Jembatan Kereta Api Serayu Memprihatinkan

JEMBATAN kereta api diatas Sungai Serayu sepanjang 290 meter yang menghubungkan rute Kroya-Bandung kondisinya memprihatinkan.*
EVIYANTI/PRLM
JEMBATAN kereta api diatas Sungai Serayu sepanjang 290 meter yang menghubungkan rute Kroya-Bandung kondisinya memprihatinkan.*

BANYUMAS, (PRLM).- Jembatan kereta api diatas Sungai Serayu sepanjang 290 meter yang menghubungkan rute Kroya-Bandung kondisinya memprihatinkan. Dua pilar dari enam pilar yang ada sudah miring dan ambles akibat diterjang arus sungai Serayu.

"Jembatan tersebut kini harus ditopang dengan penyangga pada dua dari keenam pilarnya, karena mengalami penurunan dan kemiringan," kata Kepala Satuan Kerja Cirebon – Kroya Ditjen Perkeretaapian Wicaksono Indarto ST dalam pemaparan rencana kerja Satker Cikro tahun 2012 wilayah Daop 5 Purwokerto di depan Manajemen PT KAI Daop 5, melalui Humas PT KAI Daop 5 Surono, Senin (26/3/12).

Kondisi jembatan yang dibangun pada tahun 1894 tersebut sebelum dilakukan penyanggaan pilar nomor 4 mengalami penurunan sedalam 10 cm dan pilar nomor 5 mengalami kemiringan sejauh 5 cm ke arah timur.

Penurunan dan kemiringan kedua pilar jembatan ini terjadi akibat erosi arus sungai pada dasar pilar-pilar jembatan.

Keberadaan jembatan yang memotong sungai Serayu antara Maos – Kasugihan ini sangat vital bagi kelancaran transportasi kereta api lintas selatan yang menghubungkan Maos – Bandung dan Maos – Cilacap.

"Oleh karena untuk memperlancar transportasi kereta api lintas Kroya – Bandung dan Kroya – Cilacap, akan segera dibangun jembatan baru antara Maos – Kasugihan. Jembatan ini akan menggantikan jembatan lama bernomor BH 1549 yang digunakan saat ini," jelasnya. (A-99/A-88)***

Baca Juga

Antisipasi Mudik, Organda Yogyakarta Siapkan 1.180 Bus

YOGYAKARTA, (PR).- Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY siap menambah jumlah armada untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada arus mudik Lebaran 2016.

Upaya yang dilakukan antara lain adalah dengan menyiapkan jumlah unit bus AKAP cadangan.

15 Pesan Menkes Agar Mudik Aman dan Tetap Sehat

JAKARTA, (PR).- Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia disibukkan dengan tradisi mudik. Pulang ke kampung halaman berkumpul dengan keluarga tercinta. Sayangnya, potensi kecelakaan dan gangguan kesehatan juga terjadi saat mudik.

Harmonisasi Peran Ayah-Ibu, Kunci Suksenya Pengasuhan

PERINGATAN hari ayah sedunia yang jatuh pada 19 Juni lalu diperingati oleh sebagian masyarakat Indonesia dengan berbagai cara. Peringatannya memang tak gegap gempita layaknya hari ibu yang lazim diperingati dengan berbagai kegiatan.

Polisi Amankan Ratusan Petasan dan Bubuk Mesiu

CILACAP, (PR).- Kepolisian Sektor Kedungreja Polres Cilacap Jawa Tengah menggrebek dua rumah pembuat mercon di Dusun Kedungdadap, Desa Rejamulya, Kecamatan Kedungreja. Dua orang pembuat dan pengedar petasan polisi menyita 7 kilogram bubuk mesiu dan ratusan petasan siap jual.