CIANJUR, (PR).- Rencana pembangunan irigasi di Kabupaten Cianjur pada tahun anggaran 2016 nilainya diperkirakan mencapai Rp 50 miliar lebih. Dana untuk pembangunan itu bersumber dari bantuan dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), serta bantuan provinsi.