Kredit Cinta Rakyat Sepi Peminat

CIREBON, (PRLM).- Program Kredit Cinta Rakyat (KCR) yang digulirkan PemprovJawa Barat (Jabar) sepi peminat. Meski sudah diluncurkan sekitar 6 bulan, dari dana yang dialokasikan sebesar Rp 165 miliar, yang diserap baru sekitar Rp 2 miliar. Padahal, bunga kredit tersebut lebih kecil dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) yakni hanya 9,3 persen. Sementara bunga KUR 14 sampai 22 persen.

Kepala Bappeda Jabar Deny Juanda mengakui soal kecilnya penyerapan KCR. Menurut dia, ada beberapa kemungkinan soal kecilnya penyerapan KCR. "Kecilnya penyerapan KCR, mungkin karena kurangnya sosialisasi atau mungkin juga karena sulitnya warga mengakses kredit tersebut," katanya di sela-sela acara musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) wilayah III Cirebon di Gedung Negara, Cirebon, Rabu (28/3/12).

Meski sampai saat ini, penyerapan KCR masih rendah, Pemprov Jabar bakal menambah alokasi dana KCR tahun 2012 ini sebesar Rp 100 miliar. Dikatakannya, semua warga Jabar yang memiliki usaha dengan kategori kecil dan mikro bisa mengakses kredit tersebut. Kredit untuk usaha kecil dan mikro bisa diserap dengan plafon sampai Rp 50 juta.

"Warga bisa mengakses kredit tersebut melalui Bank Jabar Banten, karena dana yang bersumber dari APBD Jabar tersebut dititipkan di BJB," ujarnya. (A-92/A-88)***

Baca Juga

2017, Pasar Elektronik Akan Tumbuh 

JAKARTA, (PR).- Kondisi pasar elektronik Indonesia pada 2016 mengaIami penurunan sebesar 2,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Creativeprener Corner 2017 Dorong Lahirnya Enterpreneur Muda

PROGRAM The Ultimate Experience Talk Show has Return yang sukses dua tahun lalu kini kembali digelar dengan tema Agent of Action Creativeprenuer Conner 2017. Program bincang-bincang itu digelar sebagai wadah mewujudkan mimpi-mimpi anak muda Indonesia.

BPJS Ketenagakerjaan Ajak Rektor Sadar Jaminan Sosial

JAKARTA, (PR).- Tenaga pengajar dan karyawan di perguruan tinggi kini bisa bekerja dengan lebih tenang dan nyaman. Pasalnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan hadir untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja di Perguruan Tinggi.

Evolve GT, Papan Luncur Paling Tipis

SEIRING berkembangnya pasar papan seluncur (skateboard), kini produk papan luncur tampi dengan kualitas yang semakin baik dan bentuk yang unik.