Saat Ini, Permasalahan Remaja Sangat Kompleks

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).- Permasalahan yang dihadapi remaja saat ini sangat kompleks. Selain jumlahnya sangat banyak, mereka juga rentan kawin muda, rentan terlibat penyalahgunaan Napza dan beresiko terkena HIV-AIDS.

Hal tersebut dikatakan Tety Sabarniati, Ketua Panitia Penyelenggara Pemilihan Duta Mahasiswa/Remaja Generasi Muda (GenRe) 2012 tingkat Jabar di Bandung Trade Mall, Minggu (18/3).

Peserta berasal dari 26 Kabupaten/ Kota. Acara dibuka Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jabar, Ir. Siti Fathonah, MPH. Artis Mel Shandy tampil memeriahkan acara tersebut.

"Berdasarkan Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007, usia kawin pertama perempuan di Indonesia baru mencapai 19,8 tahun. Sedang untuk Jabar baru mencapai 18,5 tahun. Padahal diharapkan usia kawin pertama perempuan itu 21 tahun," katanya.

Terkait penyalahgunaan Napza, Tety menambahkan berdasarkan data dari BNN diketahui jumlah pengguna Napza sampai tahun 2008 tercatat 115.404 orang. Dari jumlah tersebut sekitar 51.986 atau 45,04 persen berusia 16-24 tahun.

"Untuk mengatasi permasalahan remaja ini, pemerintah telah melakukan beberapa upaya. Berbagai program dilaksanakan lintas batas. BKKBN sebagai salah satu instansi pemerintah merespon permasalahan remaja melalui program GenRe," paparnya.

Menurut Tety, program dilaksanakan melalui dua pendekatan. Pendekatan kepada remaja sendiri melalui pengembangan Pusat Informasi Konseling Remaja/ Mahasiswa dan pendekatan ke orangtua melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja.(A-62/A-89)***

Baca Juga

Peringatan Nuzulul Quran Mesjid Agung Cimahi

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- ‪Peringatan Nuzulul Quran 1436 Hijriyah di Kota Cimahi dipusatkan di Mesjid Agung Cimahi Jln. Jend. Amir Mahmud Kota Cimahi, Jumat (3/7/2015). Masyarakat Kota Cimahi diajak untuk menggalakkan peningkatan ibadah di bulan Ramadan dan membawanya menjadi kebiasaan sehari-hari.

Baznas Beri Bantuan Imam, Muazin, dan Guru Ngaji

BANDUNG RAYA
BUPATI Bandung Dadang Naser (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan Badan Amil Zakat (BAZ) di Masjid Agung Al Fathu, Jln. Al Fathu, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (6/7/2015). Bantuan BAZ diberikan kepada imam sebanyak 278 orang, guru menga

SOREANG,(PRLM).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kab. Bandung memberikan bantuan kepada 1.112 orang aktivis keagamaan yang selama ini kurang diperhatikan. Bantuan itu untuk imam dan muazin masjid yang masing-masing 278 orang, dan guru ngaji sejumlah 656 orang.

Terminal Cileunyi Bakal Digeser ke Pasar Sehat

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Pemkab Bandung berencana mengalihkan Terminal Cileunyi ke Pasar Sehat Cileunyi yang berada tak jauh dari Terminal Cileunyi. Pemkab Bandung memiliki tanah aset di Pasar Sehat Cileunyi yang bisa dimanfaatkan untuk terminal.

Terdakwa Kasus SMA 22 Minta Jaksa Pengacara Negara Dihadirkan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Didi Rismunadi, terdakwa kasus SMA 22 Bandung meminta agar jaksa pengacara negara yang membuat legal opinion (LO) penggantian tanah SMA 22 dihadirkan di persidangan.