Kredit Cinta Rakyat Sepi Peminat

CIREBON, (PRLM).- Program Kredit Cinta Rakyat (KCR) yang digulirkan PemprovJawa Barat (Jabar) sepi peminat. Meski sudah diluncurkan sekitar 6 bulan, dari dana yang dialokasikan sebesar Rp 165 miliar, yang diserap baru sekitar Rp 2 miliar. Padahal, bunga kredit tersebut lebih kecil dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) yakni hanya 9,3 persen. Sementara bunga KUR 14 sampai 22 persen.

Kepala Bappeda Jabar Deny Juanda mengakui soal kecilnya penyerapan KCR. Menurut dia, ada beberapa kemungkinan soal kecilnya penyerapan KCR. "Kecilnya penyerapan KCR, mungkin karena kurangnya sosialisasi atau mungkin juga karena sulitnya warga mengakses kredit tersebut," katanya di sela-sela acara musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) wilayah III Cirebon di Gedung Negara, Cirebon, Rabu (28/3/12).

Meski sampai saat ini, penyerapan KCR masih rendah, Pemprov Jabar bakal menambah alokasi dana KCR tahun 2012 ini sebesar Rp 100 miliar. Dikatakannya, semua warga Jabar yang memiliki usaha dengan kategori kecil dan mikro bisa mengakses kredit tersebut. Kredit untuk usaha kecil dan mikro bisa diserap dengan plafon sampai Rp 50 juta.

"Warga bisa mengakses kredit tersebut melalui Bank Jabar Banten, karena dana yang bersumber dari APBD Jabar tersebut dititipkan di BJB," ujarnya. (A-92/A-88)***

Baca Juga

Bidik Direct Flight Tiongkok, Runway Sam Ratulangi Diperpanjang

MANADO, (PR).- Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado segera bersolek. Runway Bandara akan ditambah 150 meter menjadi 2.800 meter dari sebelumnya 2.650 meter. Area terminal akan ditingkatkan menjadi 4.000 meter persegi. Jumlah garbarata pun ditambah menjadi lima.

Harga Gabah Murah, Petani Kesulitan Modal Tanam

MAJALENGKA,(PR).- Sejumlah petani di Majalengka mengeluhkan rendahnya harga jual gabah kering giling yang hanya mencapai Rp 400.000 hingga Rp 450.000 per kuintal, atas hal tersebut mereka minta Bulog untuk melakukan penyerapan gabah petani.

Aplikasi PayTren Bidik Satu Miliar Pengguna

BANDUNG, (PR).- Ambisi besar diungkapkan PT Veritra Sentosa Internasional. Perusahaan sistem pembayaran dengan produk aplikasi PayTren ini menargetkan mampu menggaet satu miliar pengguna.

Serangpanjang Kini Mempunyai Pasar Tradisional

SUBANG, (PR).- Setelah bertahun-tahun dimekarkan dari Kecamatan Sagalaherang, baru kali ini Serangpanjang mempunyai pasar tradisional sendiri, menyusul diresmikannya Pasar Ciawitali Serangpanjang oleh Wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih, Selasa 10 Mei 2016.