Penelitian Beralih dari Sadahurip ke Gunung Padang

CIANJUR, (PRLM).- Meski menuai protes dari sejumlah budaya di Cianjur dan Jawa Barat, penelitian Situs Gunung Padang akan tetap dilakukan oleh tim peneliti yang dibentuk oleh Kementerian Sekretaris Negara.

"Setelah kami mengadakan rapat minggu lalu yang terdiri dari beberapa kementerian mulai dari Kementerian Budaya dan Pariwisata, Kementerian Pendidikan, perwakilan dari Pemprov Jabar, dan dari Pemkab Cianjur maka disepakatai penelitian tetap dilanjutkan namun hanya difokuskan di Situs Gunung Padang," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kab. Cianjur, Imam Haris, Selasa (28/2/12).

Imam menuturkan dari hasil rapat tersebut tim peneliti tidak akan melakukan penelitian lebih lanjut ke Gunung Sadahurip, Kab. Garut. Namun, difokuskan di Situs Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kab. Cianjur.

Imam mengatakan selama ini izin yang diragukan dalam pengeboran Gunung Padang sebenarnya ada di tingkat provinsi. Bahkan, beberapa budayawan juga sudah dimintai persetujuan. "Bagi yang menolak mungkin belum mengerti alur dan tujuan penelitian," katanya.

Tujuan penelitian, kata Imam, bukan meneliti apakah ada piramida di Gunung Padang atau tidak. Namun, lebih dititikberatkan pada penelitian rancang bangunan dari Situs Gunung Padang yang tahan terhadap gempa. "Dari penelitian ini nantinya akan diadopsi pola bangunannya untuk beberapa wilayah yang rawan terjadi gempa," katanya.

Sementara itu, Budayawan Cianjur, Abah Ruskawan masih mempertanyakan tujuan penelitian yang dinilai terlalu mengada-ngada. "Jika memang mau meneliti untuk keperluan mengadopsi bangunan tahan gempa seharusnya tidak ke Gunung Padang. di desa tersebut juga sudah rawan longsor," tuturnya. (A-186/A-88)***

Baca Juga

Lestarikan Mangrove, Selamatkan Pesisir

TAK lekang pengabdian sejumlah aktivis untuk terus mempertahankan dan menghidupkan mangrove di Wilayah III Cirebon. Beragam upaya ditempuh untuk bangkit, meski berulang kali mendapatkan tantangan.

MELALUI undang-undang mariyuana, dedaunan itu bisa dibakar dan diisap untuk kepentingan pengobatan.*

7,4 Gram Ganja Jerumuskan BS

DEPOK, (PR).- ‎BS (18), pemuda pengangguran asal Sukamaju, Kota Depok diciduk aparat Kepolisian Resor Kota Depok karena kedapatan mengedarkan ganja. Polisi menyita barang bukti dua bungkus paket ganja seberat 7,4 gram yang disembunyikan dalam bungkus rokok.

Dua Bulan Kabur, Bandar Narkoba Diringkus BNN

SUKABUMI, (PR).- IF alias CK bin Efendi (36) warga Kampung Majelis Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin, 1 Agustus 2016 diringkus tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) melibatkan personil Satuan Narkoba Kepolisian Resort (Polres) Sukabumi.

Daging Ayam Sepi Peminat

PALABUHANRATU, (PR).- Komoditas daging ayam sepi peminat meskipun harganya terus turun dalam sepekan terakhir. Di beberapa pasar tradisional Kabupaten Sukabumi, para pedagang membanderol seharga Rp 34.000 hingga Rp 35.000/kg atau turun sebesar Rp 3.000 hingga Rp 4.000/kg.