Berdalih Kaji Bangunan Tahan Gempa

Penelitian Beralih dari Sadahurip ke Gunung Padang

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Meski menuai protes dari sejumlah budaya di Cianjur dan Jawa Barat, penelitian Situs Gunung Padang akan tetap dilakukan oleh tim peneliti yang dibentuk oleh Kementerian Sekretaris Negara.

"Setelah kami mengadakan rapat minggu lalu yang terdiri dari beberapa kementerian mulai dari Kementerian Budaya dan Pariwisata, Kementerian Pendidikan, perwakilan dari Pemprov Jabar, dan dari Pemkab Cianjur maka disepakatai penelitian tetap dilanjutkan namun hanya difokuskan di Situs Gunung Padang," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kab. Cianjur, Imam Haris, Selasa (28/2/12).

Imam menuturkan dari hasil rapat tersebut tim peneliti tidak akan melakukan penelitian lebih lanjut ke Gunung Sadahurip, Kab. Garut. Namun, difokuskan di Situs Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kab. Cianjur.

Imam mengatakan selama ini izin yang diragukan dalam pengeboran Gunung Padang sebenarnya ada di tingkat provinsi. Bahkan, beberapa budayawan juga sudah dimintai persetujuan. "Bagi yang menolak mungkin belum mengerti alur dan tujuan penelitian," katanya.

Tujuan penelitian, kata Imam, bukan meneliti apakah ada piramida di Gunung Padang atau tidak. Namun, lebih dititikberatkan pada penelitian rancang bangunan dari Situs Gunung Padang yang tahan terhadap gempa. "Dari penelitian ini nantinya akan diadopsi pola bangunannya untuk beberapa wilayah yang rawan terjadi gempa," katanya.

Sementara itu, Budayawan Cianjur, Abah Ruskawan masih mempertanyakan tujuan penelitian yang dinilai terlalu mengada-ngada. "Jika memang mau meneliti untuk keperluan mengadopsi bangunan tahan gempa seharusnya tidak ke Gunung Padang. di desa tersebut juga sudah rawan longsor," tuturnya. (A-186/A-88)***

Baca Juga

Kab. Bogor Siap Rehabilitasi Pelaku Kriminal Anak-anak

JAWA BARAT

CIBINONG, (PRLM).- Di Kabupaten Bogor, jika ada pelaku tindakan kriminal berusia anak akan direhabilitasi di panti asuhan. Hal tersebut dikarenakan Kabupaten Bogor jadi pilot project Sistem Peradilan Pidana Anak.

BPLHD Kuningan Mengangkat Sampah Sungai Citamba

JAWA BARAT
BPLHD Kuningan Mengangkat Sampah Sungai Citamba

KUNINGAN, (PRLM).-Bagian alur Sungai Citamba di kawasan pusat perkotaan Kabupaten Kuningan, kembali mendapatkan gerakan operasi bersih sampah, Kamis (6/8/2015).

PNS Jabar Wajib Jadi Anggota Koperasi

JAWA BARAT

CIBINONG, (PRLM).- Program pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Provinsi Jawa Barat wajib menjadi anggota koperasi segera dideklarasikan 19 Agustus 2015 mendatang.

Dua Pemuda Lakukan Penganiayaan Karena Pacar Direbut

JAWA BARAT

MAJALENGKA,(PRLM).- Dua pemuda Juju Junaedi dan Fikri Komarudin warga Desa Kertasari Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka yang tengah nongkrong di jembatan layang tol Cikampek-Palimanan (Cipali) tepatnya di Dusun Antranaya, Desa Palasah, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka dianiaya dua