Pusat Perawatan Lokomotif ASEAN Dibangun di Indonesia

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- GE Transportation dan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI mengumumkan telah menandatangani Nota Kesepakatan (MOU) untuk membentuk Aliansi jasa atau kerjasama operasi.

Dalam nota kesepakatan itu dikatakan kedua belah pihak akan membentuk sebuah pusat perawatan (service center) lokomotif untuk wilayah ASEAN yang meliputi negara-negara Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand dan Vietnam.

Sesuai dengan MOU, GE akan bekerjasama dengan PT KAI untuk menyempurnakan proses perawatan terutama di Balai Yasa Yogyakarta untuk dapat menjamin ketersediaan lokomotif diesel-elektrik GE dalam armada PT KAI, dan akan memberikan pelatihan bagi para karyawan pilihan dari PT KAI yang akan dilangsungkan di Amerika Serikat dan juga di Indonesia.

Presiden dan CEO dari GE Transportasi, Lorenzo Simonelli menjelaskan, kemitraan dengan Indonesia telah terjalin sejak lama. "MOU yang kami tandatangani hari ini akan memberikan jasa servis yang dapat diandalkan bagi negeri ini untuk waktu yang panjang. Kami akan melayani customer kami PT KAI, dan turut serta mendukung pertumbuhan infrastruktur Indonesia yang berkesinambungan," ujarnya, Jumat (2/3).

Selain itu, MOU juga menggariskan GE untuk menjalankan distribusi suku cadang regional agar tetap dapat melayani kebutuhan suku cadang ke pusat perawatan PT KAI dengan cepat. Hal ini akan mempercepat proses perawatan lokomotif sehingga lokomotif dapat dengan segera dioperasikan kembali. GE juga akan membentuk pusat remanufaktur motor traksi untuk melayani wilayah ASEAN yang akan bertempat di lokasi servis PT KAI di Balai Yasa Yogyakarta.

"GE akan memberikan bimbingan dalam proses remanufaktur, akan merekomendasikan permesinan, dan peralatan untuk remanufaktur motor traksi agar dapat memenuhi standar industri tertinggi, serta akan memberikan pelatihan oleh para ahli untuk membantu PT KAI dalam menjalankan remanufaktur motor traksi, sehingga PT KAI akan dapat melayani wilayah ASEAN apabila telah disertifikasi sebagai Remanufaktur GE untuk motor traksi GE," katanya.

Saat ini ada sekitar 250 lokomotif GE yang beroperasi di Indonesia, termasuk beberapa di antaranya yang telah berhasil melampaui 34 tahun berjasa melayani jalur operasionalnya. Jumlah penumpang kereta api di Indonesia terus menerus tumbuh tiap tahun dan kebutuhan akan lokomotif yang aman, andal, serta terawat menjadi semakin penting. (kominfo/A-108)***

Baca Juga

Patroli Perbatasan, Cek Patok dan Antisipasi Kriminal

NASIONAL

SCORFO BARU, (PRLM).- Menjaga wilayah NKRI adalah harga mati. Bagi prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 411/Pandawa Kostrad, medan yang berat tak dirasa demi memastikan wilayah perbatasan RI.

Pelaku Tanya Alamat ke Polisi Sebelum Meledakkan Diri

NASIONAL
JAKARTA, (PRLM).- Pelaku peledakan Pos Polisi Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sempat menanyakan alamat ke seorang polisi yang sedang berjaga di lokasi.
 

Warga Berdatangan ke Lokasi Bom Sarinah

NASIONAL
KAWASAN Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat sekira pukul 23.30 WIB masih dikerumuni warga Ibu Kota.*
JAKARTA, (PRLM).- Kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat sekira pukul 23.30 WIB masih dikerumuni warga Ibu Kota. Padahal, siang tadi, sekira pukul 11.00 lokasi ini terjadi tragedi bom yang menewaskan tujuh orang.
 

Senjata Penyerangan di Thamrin Berasal dari Luar Negeri

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Senjata api yang dipakai oleh para tersangka pelaku serangan di Jakarta dipastikan buatan luar negeri, kata Kepala Kepolisian RI, Jenderal Badrodin Haiti.