Berdalih Kaji Bangunan Tahan Gempa

Penelitian Beralih dari Sadahurip ke Gunung Padang

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Meski menuai protes dari sejumlah budaya di Cianjur dan Jawa Barat, penelitian Situs Gunung Padang akan tetap dilakukan oleh tim peneliti yang dibentuk oleh Kementerian Sekretaris Negara.

"Setelah kami mengadakan rapat minggu lalu yang terdiri dari beberapa kementerian mulai dari Kementerian Budaya dan Pariwisata, Kementerian Pendidikan, perwakilan dari Pemprov Jabar, dan dari Pemkab Cianjur maka disepakatai penelitian tetap dilanjutkan namun hanya difokuskan di Situs Gunung Padang," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kab. Cianjur, Imam Haris, Selasa (28/2/12).

Imam menuturkan dari hasil rapat tersebut tim peneliti tidak akan melakukan penelitian lebih lanjut ke Gunung Sadahurip, Kab. Garut. Namun, difokuskan di Situs Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kab. Cianjur.

Imam mengatakan selama ini izin yang diragukan dalam pengeboran Gunung Padang sebenarnya ada di tingkat provinsi. Bahkan, beberapa budayawan juga sudah dimintai persetujuan. "Bagi yang menolak mungkin belum mengerti alur dan tujuan penelitian," katanya.

Tujuan penelitian, kata Imam, bukan meneliti apakah ada piramida di Gunung Padang atau tidak. Namun, lebih dititikberatkan pada penelitian rancang bangunan dari Situs Gunung Padang yang tahan terhadap gempa. "Dari penelitian ini nantinya akan diadopsi pola bangunannya untuk beberapa wilayah yang rawan terjadi gempa," katanya.

Sementara itu, Budayawan Cianjur, Abah Ruskawan masih mempertanyakan tujuan penelitian yang dinilai terlalu mengada-ngada. "Jika memang mau meneliti untuk keperluan mengadopsi bangunan tahan gempa seharusnya tidak ke Gunung Padang. di desa tersebut juga sudah rawan longsor," tuturnya. (A-186/A-88)***

Baca Juga

Kades di Subang Minta Pendamping Dana Desa Segera Dikucurkan

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).-Sejumlah kepala desa di Kabupaten Subang berharap agar para pendamping dana desa yang sebelumnya dijanjikan pemerintah akan membantu mereka bisa segera dikucurkan tahun 2016.

Antisipasi Rentenir, Dinas Koperasi Lakukan Penyuluhan

JAWA BARAT
KEPALA Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kab. Cianjur, Ridwan Ulyasin tengah memberikan pengarahan kepada para Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) di aula Pusat Layanan Usaha Terpadu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-UMK

CIANJUR, (PRLM).- Untuk menekan terjadinya praktik rentenir berkedok koperasi, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kab. Cianjur mengerahkan sejumlah petugas penyuluh koperasi lapangan (PPKL) untuk memberikan pemahaman tentang berkoperasi yang benar.

Paguyuban Muslim Sunda Tolak Kehadiran Dedi Mulyadi

JAWA BARAT
MASSA dari Paguyuban Muslim Sunda (PMS) Depok menolak kehadiran Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang akan menjadi pembicara seminar di Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Rabu (13/1/2016).*

DEPOK, (PRLM).- Massa dari Paguyuban Muslim Sunda (PMS) Depok menolak kehadiran Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang akan menjadi pembicara seminar di Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Rabu (13/1/2016).

Kades di Garut Minta Perlindungan Hukum

JAWA BARAT

GARUT, (PRLM).- Merasa banyak intimidasi dari beberapa pihak seperti oknum wartawan, LSM dan aparat pasca turunnya Dana Desa, 270 Kepala Desa yang ada di Kabupaten Garut yang tergabung dalam Apdesi meminta perlindungan hukum dengan mengadu ke DPRD Kabupaten Garut.