Angka Kematian Ibu (AKI) Kab. Tasikmalaya Tinggi

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Angka kematian ibu (AKI) di Kabupaten Tasikmalaya tinggi, masuk lima besar tertinggi di Jawa Barat pada tahun 2011 kemarin. Dari segi jumlah kasus kematian ibu (pada masa kehamilan hingga nifas) pun mengalami peningkatan dari tahun 2010 lalu yaitu dari angka 45 kasus menjadi 54 kasus pada 2011 atau naik sebanyak 15 persen.

Adapun kematian dari 38.970 kelahiran tersebut mayoritas terjadi pada masa persalinan (40 persen), lainnya pada waktu nifas (33 persen)dan ketika mengandung (22 persen).

Penyebabnya, banyak faktor di antaranya faktor ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan, dan politik. Pada faktor ekonomi tersebut mempengaruhi pada masalah asupan gizi ibu hamil yang pada akhirnya merembet pada masalah kesehatan ibu. Selain itu pada pendidikan, berkorelasi pada pengetahuan ibu hamil. Lainnya faktor pelayanan kesehatan yang dalam hal ini mencakup ketersediaan layanan atau sarana persalinan dan sumber daya manusia pelayanan kesehatan.

Kepala Bidang Pembinaan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kab. Tasikmalaya, Dadan Hamdani mengatakan, pihaknya harus menekan angka kematian ibu pada tahun 2012 dengan membenahi kekurangan atau penyebab kematian tersebut. Di antaranya, dengan terus memberikan sosialisasi terhadap posyandu dan membentuk kelompok ibu-ibu hamil untuk berbagi informasi mengenai kehamilan.

"Lainnya, sebagai pelengkap layanan persalinan, kami akan menambah sembilan poned di sembilan kecamatan seperti di Sukaresik, Sukahening, Pancatengah, Cineam, Bojongasih, dan Sukaratu. Hal itu guna mendekatkan layanan persalinan kepada masyarakat,"kata dia yang ditemui di kantornya, Jln Tanuwijaya, Kota Tasikmalaya, Jumat (30/3/12). (A-183/A-88)***

Baca Juga

Ratusan Anggota TNI Bersihkan Sungai Ciranca

JAWA BARAT
DANDIM 0617 Majalengka bersama anggotanya membersihkan sungai dari tumpukan sampah di sungai Ciranca yang membentang membelah pemukiman penduduk Kelurahan Babakanjawa, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka.*

MAJALENGKA,(PRLM).- 500 lebih anggota TNI yang berasal dari Kodim 0617 Majalengka, 321 Galuh Taruna, Lanud Sugiri Sukani, Dinas Kebersihan serta kepolisian dan masyarakat lakukan pembersihan sampah di Sungai Ciranca yang mengalir di tengah pemukiman penduduk Kalurahan Babakanjawa, Kecamatan Majal

Setelah "Dipanen", Nenas Raksasa di Bundaran Jalan Cagak Tumbuh Lagi

JAWA BARAT
Setelah "Dipanen", Nenas Raksasa di Bundaran Jalan Cagak Tumbuh Lagi

SUBANG,(PRLM).-Lebih dari dua bulan lalu, banyak pengguna jalan baik warga Subang maupun luar daerah, mereka bertanya-tanya saat melintas bundaran Jalan cagak.

PT Bio Farma Meresmikan Rumah Batik Pakidulan

JAWA BARAT

SUKABUMI, (PRLM).- PT Bio Farma (Persero) meresmikan Rumah Batik Pakidulan yang merupakan bagian program CSR Bio Farma, di Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. Rumah Batik Pakidulan yang diresmikan oleh Bupati Sukabumi Drs. H.

Blangko e-KTP di Kota Depok Masih Kosong

JAWA BARAT

DEPOK, (PRLM).- Blangko KTP elektronik (e-KTP) masih kosong di Kota Depok karena Kementrian Dalam Negeri masih belum mengirimnya. Warga pun mengalami kesulitan dalam pengurusan administrasi terkait pemenuhan kebutuhan sehari-hari.