Enam Bulan Hanya Terserap Rp 2 Miliar

Kredit Cinta Rakyat Sepi Peminat

EKONOMI

CIREBON, (PRLM).- Program Kredit Cinta Rakyat (KCR) yang digulirkan PemprovJawa Barat (Jabar) sepi peminat. Meski sudah diluncurkan sekitar 6 bulan, dari dana yang dialokasikan sebesar Rp 165 miliar, yang diserap baru sekitar Rp 2 miliar. Padahal, bunga kredit tersebut lebih kecil dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) yakni hanya 9,3 persen. Sementara bunga KUR 14 sampai 22 persen.

Kepala Bappeda Jabar Deny Juanda mengakui soal kecilnya penyerapan KCR. Menurut dia, ada beberapa kemungkinan soal kecilnya penyerapan KCR. "Kecilnya penyerapan KCR, mungkin karena kurangnya sosialisasi atau mungkin juga karena sulitnya warga mengakses kredit tersebut," katanya di sela-sela acara musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) wilayah III Cirebon di Gedung Negara, Cirebon, Rabu (28/3/12).

Meski sampai saat ini, penyerapan KCR masih rendah, Pemprov Jabar bakal menambah alokasi dana KCR tahun 2012 ini sebesar Rp 100 miliar. Dikatakannya, semua warga Jabar yang memiliki usaha dengan kategori kecil dan mikro bisa mengakses kredit tersebut. Kredit untuk usaha kecil dan mikro bisa diserap dengan plafon sampai Rp 50 juta.

"Warga bisa mengakses kredit tersebut melalui Bank Jabar Banten, karena dana yang bersumber dari APBD Jabar tersebut dititipkan di BJB," ujarnya. (A-92/A-88)***

Baca Juga

Dr. Nasir Kupas Kesuksesan PT Sritex

EKONOMI
DR. Nasir Tamara meluncurkan buku “Inovasi Tanpa Henti Untuk Indonesiaku“ yang mengupas kesuksesan PT Sritex.*

JAKARTA, (PRLM).- Perusahaan tekstil dan garmen multinasional PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) sudah tidak asing lagi di tanah air. Bahkan Sritex yang dirikan oleh almarhum HM Lukminto kini sudah mendunia.

Pengusaha Galian C di Gunung Tampomas Nunggak Dana Jaminan Reklamasi

EKONOMI
Pengusaha Galian C di Gunung Tampomas Nunggak Dana Jaminan Reklamasi

SUMEDANG, (PRLM).-Sekitar 170 dari 175 pengusaha galian C di kaki Gunung Tampomas, hingga kini menunggak dana jaminan reklamasi lahan galian C hingga mencapai Rp 9,3 miliar.

Anda Bisa Pensiun di Usia 40 Tahun

EKONOMI

PRLM - Bagaimana jika Anda tak perlu menunggu sampai berumur 60-an tahun untuk pensiun? Mau pensiun umur 50? Atau malah 40? Jangan ketawa dulu.

Wantimpres Beri Masukan Perbaikan Kinerja Ekonomi

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih dan Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto baru bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (6/7/2015).