Angka Kematian Ibu (AKI) Kab. Tasikmalaya Tinggi

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Angka kematian ibu (AKI) di Kabupaten Tasikmalaya tinggi, masuk lima besar tertinggi di Jawa Barat pada tahun 2011 kemarin. Dari segi jumlah kasus kematian ibu (pada masa kehamilan hingga nifas) pun mengalami peningkatan dari tahun 2010 lalu yaitu dari angka 45 kasus menjadi 54 kasus pada 2011 atau naik sebanyak 15 persen.

Adapun kematian dari 38.970 kelahiran tersebut mayoritas terjadi pada masa persalinan (40 persen), lainnya pada waktu nifas (33 persen)dan ketika mengandung (22 persen).

Penyebabnya, banyak faktor di antaranya faktor ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan, dan politik. Pada faktor ekonomi tersebut mempengaruhi pada masalah asupan gizi ibu hamil yang pada akhirnya merembet pada masalah kesehatan ibu. Selain itu pada pendidikan, berkorelasi pada pengetahuan ibu hamil. Lainnya faktor pelayanan kesehatan yang dalam hal ini mencakup ketersediaan layanan atau sarana persalinan dan sumber daya manusia pelayanan kesehatan.

Kepala Bidang Pembinaan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kab. Tasikmalaya, Dadan Hamdani mengatakan, pihaknya harus menekan angka kematian ibu pada tahun 2012 dengan membenahi kekurangan atau penyebab kematian tersebut. Di antaranya, dengan terus memberikan sosialisasi terhadap posyandu dan membentuk kelompok ibu-ibu hamil untuk berbagi informasi mengenai kehamilan.

"Lainnya, sebagai pelengkap layanan persalinan, kami akan menambah sembilan poned di sembilan kecamatan seperti di Sukaresik, Sukahening, Pancatengah, Cineam, Bojongasih, dan Sukaratu. Hal itu guna mendekatkan layanan persalinan kepada masyarakat,"kata dia yang ditemui di kantornya, Jln Tanuwijaya, Kota Tasikmalaya, Jumat (30/3/12). (A-183/A-88)***

Baca Juga

Kekeringan 7.000 ha Sawah Belum Bisa Diolah Lahannya

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).- Musim kemarau tahun ini semakin keras membuat areal pertanian yang dilanda kekeringan di Kabupaten Subang meluas. Di wilayah Pantura Subang, dari 11 ribu hektar lahan sawah yang terancam tak bisa ditanami di empat kecamatan, 4.000 hektar di antaranya masih bisa tanam.

Mentan Panen Bawang Merah di Ciledug, Cirebon

JAWA BARAT
SUASANA  panen panen bawang merah di Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Selasa (30/6/2015).*

CIREBON, (PRLM).- Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan, produksi bawang merah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk dalam menghadapi Lebaran. Oleh karena itu, tidak diperlukan impor.

Sidak di Tasikmalaya, Tidak Ditemukan Makanan dan Minuman Kadaluarsa

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Tim Gabungan dari Dinas Industri dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tasikmalaya melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah toko yang menjual parsel.

Angka Kecelakaan di Tasikmalaya Meningkat

JAWA BARAT

TASIKMALAYA,(PRLM). - Klaim asuransi dari awal tahun hingga Juni terhitung Rp 9,8 miliar.