Kredit Cinta Rakyat Sepi Peminat

CIREBON, (PRLM).- Program Kredit Cinta Rakyat (KCR) yang digulirkan PemprovJawa Barat (Jabar) sepi peminat. Meski sudah diluncurkan sekitar 6 bulan, dari dana yang dialokasikan sebesar Rp 165 miliar, yang diserap baru sekitar Rp 2 miliar. Padahal, bunga kredit tersebut lebih kecil dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) yakni hanya 9,3 persen. Sementara bunga KUR 14 sampai 22 persen.

Kepala Bappeda Jabar Deny Juanda mengakui soal kecilnya penyerapan KCR. Menurut dia, ada beberapa kemungkinan soal kecilnya penyerapan KCR. "Kecilnya penyerapan KCR, mungkin karena kurangnya sosialisasi atau mungkin juga karena sulitnya warga mengakses kredit tersebut," katanya di sela-sela acara musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) wilayah III Cirebon di Gedung Negara, Cirebon, Rabu (28/3/12).

Meski sampai saat ini, penyerapan KCR masih rendah, Pemprov Jabar bakal menambah alokasi dana KCR tahun 2012 ini sebesar Rp 100 miliar. Dikatakannya, semua warga Jabar yang memiliki usaha dengan kategori kecil dan mikro bisa mengakses kredit tersebut. Kredit untuk usaha kecil dan mikro bisa diserap dengan plafon sampai Rp 50 juta.

"Warga bisa mengakses kredit tersebut melalui Bank Jabar Banten, karena dana yang bersumber dari APBD Jabar tersebut dititipkan di BJB," ujarnya. (A-92/A-88)***

Baca Juga

Bank Mandiri Gencarkan Sosialisasi Amnesti Pajak

JAKARTA, (PR).- Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, posisi terakhir uang tebusan dari hasil amnesti pajak sebanyak Rp 430,4 miliar dari sebanyak 5.123 transaksi. Sedangkan dana repatriasi Rp 222,6 miliar dari 69 transaksi.

Premium Langka karena Permintaan Pasar Tinggal 40 Persen

JAKARTA, (PR).- Bahan bakar minyak jenis premium mulai langka di sejumlah SPBU di Jakarta dan wilayah lainnya. PT Pertamina menyebut, selama tiga bulan terakhir, tingkat konsumsi premium hanya tinggal 40 persen dari total pasar bahan bakar nasional.

Pemerintah Tepis Keraguan Soal Amnesti Pajak

JAKARTA, (PR).- Sekretariat Kabinet Pramono Anung memastikan pemerintah akan memberikan penjelasan atau sosialisasi tentang program pengampunan pajak (tax amnesty) bagi pihak mana pun yang ragu atas program ini.