Iptek

Hutan Malangbong Andalan Habibat Elang Jawa

HORISON

YOGYAKARTA, (PRLM).- Kawasan hutan di Jabar seperti hutan kawasan Malangbong menjadi habibat terbesar dan terbaik bagi kelangsungan hidup elang jawa. Peneliti burung Zaini Rahman menyatakan populasi burung elang jawa hanya tersisa 325 pasang, sebagian besar hidup di hutan kawasan Jabar dan sebagian lainnya di Jatim.

Menjawab pertanyaan di Yogyakarta, Selasa (28/2/12), dia menyatakan gerakan penyelamatan elang jawa sangat mendesak dengan terus berkurangnya populasi burung pemangsa tersebut.

Menurut dia jumlah populasi burung ini yang sangat minim menunjukkan situasi kritis. Penyebabnya hutan habis dibabat mengakibatkan ekosistem elang jawa menjadi terganggu, penangkapan untuk kepentingan bisnis.

"Elang jawa hanya bisa hidup di Pulau Jawa. Endemiknya pohon jawa seperti rasamala, dan makanannya tikus jawa. Ini menunjukkan adaptasinya sangat susah," kata dia.

Habibat elang jawa yang potensial dan kini hutannya gundul di Jawa Tengah di antaranya hutan kawasan Merapi dan hutan pegunungan Dieng. Gunung Merapi gundul akibat bencana erupsi dan pegunungan Dieng habis dibabat untuk keperluan pertanian.

Menurut dia idealnya populasi elang jawa sebanyak 1.450 pasang. Dengan populasi tersisa 325 pasang, elang jawa diperkirakan punah pada 2025 jika tidak dilakukan konservasi habibat burung tersebut.

Penulis buku "Garuda; Mitos dan Faktanya di Indonesia" yang diluncurkan Kamis (1/3/12), mengharapkan kepedulian semua pihak untuk menyelamatkan elang jawa. "Tidak ada aksi penyelamatan, bahaya bagi eksistensi elang jawa karena burung ini hanya bertelur satu buah setiap satu atau dua tahun. Kita belum punya pengalaman mengembangkan penangkaran. Karena itu cara alami lebih digalakkan seperti mengembangkan ekosistem, mengembalikan elang jawa yang dipelihara masyarakat," ujarnya. (A-84/A-88)***

Baca Juga

Kepala Eksekutif Apple Sumbangkan Seluruh Kekayaan

HORISON
REUTERS/PRLM

CALIFORNIA,(PRLM).- Kepala Eksekutif Apple Inc, Tim Cook, bergabung bersama kelompok orang-orang terkaya di dunia yang menyumbangkan kekayaannya.

Huawei Ungkap Chipset Kirin 930

HORISON

SHENZHEN, (PRLM).-Huawei membuat kemajuan yang signifikan dengan chipset besutannya dan setelah menciptakan Kirin 910 yang menjadi otak dari Ascend P7, iterasi berikutnya memiliki kinerja yang jauh lebih bagus, demikian dilaporkan laman GSMarena.

Ramuan Abad Pertengahan Dapat Membunuh Bakteri Resisten

HORISON
PA/PRLM

NOTTINGHAM, (PRLM).- Sebuah ramuan berusia ribu tahun yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, anggur dan empedu dari perut sapi dapat membunuh bakteri resisten, klaim para ilmuwan.

Helm Pilot dengan Pandangan Luas 360 Derajat

HORISON

WASHINGTON, (PRLM).- Para pilot pesawat jet tempur F-35 Lightning II kini memiliki senjata rahasia paling istimewa, helm seharga US$ 400.000 yang memungkinkan mereka melihat ke berbagai arah tanpa terhalang pesawat.