Penelitian Beralih dari Sadahurip ke Gunung Padang

CIANJUR, (PRLM).- Meski menuai protes dari sejumlah budaya di Cianjur dan Jawa Barat, penelitian Situs Gunung Padang akan tetap dilakukan oleh tim peneliti yang dibentuk oleh Kementerian Sekretaris Negara.

"Setelah kami mengadakan rapat minggu lalu yang terdiri dari beberapa kementerian mulai dari Kementerian Budaya dan Pariwisata, Kementerian Pendidikan, perwakilan dari Pemprov Jabar, dan dari Pemkab Cianjur maka disepakatai penelitian tetap dilanjutkan namun hanya difokuskan di Situs Gunung Padang," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kab. Cianjur, Imam Haris, Selasa (28/2/12).

Imam menuturkan dari hasil rapat tersebut tim peneliti tidak akan melakukan penelitian lebih lanjut ke Gunung Sadahurip, Kab. Garut. Namun, difokuskan di Situs Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kab. Cianjur.

Imam mengatakan selama ini izin yang diragukan dalam pengeboran Gunung Padang sebenarnya ada di tingkat provinsi. Bahkan, beberapa budayawan juga sudah dimintai persetujuan. "Bagi yang menolak mungkin belum mengerti alur dan tujuan penelitian," katanya.

Tujuan penelitian, kata Imam, bukan meneliti apakah ada piramida di Gunung Padang atau tidak. Namun, lebih dititikberatkan pada penelitian rancang bangunan dari Situs Gunung Padang yang tahan terhadap gempa. "Dari penelitian ini nantinya akan diadopsi pola bangunannya untuk beberapa wilayah yang rawan terjadi gempa," katanya.

Sementara itu, Budayawan Cianjur, Abah Ruskawan masih mempertanyakan tujuan penelitian yang dinilai terlalu mengada-ngada. "Jika memang mau meneliti untuk keperluan mengadopsi bangunan tahan gempa seharusnya tidak ke Gunung Padang. di desa tersebut juga sudah rawan longsor," tuturnya. (A-186/A-88)***

Baca Juga

Disnak Curigai Ayam Tiren Dijual Bebas

SUKABUMI, (PR).- Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi, Selasa 28 Juni 2016 tengah melakukan pengawasan secara ketat seiring adanya indikasi telah beredarnya daging ayam tiren (mati kemaren) di pasar-pasar tradisional.

kemarau, pangan, sawah, padi,

Masuk Musim Gadu, 420.000 Ha Sawah Masih Belum Ditanami

SUBANG, (PR).- Direktur Irigasi Pertanian Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian pada Kementerian Pertanian, Tunggul Iman Panudju memantau realisasi percepatan tanam musim gadu di Pantura, Kabupaten Subang, Selasa 28 Juni 2016.

Sadis, Ibu Bunuh Bayinya Sendiri

DE (29) hanya bisa menunduk saat sejumlah wartawan mewawancarainya di Mapolresta Depok, Rabu 29 Juni 2016.

Mudik Lewat Tasikmalaya, Waspadai Jalur Ini

SINGAPARNA,(PR).- Bagi pemudik yang berniat melintasi jalur selatan khususnya Kabupaten Tasikmalaya, sebaiknya mewaspadai titik longsor di jalur mudik berikut ini.