Penghubung Jabar - Jateng

Jembatan Kereta Api Serayu Memprihatinkan

NASIONAL
JEMBATAN kereta api diatas Sungai Serayu sepanjang 290 meter yang menghubungkan rute Kroya-Bandung kondisinya memprihatinkan.*
EVIYANTI/PRLM
JEMBATAN kereta api diatas Sungai Serayu sepanjang 290 meter yang menghubungkan rute Kroya-Bandung kondisinya memprihatinkan.*

BANYUMAS, (PRLM).- Jembatan kereta api diatas Sungai Serayu sepanjang 290 meter yang menghubungkan rute Kroya-Bandung kondisinya memprihatinkan. Dua pilar dari enam pilar yang ada sudah miring dan ambles akibat diterjang arus sungai Serayu.

"Jembatan tersebut kini harus ditopang dengan penyangga pada dua dari keenam pilarnya, karena mengalami penurunan dan kemiringan," kata Kepala Satuan Kerja Cirebon – Kroya Ditjen Perkeretaapian Wicaksono Indarto ST dalam pemaparan rencana kerja Satker Cikro tahun 2012 wilayah Daop 5 Purwokerto di depan Manajemen PT KAI Daop 5, melalui Humas PT KAI Daop 5 Surono, Senin (26/3/12).

Kondisi jembatan yang dibangun pada tahun 1894 tersebut sebelum dilakukan penyanggaan pilar nomor 4 mengalami penurunan sedalam 10 cm dan pilar nomor 5 mengalami kemiringan sejauh 5 cm ke arah timur.

Penurunan dan kemiringan kedua pilar jembatan ini terjadi akibat erosi arus sungai pada dasar pilar-pilar jembatan.

Keberadaan jembatan yang memotong sungai Serayu antara Maos – Kasugihan ini sangat vital bagi kelancaran transportasi kereta api lintas selatan yang menghubungkan Maos – Bandung dan Maos – Cilacap.

"Oleh karena untuk memperlancar transportasi kereta api lintas Kroya – Bandung dan Kroya – Cilacap, akan segera dibangun jembatan baru antara Maos – Kasugihan. Jembatan ini akan menggantikan jembatan lama bernomor BH 1549 yang digunakan saat ini," jelasnya. (A-99/A-88)***

Baca Juga

Buka Kepada Publik Kerjasama Emisi Karbon dengan Norwegia

NASIONAL

BANDUNG, (PRLM).- Berlanjutnya kerjasama pemerintah Indonesia dengan Norwegia pada pengurangan reforestasi dan degradasi hutan atau reducing emissions forum deforestation And format degradation (REDD) menjadi pertanyaan oleh anggota komisi IV DPR.

Pelantikan Mendadak BG Karena KAA

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kapolri Badrodin Haiti membantah adanya desakan sehingga pelantikan Budi Gunawan (BG) dilakukan secara mendadak. Pelantikan mendadak semata-mata karena dibutuhkannya wakapolri di tengah padatnya jadwal Kapolri dalam konferensi Asia-Afrika (KAA).

Eksekusi Mati

Kejagung Masih Tunggu Hasil PK Terpidana Mati Narkoba

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Juru bicara Kejaksaan Agung, Tony Spontana mengatakan, sejumlah jaksa memang telah diminta untuk memulai persiapan eksekusi.

Eksekusi Mati

Sudah Disiapkan Peti Jenazah untuk Sembilan Terpidana Mati

NASIONAL

CILACAP, (PRLM).- Sembilan peti jenazah untuk sembilan terpidana mati yang masuk dalam daftar eksekusi Kejaksaan Agung sudah diambil dari Gereja Kristen Jawa, Minggu (26/4/2015) dinihari.