Penghubung Jabar - Jateng

Jembatan Kereta Api Serayu Memprihatinkan

NASIONAL
JEMBATAN kereta api diatas Sungai Serayu sepanjang 290 meter yang menghubungkan rute Kroya-Bandung kondisinya memprihatinkan.*
EVIYANTI/PRLM
JEMBATAN kereta api diatas Sungai Serayu sepanjang 290 meter yang menghubungkan rute Kroya-Bandung kondisinya memprihatinkan.*

BANYUMAS, (PRLM).- Jembatan kereta api diatas Sungai Serayu sepanjang 290 meter yang menghubungkan rute Kroya-Bandung kondisinya memprihatinkan. Dua pilar dari enam pilar yang ada sudah miring dan ambles akibat diterjang arus sungai Serayu.

"Jembatan tersebut kini harus ditopang dengan penyangga pada dua dari keenam pilarnya, karena mengalami penurunan dan kemiringan," kata Kepala Satuan Kerja Cirebon – Kroya Ditjen Perkeretaapian Wicaksono Indarto ST dalam pemaparan rencana kerja Satker Cikro tahun 2012 wilayah Daop 5 Purwokerto di depan Manajemen PT KAI Daop 5, melalui Humas PT KAI Daop 5 Surono, Senin (26/3/12).

Kondisi jembatan yang dibangun pada tahun 1894 tersebut sebelum dilakukan penyanggaan pilar nomor 4 mengalami penurunan sedalam 10 cm dan pilar nomor 5 mengalami kemiringan sejauh 5 cm ke arah timur.

Penurunan dan kemiringan kedua pilar jembatan ini terjadi akibat erosi arus sungai pada dasar pilar-pilar jembatan.

Keberadaan jembatan yang memotong sungai Serayu antara Maos – Kasugihan ini sangat vital bagi kelancaran transportasi kereta api lintas selatan yang menghubungkan Maos – Bandung dan Maos – Cilacap.

"Oleh karena untuk memperlancar transportasi kereta api lintas Kroya – Bandung dan Kroya – Cilacap, akan segera dibangun jembatan baru antara Maos – Kasugihan. Jembatan ini akan menggantikan jembatan lama bernomor BH 1549 yang digunakan saat ini," jelasnya. (A-99/A-88)***

Baca Juga

18 Staf Kementerian Perdagangan Peroleh Beasiswa StuNed

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Sebanyak 18 staf Kementerian Perdagangan mendapatkan beasiswa StuNed (Studeren in Nederland) untuk mengikuti “tailor-made training” tentang “Review and Feasibility Studies for Free Trade Agreements (FTA) Engagement in Indonesia Trade Policy” di Amsterdam, Belanda.

Seribuan TNI/Polri dan Warga Ikuti Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat

NASIONAL

NGAMPRAH, (PRLM).- Sekitar 1.000 orang dari unsur TNI/Polri dan masyarakat umum akan mengikuti Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 dalam waktu dekat ini. Mereka diharapkan dapat menggali potensi sumber daya alam, budaya, dan sosial di daerah terpencil dan terisolir di Papua Barat.

Paspampres Perketat Pengamanan di Istana Kepresidenan

NASIONAL
PENGAMANAN tambahan sebelum pintu masuk Istana Negara atau dekat tangga Istana Negara ditambah. Sebanyak dua metal detector dipasang sejak Senin (18/1/2016) siang dan dijaga ketat dua anggota pasuka pengamanan presiden (paspampres) bersenjata.*

JAKARTA,(PRLM).- Pengamanan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/1/2016) siang jauh lebih ketat dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) ditempatkan di berbagai titik di istana.

Zulkifli Hasan "UU Antiterorisme Sudah Cukup"

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan Undang-Undang 15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme saat ini sudah cukup kuat. Dia menilai perlu dikaji apakah yang dibutuhkan saat ini merevisi UU itu atau sebenarnya hanya diperlukan peningkatan koordinasi.