Headlines
Terbentuk Dua Miliar Tahun yang Lalu

Utah Miliki Formasi Lengkungan Batu Terindah

NPS.GOV/"PRLM"
NPS.GOV/"PRLM"
PEMANDANGAN dari Taman Nasional Arches di dekat kota Moab, Utah.*

UTAH, (PRLM).- Jutaan orang dari seluruh dunia mengunjungi negara bagian Utah setiap tahunnya, karena di sana terdapat banyak taman nasional yang cantik alami yang dilindungi Pemerintah Amerika.

Taman Nasional Arches terletak dekat Kota Moab di Utah timur. Para pakar mengatakan di taman nasional ini terdapat formasi lengkungan batu terbanyak di dunia. Lengkungan-lengkungan itu merupakan formasi yang tampak seperti setengah lingkaran di atas lubang bebatuan. Lengkungan-lengkungan itu juga tampak seperti jembatan-jembatan berliku di antara dua bongkahan batu besar.

Para ilmuwan mengatakan wilayah itu terbentuk hampir dua miliar tahun lalu. Seiring berjalannya waktu, wilayah itu dipadati benda-benda yang dibawa aliran sungai. Bebatuan lain mengubur wilayah itu. Kemudian tekanan besar jauh di bawah kulit Bumi memunculkan gunung-gunung besar.

Batuan lunak yang disebut batuan sedimen mulai bergerak di bawah tekanan ini. Batuan sedimen bergerak ke atas ketika bertubrukan dengan bebatuan lain yang lebih keras. Struktur batuan sedimen ini terus berkembang sekitar 150 juta tahun.

Para ilmuwan mengatakan kebanyakan lengkungan batu yang terlihat saat ini terbentuk jutaan tahun lalu. Tetapi mereka mengatakan pembentukan tanah terus berubah secara perlahan. Di Taman Nasional Arches terdapat lebih dari 2.000 lengkungan batu yang kebanyakan berwarna merah tua.

Formasi batuan yang indah juga bisa dilihat di Taman Nasional Canyonlands, yang juga punya sungai-sungai dan tumbuh-tumbuhan gurun. Hanya orang-orang Indian, koboi, dan para penjelajah yang bisa masuk ke daerah ini sebelum taman itu didirikan tahun 1964. Bahkan sekarangpun, tetap sulit untuk masuk ke taman nasional itu. Jalan-jalannya masih dari tanah. Juga dibutuhkan kendaraan khusus untuk ke sana.

Aliran sungai membentuk wilayah itu ketika aliran itu mengikis bebatuan menjadi berbagai macam bentuk. Di tengah taman nasional itu ada dua jurang curam yang dibentuk oleh Sungai Green dan Sungai Colorado. Tiga wilayah yang mengelilingi sungai-sungai ini ada di dalam taman nasional itu.

Salah satu wilayah itu disebut Maze District di mana terdapat karya seni batu yang dibuat orang-orang yang hidup di sana lebih dari 2.000 tahun lalu. Namun banyak orang tidak bisa melihat Maze District karena sulit untuk dicapai. Wilayah ini adalah salah satu tempat yang paling terpencil dan hutan belantara yang paling lebat di Amerika.

Wilayah lain taman nasional itu disebut Needles, karena di sini terdapat batu-batu tinggi, kurus, berwarna merah dan putih yang menjulang ke udara seperti jemari tangan.

Cara terbaik melihat semua wilayah di Taman Nasional Canyonlands adalah dengan pesawat terbang. Lewat perjalanan selama satu jam dengan pesawat terbang kecil kita bisa melihat bebatuan merah, lengkungan-lengkungan batu dan tempat-tempat di mana orang-orang Indian dulu bertempat tinggal.(voa/A-147)***